Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Materi How Tall Are You? Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas V di MI Ma’arif 02 Mulyasari

Ngafiyatul Akmalia, Johar Alimuddin

Abstract

The limitations of technology-based interactive learning media, the low motivation of students to learn English, and the non-optimal utilization of computer laboratories at school are the background of the need for media development that supports learning. This study aims to determine the development process, feasibility, practicality, and effectiveness of interactive learning media based on Articulate Storyline 3 on the material “How Tall Are You?” in increasing the learning motivation of fifth grade students of MI Ma'arif 02 Mulyasari. This research uses a Research and Development (R&D) approach with the ADDIE development model which consists of five stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The development design is procedural and descriptive, referring to the opinions of Reiser and Mollenda. The subjects of this study were 42 fifth grade students. Data collection techniques included expert validation questionnaires, learning motivation questionnaires (pretest and posttest), and teacher and student practicality questionnaires. The instruments were prepared based on the ARCS Model theory by Keller (2010) and validated by two experts (media and material). The data were analyzed descriptively quantitatively, while the effectiveness was analyzed using the Paired Sample t-Test test through SPSS. The results showed that the media was in the very feasible category, with an average score of 4.6 from the material expert and 4.5 from the media expert. The practicality aspect obtained a score of 4.9 from teachers and 4.5 from students, both of which were in the very good category.

Keterbatasan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi, rendahnya motivasi belajar Bahasa Inggris siswa, serta belum optimalnya pemanfaatan laboratorium komputer di sekolah menjadi latar belakang perlunya pengembangan media yang mendukung pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada materi “How Tall Are You?” dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V MI Ma’arif 02 Mulyasari. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Desain pengembangan bersifat prosedural dan deskriptif, mengacu pada pendapat Reiser dan Mollenda. Subjek penelitian ini adalah 42 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data meliputi angket validasi ahli, angket motivasi belajar (pretest dan posttest), serta angket kepraktisan guru dan siswa. Instrumen disusun berdasarkan teori ARCS Model oleh Keller (2010) dan divalidasi oleh dua ahli (media dan materi). Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif, sedangkan efektivitas dianalisis menggunakan uji Paired Sample t-Test melalui SPSS. Hasil penelitian menunjukkan media berada dalam kategori sangat layak, dengan skor rata-rata 4,6 dari ahli materi dan 4,5 dari ahli media. Aspek kepraktisan memperoleh skor 4,9 dari guru dan 4,5 dari siswa, keduanya berada pada kategori sangat praktis. Efektivitas media ditunjukkan dari hasil uji yang signifikan (p = 0,000 < 0,05), yang mengindikasikan adanya peningkatan motivasi belajar siswa setelah penggunaan media. Dengan demikian, media pembelajaran ini dapat menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran Bahasa Inggris dan mampu meningkatkan motivasi serta keterlibatan aktif siswa secara signifikan.

Keywords

Media, Inovasi, Articulate Storyline 3, Motivasi Belajar, Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References

Af’idati, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline pada Muatan IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi IPS, 10(3), 101–110.

Apriliansyah, A. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Articulate Storyline 3 untuk Pembelajaran IPA Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 16(1), 45–53.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2020). Self-Determination Theory: Basic Psychological Needs in Motivation, Development, and Wellness. Guilford Press.

Jainiyah, R., et al. (2023). Analisis Motivasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1), 90–98.

Keller, J. M. (2010). Motivational Design for Learning and Performance: The ARCS Model Approach. Springer.

Kemendikbudristek. (2024). Permendikbudristek No. 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum Satuan Pendidikan.

Mayer, R. E. (2020). Multimedia Learning (3rd ed.). Cambridge University Press.

Mulyosari, E. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EduTech Journal, 12(2), 60–70.

Nasution, D. (2022). Desain Media Interaktif untuk Anak Usia Dasar: Aspek Visual dan Kognitif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(1), 88–95.

Rahmawati, D., & Sari, L. (2021). Kepraktisan Media Digital dalam Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(3), 55–63.

Safira, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Articulate Storyline pada Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Dasar, 9(2), 33–41.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Susanti, M., & Latifah, R. (2019). Pengaruh Media Interaktif terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(2), 110–118.

Uno, H. B. (2021). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wulandari, F., & Kurniawan, H. (2020). Efektivitas Media Digital dalam Pembelajaran Siswa SD. EduTech, 8(4), 54–60.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.