Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Self-Regulated Learning untuk Mereduksi Perilaku Prokastinasi Akademik Siswa yang Mengikuti Organisasi
Abstract
The activity of postponing assignments in psychology is known as academic procrastination. Factors causing academic procrastination found in students of SMK Ma'arif NU 1 Rawalo include assignments that are considered less interesting, playing with cellphones, playing, video calls with girlfriends, being busy with organizational activities, and low self-regulation in learning. This study aims to test the Self-regulated learning technique to reduce the level of academic procrastination of students who join organizations at SMK Ma'arif NU 1 Rawalo. The method used is a quasi-experimental design with a nonequivalent (pre-test and post-test) control group design. Sampling was carried out using a purposive sampling technique. Data collection techniques used observation, interviews and academic procrastination questionnaires. The sample in this study amounted to 10 students who actively participate in the PK IPNU IPPNU and Pramuka organizations with a division of 5 students as a control group and 5 students as an experimental group. The data analysis technique used a Paired Sample T-Test, with statistical results showing a significance figure (2-tailed) of 0.001 < 0.005, which means H0 is rejected and Ha is accepted. Thus, it can be concluded that self-regulated learning techniques are effective in reducing the level of academic procrastination in students.
Kegiatan menunda-nunda mengerjakan tugas dalam dunia psikologi dikenal dengan istilah prokastinasi akademik. Faktor-faktor penyebab prokrastinasi akademik yang ditemukan pada siswa SMK Ma’arif NU 1 Rawalo diantaranya adalah tugas yang dianggap kurang menarik, bermain handphone, bermian, video call dengan pacar, sibuk kegiatan organisasi, dan rendahnya regulasi diri dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji teknik Self-regulated learning untuk mereduksi tingkat prokrastinasi akademik siswa yang mengikuti organisasi di SMK Ma’arif NU 1 Rawalo. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan nonequivalent (pre-test dan post-test) control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan angket prokastinasi akademik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa yang aktif mengikuti organisasi PK IPNU IPPNU dan Pramuka dengan pembagian 5 siswa sebagai kelompok kontrol dan 5 siswa sebagai kelompok eksperimen. Teknik analisis data menggunakan Paired Sample T-Test, dimana hasil statistik menunjukkan angka signifikansi (2-tailed) yaitu 0,001<0,005 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan jika teknik Self-regulated learning efektif untuk mereduksi tingkat prokastinasi akademik siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Barida, M. W. (2023). Book_Barida_Buku Ajar Konseling Kelompok.
Cindy, M. W. (2023). Motivasi Belajar Dan Berorganisasi, Prokrastinasi, Dengan Variabel, SDM. Pembelajaran Dan Ilmu Sosial.
Diah, A. P. (2019). MODUL KONSELING KELOMPOK Panduan Singkat Penerapan Psikodrama dalam Konseling Kelompok. FIP UNDIKSHA.
Fadul, F. M. (2019). Hubungan Efikasi Diri dan Kontrol Diri Terhadap Prokastinasi Akademik pada Mahasiswa di Masa Karantina Covid-19. SKRIPSI.
Fauziah, H. H. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prokastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi, 123-132.
Fitriyah, L. &. (2021). The Effect of Self Regulated Learning and Self Efficacy on Students’ Learning Outcomes in Archive Subject at SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 1321–1338.
Hamonangan, R. H. (2019). Pengaruh Self Regulated Learning dan Self Kontrol Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 5-10.
Haryanti, A. (2020). Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Aktif Berorganisasi. Jurnal Penelitian Psikologi, 41-47.
Imanuela, R. D. (2023). Pengembangan Instrumen Pengukuran Prokastinasi Akademik Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Indonesia, 137-147.
Jannah, M. (2014). Prokastinasi Akademik (Perilaku Penundaan Akademik) Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal BK UNESA, 1-8.
Kirana, A. S. (2016). Intervensi Pelatihan Self-regulated learning dalam Mereduksi Prokastinasi Akademik SIswa (Studi pada Siswa SMPN “X” di Jakarta Barat). Jurnal Psikologi Pendidikan, 21–38.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.
Maulina, N. (2024, 03 06). Hasil Wawancara Dengan Siswa Yang Mengikuti Organisasi Pramuka dan PK IPNU IPPNU SMK Ma’arif NU 1 Rawalo . (A. S. Noni, Interviewer)
Mufidah, U. N. (2019). Efektivitas Teknik Self-regulated learning Untuk Mereduksi Prokastinasi Akademik Peserta Didik Kelas XI MA Miftahul Ulum Kota Baru Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020. SKRIPSI.
Mujirohmawati, N. &. (2022). Hubungan Antara Regulasi Diri Dalam Belajar Dengan Prokastinasi Akademik Pada Siswa. Jurnal Penelitian Psikologi, 116-124.
Nisa, A. Z. (2022). Strategi Self-regulated learning Untuk Menurunkan Tingkat Prokastinasi Akademik Siswa Pada Tugas Program Linier. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 47-57.
Nurwalidah, N. (2020). Hubungan Self Regulated Learning dan Motivasi Berprestasi dengan Prokastinasi Akademik Siswa Teknik Kelistrikan Sekolah SMK 1 Percut Sei Tuan. 1–12.
Pamungkas, H. P. (2020). Self Regulated Learning Bagi Mahasiswa : Pentingkah? Jurnal Pendidikan Ekonomi, 65-75.
Rachmah, D. N. (2015). MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI MEDIATOR HUBUNGAN KECERDASAN ADVERSITAS DAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG AKTIF BERORGANISASI. Retrieved from http://bps.go.id
Ramdhani, E. S. (2020). Analisis Prokastinasi Akademik Siswa di Sekolah. CONSILIUM, 45-51.
Rengganis, Y. N., & Muis, T. (2021). Prokastinasi Akademik (Penundaan Akademik) Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya.
Saraswati, P. (2017). Strategi Self Regulated Learning dan Prokastinasi Akademik Terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Psikologi Ilmia, 210-223.
Sindhi Margareta, R. &. (2019). Economic Education Analysis. Retrieved from Journal Info Artikel: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj.
Siregar, S. (2013). etode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Kencana Pradana Media Group
Situmorang, E. H. (2019). The Effect of E-Learning, Student Facilitator and Explaining Model Learning and Self-regulated learning on 11th Grade Student Learning Outcomes of Economic Subject in Senior High School 1 Perbaungan School Year 2019-2020. udapest International Research and Critics in Linguistics and Education.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan ke 27). ALFABETA CV.
Ulum, M. I. (2016). Strategi Self-Regulated Learning untuk Menurunkan TIngkat Prokastinasi Akademik Siswa. PSYMPATHIC Jurnal Ilmiah Psikologi, 153–170.
Ursia, N. R. (2019). Academic Procastination and Self-Kontrol in Thesis Writing Students of Faculty of Psychology. Human Behavior Studies in Asia.
Usop, D. S. (2022). Pengaruh Self-Regulated Learning, Intensitas Penggunaan Media Sosial, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prokastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 1782–1790.
Wardani, R. (2021). Penerapan Teknik Self-regulated learning Untuk Mengurangi Prokastinasi Akademik Siswa Di MAN Wajo. SKRIPSI.
Winiari, L. P. (2019). Pengaruh Model Self Regulated Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Fisika Kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Tembuku. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha.
Zakiah, U. (2021). engaruh Prokastinasi Akademik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Di MTs Bustanul Faizin Besuki Situbondo Tahun Pelajaran 2021/2022. SKRIPSI.
Refbacks
- There are currently no refbacks.