Rendahnya Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar: Analisis Masalah dan Solusi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Suhartono Suhartono, Ning Dainty Restiani, Kristina Aspri Hartini, Novita Riana Sari

Abstract

Speaking skills are basic competencies that must be mastered by elementary school students, but various studies show that learners' speaking skills are still relatively low. This study aims to identify the factors that cause low speaking skills in elementary school students and formulate effective solutions in learning Indonesian. This research method uses a qualitative descriptive approach through a literature review with thematic analysis of eight selected articles from 2019–2024 obtained from various reputable databases. The results of the study show that low speaking skills are influenced by a lack of self-confidence, monotonous learning methods, minimal use of learning media, lack of support from the social and family environment, and limited opportunities to practice speaking. Effective solutions include building self-confidence and a safe learning environment, using active and varied learning methods, utilizing interesting media, providing regular speaking exercises, and building cooperation between schools and parents. These strategies have been proven to significantly increase students' participation, courage, and verbal abilities.

Keterampilan berbicara merupakan kompetensi fundamental yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, tetapi berbagai penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor penyebab rendahnya keterampilan berbicara siswa sekolah dasar dan merumuskan solusi efektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui studi kepustakaan dengan analisis tematik terhadap delapan artikel terpilih tahun 2019–2024 yang diperoleh dari berbagai database bereputasi Hasil kajian menunjukkan bahwa rendahnya keterampilan berbicara dipengaruhi oleh kurangnya kepercayaan diri, metode pembelajaran yang monoton, minimnya penggunaan media pembelajaran, kurangnya dukungan lingkungan sosial dan keluarga, serta terbatasnya kesempatan berlatih berbicara. Solusi efektif meliputi membangun kepercayaan diri dan lingkungan belajar yang aman, menggunakan metode pembelajaran aktif dan variatif, memanfaatkan media yang menarik, memberikan latihan berbicara secara rutin, serta membangun kerja sama sekolah dan orang tua. Strategi-strategi tersebut terbukti mampu meningkatkan partisipasi, keberanian, dan kemampuan verbal siswa secara signifikan.

Keywords

keterampilan berbicara, sekolah dasar, pembelajaran Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References

Ahmad, C. V. (2021). Causes of Students’ Reluctance to Participate in Classroom Discussions. ASEAN Journal of Science and Engineering Education, 1(1), 47–62. https://doi.org/10.17509/ajsee.v1i1.32407

Anjelina, N., & Tarmini, W. (2022). Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7327–7333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3495

Dahlia, D., Intiana, S. R. H., & Husniati, H. (2023). Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V SD Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Educatio FKIP …, 9(4), 2164–2170. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6250

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6. https://digilib.uinsgd.ac.id/32855/1/Metode Penelitian Kualitatif.pdf

Delvia, R., Taufima, Rahmi, U., & Zuleni, E. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Bercerita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1022–1030. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.230

Delvia, R., Taufina, T., Rahmi, U., & Zuleni, E. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Bercerita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1022–1030. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.230

Destyani, E. R., & Sanoto, H. (2024). Upaya Peningkatan Penguasaan Kosakata dan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Boneka Tangan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal of Education Action Research, 8(2), 254–261. https://doi.org/10.23887/jear.v8i2.78636

Fauzin, A. (2021). Analysis of Students’ Asking Ability in Thematic Learning Theme 1 Sub-Theme 4 Class III SD Islam Al Azhar 29 Semarang. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 4(6), 797–802. https://doi.org/10.20961/shes.v4i6.68578

Handrayani, G. S. E. (2022). Penerapan Metode Story Telling Pada Pembelajaran Berbicara di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 01–10.

Hayani, H. (2024). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 221–230. https://doi.org/10.24256/pijies.v2i2.965

Kuntarto, E., & Aritonang, H. A. P. (2023). Analisis Faktor Penghambat Kemampuan Berbicara Siswa Kelas Rendah Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3865–3877. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10215

Kuraesin, I., Rahman, Sujana, A., Sopandi, W., & Suhendra, I. (2020). Students’ Speaking Skill Based on Video in Elementary School. The 2ndInternational Conference on Elementary Education, 2(1), 1771–1778. https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2030864&val=21284&title=Students Speaking Skill Based on Video in Elementary School

Mulyana, A., Vidiati, C., Danarahmanto, P. A., Agussalim, A., Apriani, W., Fiansi, F., Fitra, F., Aryawati, N. P. A., Ridha, N. A. N., & Milasari, L. A. (2024). Metode Penelitian Kualitatif. Penerbit Widina.

Rahmah, C., & Davitalia, D. (2024). Improving Students’ Speaking Skills in Indonesian Language Content Using the Purun Model in Grade V of Elementary School. Journal Educational Research and Development, 01(1), 33–40. https://jurnal.globalscients.com/index.php/jerd/article/view/21

Rayhan, N., Ananda, R., Rizal, M. S., & Sutiyan, O. S. J. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 42–56. https://doi.org/10.36379/autentik.v7i1.274

Sagita, R., & Hamzah, R. A. (2024). Tantangan Pengajaran Bahasa Indonesia di SD. Jurnal Belaindika: Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan, 6(1), 29–35. https://doi.org/10.52005/belaindika.v6i1.152

Sofi, A. N. S., & Praheto, B. E. (2023). Penggunaan Media Boneka Tangan Untuk Pembelajaran Berbicara Pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Bulletin of Educational Management and Innovation, 1(2), 109–121. https://doi.org/10.56587/bemi.v1i2.79

Sopia, & Ain, S. Q. (2024). Faktor-Faktor Determinan dalam Pengembangan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Pendahuluan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 4067–4076. https://doi.org/10.58230/27454312.1221

Suarsih, C. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Menerapkan Metode Show and Tell Pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas II di SD Negeri Sumurbarang Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang Tahun Pelajaran 2. Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, 1(1), 5.

Syach, A., Sugandi, D., & Putra, F. D. H. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Dengan Metode Student Facilitator and Explaining Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 1(2), 155–168. https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.191

Syahrani, A., Adrias, A., & Syam, S. S. (2025). Keterampilan Berbicara Siswa Sebagai Faktor Penunjang Sikap Percaya Diri Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 3(2), 280–290. https://doi.org/10.61132/nakula.v3i2.1698

Utami, D. A. R., Saputra, H. H., & Hakim, M. (2025). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Keterampilan Berbicara Siswa di SDN Barelantan Lombok Tengah Tahun 2025. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 111–122. https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25674

Wabdaron, D. Y., & Reba, Y. A. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Sekolah Dasar Manokwari Papua Barat. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 27–36. https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1743

Wahyuningasti, E., Rokhmaniyah, & Saptuti, Tri, S. (2023). Pengaruh rasa percaya diri terhadap keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa indonesia siswa kelas V. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 65–73. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/93463/

Refbacks

  • There are currently no refbacks.