Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur tentang Konsep, Tantangan, dan Implikasinya bagi Pembelajaran Masa Kini

Muhammad Habib Ramadhani, Anugrah Agung, Rizqa Dwi Shofiya Maghfira Izzania, Ratna Sari, Irfan Supriatna

Abstract

Numeracy is a crucial 21st-century competency that needs to be developed starting from elementary school. This study aims to conceptually examine the numeracy skills of elementary school students, the challenges in their development, and their implications for current learning. This article employs a descriptive-analytical literature study method. The references were selected from databases such as Google Scholar and Garuda with the following inclusion criteria: full-text access, peer-reviewed, relevant to elementary school numeracy, and published between 2016 and 2025. The review shows that elementary students still face various challenges, including difficulties in understanding basic concepts and applying mathematical knowledge in non-routine contexts. Low numeracy is often linked to weak mathematical problem-solving abilities, particularly in understanding problems, designing strategies, and interpreting solutions logically. Therefore, mathematics education should promote conceptual understanding, reflective reasoning, and the application of strategies in real-world contexts. This will allow numeracy to develop as a vital foundation for students' learning processes in elementary school and prepare them for future educational challenges.

Kemampuan numerasi merupakan salah satu kompetensi penting abad ke-21 yang perlu dikembangkan sejak jenjang sekolah dasar. Kajian ini bertujuan untuk mengkaji secara konseptual kemampuan numerasi siswa sekolah dasar, tantangan dalam pengembangannya, serta implikasinya terhadap pembelajaran masa kini. Kajian ini menggunakan metode studi literatur deskriptif-analitis. Referensi dikumpulkan dari database seperti Google Scholar dan Garuda dengan kriteria inklusi: tersedia full-text, telah melalui peer-review, relevan dengan topik numerasi di sekolah dasar, serta diterbitkan dalam rentang tahun 2016 hingga 2025. Hasil kajian menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa SD masih menghadapi berbagai tantangan, termasuk kesulitan memahami konsep dasar dan menerapkan pengetahuan matematika dalam konteks non-rutin. Rendahnya numerasi berkaitan erat dengan lemahnya kemampuan pemecahan masalah matematis, terutama dalam memahami masalah, merancang strategi, dan menafsirkan solusi secara logis. Oleh karena itu, pembelajaran matematika perlu diarahkan pada pendekatan yang mendorong pemahaman konseptual, penalaran reflektif, dan penerapan strategi dalam konteks nyata, agar kemampuan numerasi dapat berkembang sebagai dasar penting bagi proses belajar siswa di sekolah dasar sekaligus sebagai bekal menghadapi tantangan pembelajaran di masa depan.

Keywords

kemampuan numerasi, pemecahan masalah matematis, pembelajaran kontekstual,

Full Text:

PDF

References

Adhyan, A. R., & Sutirna, S. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Pada Materi Himpunan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 451. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.10289

Aji, R. S., & Prasetyo, K. B. (2025). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Pecahan Kelas III SD Negeri Sidorejo. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 293–303.

Alfiah, S., Mulyadi, M., & Apriyani, D. C. N. (2020). Hubungan antara Literasi Numerasi dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pacitan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 44–50. https://doi.org/10.21137/jpp.2020.12.1.7

Alya, M., Rosnawati, S., & Putra, R. S. (2024). Penerapan Asesmen Formatif dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa di SD Negeri 15 Banda Aceh. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 333–342. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.19688

Amelia, L., Hapizah, H., & Mulyono, B. (2024). Pengembangan Instrumen Evaluasi Matematika Berbasis Android Konteks Tabot Bengkulu untuk Mengukur Computational Thinking. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(3), 1893–1910. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i3.2498

Ariyanto, A., Winarsih, W., Candrahandaya, H., Martanti, C. D., & Saputro, L. A. (2023). Perencanaan Asesmen Formatif Pembelajaran Numerasi pada Transisi PAUD–SD. JURNAL MITRA SWARA GANESHA, 10(2), 43–50. https://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/2904

Astutik, Y., & Bisri, H. (2023). Peningkatan pemahaman konsep waktu melalui pembelajaran CTL di SDN 4 Tlajung Udik. AL-KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(5). https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/11043

Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824

Azaria, T. T., Lidiawati, L., Nazurty, N., Indryani, I., & Sastrawat, E. (2024). Pentingnya Penilaian Formatif terhadap Perkembangan Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 6091–6100. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4510

Christiana, R., & Sugiyanta, G. (2022). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. DIKDASTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-An, 8(2). https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/9

Fajriyah, E. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 4, 403–409. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/824

Gunur, B., Parinters Makur, A., & Hendrice Ramda, A. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Numerik dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Pedesaan. MaPan, 6(2), 148–160. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a2

Handayani, N. N. L. (2023). Determination of Realistic Mathematics Education on Problem Solving with Numeracy Literacy Covariables. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 56(2), 299–309. https://doi.org/10.23887/jpp.v56i2.63288

Iasha, V., Zulfah, M., Amelia, M., Dari, Y. W., Ayu, D. S., Halimatussadiah, H., Jamilah, S., Mahendra, D. A., Salsabila, N. E., & Setiawan, B. (2024). Pentingnya Literasi Numerasi sebagai Fondasi Pendidikan Sekolah Dasar untuk Membangun Kecerdasan dan Kemandirian Siswa di Masa Depan. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 6(4), 581–600. http://journal.nahnuinisiatif.com/index.php/ARJI/article/view/279

Junaedi, Y., & Wahyudin, W. (2020). Improving Student’s Reflective Thinking Skills Through Realistic Mathematics Education Approach. Proceedings of the 4th Asian Education Symposium (AES 2019). https://doi.org/10.2991/assehr.k.200513.044

Kemendikbudristek. (2021a). Asesmen Kompetensi Minimum: Numerasi. Pusat Asesmen Pendidikan.

Kemendikbudristek. (2021b). Laporan hasil Asesmen Nasional SD tahun 2021. Pusat Asesmen dan Pembelajaran.

Kemendikbudristek. (2021c). Panduan Asesmen Kompetensi Minimum: Literasi Membaca dan Numerasi. Pusat Asesmen dan Pembelajaran.

Kharunissa, R. (2023). Implementation of the Formative Assessment Model in the Development of Mathematics Learning Evaluation at the Elementary Level. EduMatika: Jurnal MIPA, 3(2), 41–43. https://doi.org/10.56495/emju.v3i2.414

Khoirudin, A., Styawati, R. D., & Nursyahida, F. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk PISA. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 33–42.

Kusumawardhani, R. A., Agustina, Lady, & Galatea, C. K. (2023). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa dalam Materi Geometri dan Pengukuran Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1), 107–115. https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14213

Laimeheriwa, D. (2025). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 6(1), 70–75. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v6i1.1196

Latifa, S., Lestari, N. D. S., Jatmiko, D. D. H., Trapsilasiwi, D., & Murtikusuma, R. P. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Numerasi dengan Konteks Sosial Budaya pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 8(2), 153–165. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v8i2.9038

Liew, C. Y., Leong, S. H., Julaihi, N. H., Lai, T. W., Ting, S. U., Chen, C. K., & Hamdan, A. (2022). Children’s Errors in Written Mathematics. Mathematics Teaching Research Journal, 14(5), 141–158. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1382674.pdf

Lowrie, T., Francis, R., & Rogers, G. (2000). Knowledge And Strategies Students Employ To Solve Open-Ended Problem-Solving Activities. 393–401.

Maimunah, M. (2020). Peningkatan hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa SD. Al-Azkiya: Jurnal Pendidikan MI/SD, 5(1), 102–111. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/1614

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Remaja Rosdakarya.

Muhammad, H., Intan Putri Lusita, Intan Yumeriza, Kartila Pri Malti, Meiliana Fitria Ningrum, Salsabila Zorin, & Nana Fauzana Azima. (2025). Efektivitas Penggunaan Media Interaktif dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bilangan : Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian Dan Angkasa, 3(2), 135–147. https://doi.org/10.62383/bilangan.v3i2.474

Nasoha, S. R., Araiku, J., Pratiwi, W. D., & Yusup, M. (2022). Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Implementasi Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 49–61. https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i2.7903

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards For School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Niss, M., & Højgaard, T. (2019). Mathematical Competencies Revisited. Educational Studies in Mathematics, 102(1), 9–28.

OECD. (2019). PISA 2018 Results: What students know and can do (Vol. I). . OECD Publishing.

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I). OECD Publishing.

Oktariani, V. T., Raharjo, T. J., Avrilianda, D., & Subali, B. (2025). Efektivitas Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas V SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 145–163. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/22517?articlesBySameAuthorPage=3

Piaget, J. (1973). To understand is to invent: The future of education. Grossman Publishers.

Putra, L. V., Sukestiyarno, S., Masrukan, M., Widodo, J., & Purwanti, K. Y. (2023). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Model Pembelajaran Scaffolding dalam Lingkungan Belajar Numerasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7141–7148. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5597

Rahmah, Z. A., & Ermawati, I. R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 364–371. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1916

Ramadhani, M. H., Kartono, K., Haryani, S., Marwoto, P., & Mulyono, S. E. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Negeri Ngijo 02 Gunungpati. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 168–176. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4518

Ramadhani, S. Z. S., & Ismail, I. (2024). Proses Memecahkan Masalah Numerasi Konten Bilangan pada Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1633–1650. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3369

Rizal Mz, S., Aisah, S., Putri, W., & Akmaliah, S. (2024). Penguatan Literasi Numerasi Melalui Lingkungan Fisik di Sekolah Dasar. Rayah Al-Islam, 8(4), 1846–1858. https://doi.org/10.37274/rais.v8i4.1127

Sabariah, I., Maulana, M., & Iswara, P. D. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Kemampuan Pemahaman Matematis dan Kelayakan Pendekatan Kontekstual sebagai Rencana Solusi. Jurnal Pena Ilmiah, 3(2). https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/27776

Sabilah, D. S., & Nuh, M. (2024). Hubungan antara Literasi Numerasi dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pacitan Tahun Pelajaran 2019/2020. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 10(2), 691–703. https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i2.6574

Samosir, E., Makmuri, & Tian Abdul Aziz. (2023). Kemampuan Literasi dan Pemecahan Masalah Matematika: Bagaimana Keduanya Berkaitan? JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH, 7(2), 1–15. https://doi.org/10.21009/jrpms.072.01

Sapruddin, A. Z., Rahmawati, F. P., Hidayati, Y. M., Desstya, A., & Nisa, C. (2025). Peningkatan Literasi Numerasi Siswa Kelas 4 dengan Math Adventures berbasis Problem Based Learning. Penamas: Journal of Community Service, 5(1), 65–75. https://doi.org/10.53088/penamas.v5i1.1517

Setiawan, P., & Sudana, D. N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3). https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.14278

Simorangkir, R., Sinaga, R., Limbong, R., & Nazwa, Z. (2024). Analisis Penggunaan Media Digital Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika DI Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 10. https://doi.org/10.30742/tpd.v5i2.3444

Slavin, R. E. (2018). Educational psychology: Theory and practice (12th ed.). Pearson.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Supriyanto, A., Mariana, N., Wiryanto, W., & Hendratno, H. (2024). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Abad 21. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(4). https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i4.2303

Tri Candrama, M. M., Darmawan, P., & Basri, H. (2023). Berpikir Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah AKM Numerasi Bangun Ruang Sisi Lengkung Berdasarkan Teori Dual-Process. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 7(1), 1–25. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v7n1.p1-25

Ulpa, F., Marifah, S., Maharani, S. A., & Ratnaningsih, N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Teori Nolting. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 67–80. https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.8651

Refbacks

  • There are currently no refbacks.