Identifikasi Kebutuhan Siswa dan Guru Terhadap Game Edukasi dalam Pembelajaran Ipa Sebagai Problem Solver

Nur Hastina, Kartika Chrysti Suryandari, Ani Kharisatun

Abstract

In this digital era, innovation in learning media is needed to increase student engagement and learning effectiveness, especially in Natural Sciences (IPA) subjects. The purpose of this study was to analyze the needs of students and teachers for the use of educational games to support problem solving skills in elementary schools. This study used a descriptive qualitative method with participants of students and teachers of grade V of elementary school. The data collection technique for this study was carried out through observation, interviews, and questionnaires (checklists) filled out by participants as research subjects. The results of this study indicate that most students still have difficulty in understanding science material. On the other hand, teachers also face challenges in the learning process in the form of how to deliver material in an interesting way so that it can stimulate students' critical thinking skills. Thus, the integration of educational games in science learning not only meets the needs of students and teachers, but also plays a role in developing problem solving skills.

Di era digital ini, inovasi media pembelajaran sangat dibutuhkan dalam memingkatkan keterlibatan siswa dan efektivitas pembelajaran, khsusunya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis mengenai kebutuhan siswa dan guru terhadap penggunaan game edukasi untuk mendukung kemampuan problem solving di sekolah dasar.  Penelitian ini menggunakan metode mix methode dengan 17 responden yang terdiri dari 16 siswa dan 1 guru kelas lV Sekolah Dasar di salah satu Kecamatan Kebumen. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, angket (checklist), dan tes yang diisi oleh pastisipan sebagai subjek penelitian. Data danalisis secara kualitatif dan kuantitatif, kemudian diintegrasikan untuk memahami kebutuhan game edukasi dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa sebagian besar masih mengalami kesulitan dalam memahami materi IPA. Disisi lain, guru juga menghadapi tantangan dalam proses pembelajaran berupa bagaiman penyampaian materi secara menarik sehingga dapat merangsang kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan demikian, integrasi game edukasi dalam pembelajaran IPA tidak hanya memenuhi kebutuhan siswa dan guru, namun berperan dalam mengembangkan keterampilan problem solving.

Keywords

media pembelajaran, game edukasi, problem solving

Full Text:

PDF

References

Amalia, N., Darma, Y., & Wahyudi, W. (2019). Pengembangan Pop Up Book SMP berbasis Ideal Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA dan Teknologi II (Vol. 1, No. 1, pp. 389-398).

Amar, G. I. (2021). The Use of Creative Problem Solving Based Genetic Mutation Module in Higher Education. International Journal of Higher Education, 10(3), 33-45.

Apriyani, R., Ramalis, T. R., & Suwarma, I. R. (2019). Analyzing Students' Problem Solving Abilities of Direct Current Electricity in STEM-Based Learning. Journal of Science Learning, 2(3), 85-91.

Chrysti Suryandari, K., Budi Rahardjo, S., Kun Prasetyo, Z., & Fatimah, S. (2022). PROJECT-BASED SCIENCE LEARNING AND PRE-SERVICE TEACHERS’ SCIENCE LITERACY SKILL AND CREATIVE THINKING.

Ekojono, E., Arief, S. N., & Putra, D. K. (2018). Rancang Bangun Game Monopoli Edukasi Dengan Latar Belakang Pengetahuan Adat Istiadat Di Indonesia. Jurnal Informatika Polinema, 4(2), 139-139.

Fitriana, F., & Bakhtiar, F. A. (2017). Karakteristik Siswa Kelas IV SD. Karakteristik siswa Kelas IV SD pada, 11.

Fahlevi, R., & Yuliani, A. (2021). Pengembangan game edukasi cermat berbasis android untuk meningkatkan keterampilan problem solving siswa sma pada materi barisan dan deret geometri. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1191-1204.

Fauziah, N., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Kemampuan matematis pemecahan masalah siswa dalam penyelesaian soal tipe numerasi AKM. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3241-3250.

Hamonangan, R., Dana, R. D., & Arumsari, R. (2024). Pengaruh Penggunaan Animasi Dalam Game Edukasi Terhadap Minat Belajar Murid Sekolah Dasar. 3(02), 342–346.

Hikmah, N., Ilhamdi, M. L., & Astria, F. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pintar Berbasis Permainan Edukasi Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1809-1822

Kartika Chrysti Suryandari, Rokhmaniyah, wahyudi. (2021). The Effect of Scientific Reading Based Project Model in Empowering Creative Thinking Skills of Preservice Teacher in Elementary School. European Journal of Educational Research, 10(3), 1199–1213. https://www.researchgate.net/profile/EbruEren/publication/348382981_Education_Policies_in_the_Context_of_Political_Communication_in_Turkey/links/5ffc2aeba6fdccdcb846cc03/Education-Policies-in-the-Context-of-Political-Communication-in-Turkey.pdf

Mufidah, A., Puspitasari, N., Khusna, K., & Suroso, I. (2024). Pendampingan pembelajaran metode penelitian gabungan (mixed method) di IAIS Lumajang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 3(1), 53-69.

Nusywari, W., Prayitno, S., Junaidi, J., & Hikmah, N. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 4(1), 23-33.

Nst, H. M. S., Syahputra, E., & Mulyono, M. (2023). Pengaruh kemampuan berpikir kritis, literasi, spasial dan komunikasi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa smp kelas viii di medan.

Rohmah, I. (2023). Desain Game Edukasi Berbasis Problem Solving pada Topik Gerak Melingkar. In PROSIDING SEMINAR PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (Vol. 1, No. 1, pp. 77-86).

Sabrina, N. A., Maharaja, L. R., Naingglan, M. M., & Gaol, M. L. (2023). Pengaruh pengembangan media ajar visual terhadap siswa sekolah dasar dalam memahami konsep matematika secara visual. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 11-11.

Safitri, A., & Kabiba, K. (2020). Penggunaan media gambar dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV di SD Negeri 3 Ranomeeto. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(1).

Suryandari, K. C., Sajidan, Rahardjo, S. B., & Prasetyo, Z. K. (2017). The beliefs towards science teaching orientation of pre-service teachers in primary teacher education programme. Pertanika Journal of Social Sciences and Humanities, 25(September), 169–186.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.