Pengaruh Examples Non Examples terhadap Kemampaun Menulis Teks Eksplanasi Siswa di Kelas XI MDRASAH ALIYAH
Abstract
Writing skills, particularly in the form of explanatory texts, are a crucial aspect in developing students' critical thinking skills at the Islamic senior high school (madrasah aliyah) level. However, many students experience difficulty organizing text structure, using scientific vocabulary, and explaining cause-and-effect relationships logically. This study aims to analyze the effect of the Examples Non-Examples (ENE) learning model on the explanatory text writing skills of 11th-grade students at MA Nurus Sholah, Akkor Village, Palengaan, Pamekasan. The research method used was quantitative with a correlational approach, involving 60 students as a sample determined through purposive sampling. The research instruments, a Likert-scale questionnaire and a written test, were analyzed using the Pearson Product Moment correlation test. The results showed that the implementation of the ENE model significantly improved text structure, idea development, and the coherence and logical relationships between paragraphs in students' explanatory texts. The visualization of images in this model was proven to help students understand text structure and organize ideas systematically. Furthermore, this model increased students' active participation and enthusiasm in the writing learning process. The findings also indicated that image-based group discussions were able to build student confidence and collaboration.
Keterampilan menulis, khususnya dalam bentuk teks eksplanasi, merupakan aspek penting dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa di tingkat madrasah aliyah. Namun, banyak siswa mengalami kesulitan dalam mengorganisasi struktur teks, menggunakan kosakata ilmiah, dan menjabarkan hubungan sebab-akibat secara logis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Examples Non Examples (ENE) terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MA Nurus Sholah, Desa Akkor, Palengaan, Pamekasan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional, melibatkan 60 siswa sebagai sampel yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket skala Likert dan tes tertulis, dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model ENE berpengaruh signifikan terhadap peningkatan struktur teks, pengembangan gagasan, serta koherensi dan logika hubungan antar paragraf dalam teks eksplanasi siswa. Visualisasi gambar dalam model ini terbukti membantu siswa dalam memahami struktur teks dan menyusun ide secara sistematis. Selain itu, model ini meningkatkan partisipasi aktif dan antusiasme siswa dalam proses pembelajaran menulis. Temuan juga menunjukkan bahwa diskusi kelompok berbasis gambar mampu membangun kepercayaan diri dan kolaborasi siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alatas, M. A., Ahmadi, A., & Yohanes, B. (2025). Critical Reasoning of Students in Learning : Paragraph Analysis of Response Texts Using the Toulmin Model. Ghuru: International Journal of Teacher Education, 1(2), 80–91.
Alatas, M. A., Purnomo, A., Putikadyanto, A., & Nur, A. (2025). Transformasi Edu Literasi melalui Novel Anak : Integrasi SDGs dan Pembentukan Pola Pikir Sistemik dalam Pendidikan Guru. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 813. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19118
Alatas, M. A., Romadhon, S., & Rachmayanti, I. (2024). Penggunaan Chat GPT dalam Pembelajaran Bahasa: Perspektif Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Madura. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Shes, 7(3), 1–23.
Amri, Amri, dkk. Metodologi Penelitian Ekonomi dan penerapannya. Bogor: IPB Press, 2009.
Firnanda, A., Alatas, M. A., & Putikadyanto, A. P. A. (2025). EcoEduLitera SDGs: Pendidikan Lingkungan dalam Karya Sastra Cerita Rakyat Madura Ki Ageng Tarub. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 87. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19137
Hamdani, S., & Alatas, M. A. (2025). Istawarta : Inovasi Media Pembelajaran Keterampilan Membaca Abad 21 dalam Mendukung SDGs. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 921. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19196
Hariyanto, St. Maryam M, dan Zaid Zainal. Penerapan Model Pembelajaran Example Non-Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Barru, Pinisi Journal Of Education Vol. 1 No. 1, 2021.
Hasriani. Belajar menulis teks narasi dengan Teknik clustering. Bandung: Tim Kreatif Penerbit Indonesia Emas Group, 2021.
Helaluddin, dan Awalludin. Keterampilan Menulis Akademik Panduan bagi Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Serang: Media Madani, 2020.
Inggriyani, Feby. Literasi Bahasa Dalam Menulis Narasi. Bandung: Lemlit Unpas Press, 2021.
Kurniawati, Nia. dan Novi Trisnawati. Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Tata Ruang Kantor (Studi pada Siswa Kelas X OTKP SMK Pawiyatan Surabaya), Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume 9, Nomor 2, 2021.
Murniasih, dan Santi Pratiwi Tri Utami. Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Eksplanasi Dengan Metode Peta Konsep Berbantuan Media Video Peristiwa Alam Bagi Peserta Didik Kelas Vii C Smp Negeri 1 Tawangharjo Kabupaten Grobogan, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 5(2) 2016.
Nasrillah, Elsan, E. Kosasih, dan Khaerudin Kurniawan, Teks Eksplanasi Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di Kelas Xi Sman 5 Bandung (Kajian Deskiptif Kualitatif Terhadap Fungsi, Struktur Dan Kaidah Kebahasaan Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Genre) Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Majalengka Vol. 3, No. 1, Februari 2019.
Nurgiyantoro, Burhan. Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2009.
Nurhasanah, Sit. Stretegi Pembelajaran. Jakarta: Edu Pustaka, 2021.
Nurjanah, Rini Siti. Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Metode Mind Mapping, Parole, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 3 Nomor 4, 2020.
Pratiwi. Pengaruh Model Pembelajaran ExamplesNon Examples Berbantuan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar , Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, Vol 2 No 2, 2021.
Rachmayanti, I., & Alatas, M. A. (2023). Pemanfaatan AI sebagai Media Pembelajaran Digital dalam Foreign Language Development Program (FLDP) IAIN Madura. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, (November), 214–226. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11752
Rachmayanti, I., & Alatas, M. A. (2025). Transformasi Media Lensatara : Google Lens dalam Pembelajaran Bagi Mahasiswa. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19114
Rohmatun, S., Arifin, M. A., & Susanti, A. I. (2025). Edugamifikasi: Transformasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Keterampilan Berbahasa. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, (1), 349. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19124
Romadhon, S., Alatas, M. A., & Diningrum, S. D. (2025). Pelatihan pembuatan media pembelajaran sastra Madura dengan Artificial Intelligence ( AI ) pada guru Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Pamekasan. PERDIKAN (Journal of Community Engagement), 7(1), 27–39. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/pjce.v7i1.18401
Sahir, Syafrida hafni. metodologi penelitian. Jogjakarta, KBM Indonesia, 2021.
Saragih, Mery Chris. Penerapan Model Example Non Example pada Pembelajaran Menulis Paragraf Deskripsi Siswa, Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, Volume 2, Nomor 1, 2022.
Sari, Else Puspita. Kesulitan Menulis Teks Eksplanasi Siswa, Jurnal Ilmiah Korpus, Vol. 4(3), 2020.
Sukma, Hanum Hanifa. Keterampilan Membaca Dan Menulis (Teori dan Praktik). Yogyakarta: Penerbit K-Media, 2023.
Sutikno, M. Sobry. Metode & Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica, 2021.
Refbacks
- There are currently no refbacks.