Pengaruh Media Pembelajaran Leaflet Berbantu Aplikasi Canva terhadap Pemahaman Konsep IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Neni Nadiroti Muslihah, Muhammad Nurjamaludin, Lutfi Asyari, M. Ramdan, Aulia Nurunnisa

Abstract

Concept understanding is a person's ability to understand the meaning or meaning of information, concepts, or principles in order to interpret, connect and apply and apply this knowledge. But in fact, many students find it difficult to understand the concept. This encouraged researchers to apply leaflet learning media assisted by Canva application with the aim of knowing its effect on students' concept understanding. This study used a quantitative approach with a quasi-experimental method where the subjects were fourth grade elementary school students. The instrument used was a concept understanding test, with data calculation techniques using Microsoft Excel. The results of this study indicate that students' concept understanding in the experimental class is better than the control class. Based on the results of the independent sample t-test test with a significance level of 𝛼 = 0.05, the tcount value = 19.52, and the ttable value = 2.025. So, it can be concluded that there is an effect of leaflet learning media assisted by Canva application on understanding the concept of social studies class IV at SDN 3 Sindangratu.

Pemahaman konsep merupakan kemampuan seseorang dalam memahami arti atau makna dari suatu informasi, konsep, atau prinsip agar dapat menginterpretasikan, menghubungkan dan menerapkan serta mengaplikasikan pengetahuan tersebut. Namun pada nyatanya, banyak siswa yang sulit dalam memahami konsep tersebut. Hal ini mendorong peneliti untuk merapkan media pembelajaran leaflet berbantuan aplikasi canva dengan tujuan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap pemahaman konsep siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dimana subjeknya adalah siswa kelas IV sekolah dasar. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep, dengan teknik penghitungan data bantuan Microsoft Excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji independent sampel t-test dengan taraf signifikansi 𝛼 = 0,05 diperoleh nilai thitung = 19,52, dan nilai ttabel = 2,025. Maka, dapat disimpulkan terdapat pengaruh media pembelajaran leaflet berbantu aplikasi canva terhadap pemahaman konsep IPS kelas IV di SDN 3 Sindangratu.

Keywords

Media Pembelajaran Leaflet, Aplikasi Canva, Pemahaman Konsep IPS, Siswa

Full Text:

PDF

References

Achjar, K. A. H., Marni, N. K., Lestari, A. S., & Ribek, I. N. (2023). Health Education with Leaflet Media on the Level of Knowledge of Mother's about Toddler Rearing Partners in Stunting Prevention. Journal of Education Research and Evaluation, 7(2), 197-203.

AFRIYANTI, D. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEAFLET TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP RANGKA TUBUH MANUSIA MATA PELAJARAN IPA PADA PESERTA DIDIK (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

AMANDA, A. T. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LEAFLET BERBASIS MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTAPINANG TA 2022 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2017). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Assemen: Revisi Taksnomoni Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Andikasari, Lola Milda, dkk. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Ips Pada Siswa Kelas IV Di Sd Negeri 01 Tanjung Tebat, 6.2, 111–121.

ARONI, S. I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Leaflet Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Pada Peserta Didik Kelas V di Mi Masyariqul Anwar Dupa (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Astuti, S. P. (2021). Pengembangan Media Canva Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Listrik Statis. Navigation Physics: Journal of Physics Education, 3 (1), 8-15.

Creswell, John W & J. David Creswell. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Fifth Edition. SAGE Publications, Inc.

Dewi, C. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thinkpair-Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Masalah Sosial Ips Pada Siswa Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 5(02).

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Proses Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2(1), 17-26.

Izzati, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Leaflet pada Pembelajaran Tematik Kelas V Siswa SDN 013887 Desa Asahan Matu Kecamatan Tanjung Balai Asahan Kabupaten Asahan. Research Repository, 27- 30

Johan, E. P. E., Rustam, R., & Sinaga, A. (2022). Pengaruh media pembelajaran aplikasi canva terhadap hasil menulis iklan poster di smp nasional sariputra jambi. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(2), 137-149.

Kasman, Noorhidayah, & Persada, K. B. (2017). Studi Eksperimen Penggunaan Media Leaflet dan Video Bahaya Merokok Pada Remaja. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, 4(2), 57–69.

Khairunisa, E. G. (2024). KEEFEKTIFAN MEDIA LEAFLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDIT AL-MUTHI’IN BANTUL (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA).

Nasution, R. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Leaflet Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Subtema 1 Kelas V SDN 106158 Pematang Johar TA 2021/2022 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan).

Permana, P., Aryaningrum, K., & Dedy, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman IPS Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 1 Ujung Tanjung. Universitas PGRI Palembang, 18(3)-357-365.

Pratiwi, Y., & Ritonga, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Leaflet untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 276-281.

Puspitasari, Dwi. (2019). Efektivitas Penerapan Model Cooperative Integrated Reading And Composittion (CIRC) terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Universitas Majalengka

Rangko, M. A. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Canva untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Tema 2 Subtema 1 Kelas V SDN 14 Mataram. Jurnal Ekonomi Undiksha, 420-421.

Safitri, D., Oktovia, D., Sari, P. A., Amalia, R., & Salsabila, S. (2024). Prinsip dan Tujuan Pembelajaran IPS Membangun Warga Negara Berpengetahuan Luas dan Berpikir Kritis. Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 2(1), 53-59.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sundari, K., Astuti, P. D. A., Marini, A., & Wardhani, P. A. (2024). Using Leaflet-Based Interactive Learning Media to Increase Interest in Learning Social Sciences. Journal of Education Research and Evaluation, 8(2), 223-230.

Ulyana. (2023). Desain Media Pembelajaran Berbentuk Leaflet pada Materi Getaran dan Gelombang. Samarah: Jurnal Hukum Keluarga dan Hukum Islam, 180-182.

Wahyuni, W., & dkk. (2022). Kajian Pemanfaatan Media Pembelajaran Leaflet Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 40.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.