Pitotube: Inovasi Media Pembelajaran Youtube dalam Menulis Teks Pidato Siswa Kelas VIII SMPN 1 Galis Pamekasan

Gita Ananda Putri, Moh. Hafid Effendy, Mochamad Arifin Alatas

Abstract

This study was conducted with the aim of evaluating the effectiveness of the innovation of utilizing YouTube media as a learning tool to improve the skills of writing speech texts for class VII students of SMPN 1 Galis Pamekasan. This research method uses a qualitative approach with observation techniques to observe the learning process that integrates YouTube videos as the main media. The results of the study show that YouTube as a learning medium has a good impact on students' understanding of the structure and content of speech texts. This media is able to foster students' interest in learning and student activity during the learning process. In addition, the speech videos that are shown provide real examples that make it easier for students to compose speech texts systematically and creatively. The obstacles found include limited supporting facilities such as internet connections and multimedia devices, as well as differences in writing abilities between students who still need more intensive guidance from teachers. Overall, learning innovations using YouTube can be an effective alternative in the process of learning Indonesian, especially related to speech texts, with the note that there is adequate infrastructure support and teacher assistance. This study suggests that teachers continue to develop digital media-based learning strategies to improve the quality of learning in the current technological era.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengevaluasi sejauh mana efektivitas inovasi pemanfaatan media YouTube sebagai sarana pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis teks pidato pada siswa kelas VII SMPN 1 Galis Pamekasan. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi untuk mengamati proses pembelajaran yang mengintegrasikan video YouTube sebagai media utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa YouTube sebagai media pembelajaran berdampak baik pada pemahaman

siswa mengenai struktur dan isi teks pidato. Media ini mampu menumbuhkan minat siswa untuk belajar serta keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Selain itu, video pidato yang ditayangkan memberikan contoh nyata yang memudahkan siswa dalam menyusun teks pidato secara sistematis dan kreatif. Kendala yang ditemukan meliputi keterbatasan fasilitas pendukung seperti koneksi internet dan perangkat multimedia, serta perbedaan kemampuan menulis antar siswa yang masih memerlukan bimbingan lebih intensif dari guru.Secara keseluruhan, inovasi pembelajaran menggunakan YouTube dapat dijadikan alternatif efektif dalam proses belajar Bahasa Indonesia, khususnya terkait teks pidato, dengan catatan adanya dukungan infrastruktur dan pendampingan guru yang memadai. Penelitian ini mengusulkan agar guru terus mengembangkan strategi pembelajaran berbasis media digital untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era teknologi saat ini.

Keywords

Youtube, media pembelajaran, menulis teks pidato, siswa SMP, inovasi pembelajaran, pembelajaran digital.

Full Text:

PDF

References

Alatas, M. A., Ahmadi, A., & Yohanes, B. (2025). Critical Reasoning of Students in Learning : Paragraph Analysis of Response Texts Using the Toulmin Model. Ghuru: International Journal of Teacher Education, 1(2), 80–91.

Alatas, M. A., Purnomo, A., Putikadyanto, A., & Nur, A. (2025). Transformasi Edu Literasi melalui Novel Anak : Integrasi SDGs dan Pembentukan Pola Pikir Sistemik dalam Pendidikan Guru. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 813. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19118

Alatas, M. A., Romadhon, S., & Rachmayanti, I. (2024). Penggunaan Chat GPT dalam Pembelajaran Bahasa: Perspektif Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Madura. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Shes, 7(3), 1–23.

Bakri, Marlina, and Yusni Yusni 2021.“Pemanfaatan Youtube Sebagai Media PembelajaraMenulis Puisi.” Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia Daer DanAsing4,no. https://doi.org/10.31540/ silamparibisa v4i1.1183. 1(2021):39–46 .

Firnanda, A., Alatas, M. A., & Putikadyanto, A. P. A. (2025). EcoEduLitera SDGs: Pendidikan Lingkungan dalam Karya Sastra Cerita Rakyat Madura Ki Ageng Tarub. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 87. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19137

Fridayanti, Andita Aprilia 2021. “Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab IndonesiaMenggunakan Media Audio Visual Channel Youtube Di MTs NU Mranggen.”Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4, no. 1 (2021): 78–88. https://doi.org/10.18196/mht.v4i1.1295.

Hamdani, S., & Alatas, M. A. (2025). Istawarta : Inovasi Media Pembelajaran Keterampilan Membaca Abad 21 dalam Mendukung SDGs. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 921. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19196

Hesti Irasandya dkk.2025.”Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Pidato Siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Kota Jambi. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 70–78. https://doi.org/10.31943/bi.v10i1.927

Misi Kristiani Gulo dkk.2025 ”Penerapan Model Pembelajaran Braistorming Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Menulis Teks Pidato SMP Negeri 1 Ma’u. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan IndonesiaVolume4, Nomor 2, Tahun 2025, Halaman 548 – 559 https://jpion.org/index.php/jpi

Misnawati, Misnawati, I Nyoman Karma, and Itsna Oktaviyanti 2022. “Analisis Strategi Guru Dalam Pengelolaan Kelas Daring Di Kelas V SDN 35 Ampenan Tahun 2020/2021.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7, no. 1 (2022): 177–81. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.416.

N.L.A. Puspitawati 2022. “Penggunaan Youtube Sebagai Salah Satu Alternatif Media Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia 11, no. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v11i1.752.1(2022): 97–107.

Nursobah, Ahmad 2021. “Pemanfaatan Media Sosial Youtube Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah.” El Midad 13, no. 2 (2021): 76–85. https://doi.org/10.20414/elmidad.v13i2.4122.

Oktavianus, Andre, and Gusti Pirandy 2023. “Membangun Literasi Baca-Tulis Yang Menyenangkan Dengan Penggunaan Multimedia Di SDN 066043 Medan Helvetia.” Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi 3, no. 2 (2023):507–12. https://doi.org/10.58466/jurnalpengabdianmasyarakatdaninovasi.v3i2.1126.

Puspita Tutiasri, Ririn, Niko Kurniawan Laminto, and Karim Nazri 2020. “Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Komunikasi, Masyarakat Dan Keamanan 2, no. 2 (2020). https://doi.org/10.31599/komaskam.v2i2.3220

Rachmayanti, I., & Alatas, M. A. (2023). Pemanfaatan AI sebagai Media Pembelajaran Digital dalam Foreign Language Development Program (FLDP) IAIN Madura. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, (November), 214–226. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11752

Rachmayanti, I., & Alatas, M. A. (2025). Transformasi Media Lensatara : Google Lens dalam Pembelajaran Bagi Mahasiswa. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19114

Rahmasari, Hikmah 2021. “Penggunaan Media Youtube Sebagai Solusi MediaPembelajaran Bahasa Arab Di Masa Pandemi.” Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 1 (2021). https://doi.org/10.18196/mht.v3i1.11362 .

RASMAN, RASMAN 2021. “Penggunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Masa Pandemi Covid 19.” EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi 1, no. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i2.442.2(2021):118–26.

Rohmatun, S., Arifin, M. A., & Susanti, A. I. (2025). Edugamifikasi: Transformasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Keterampilan Berbahasa. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, (1), 349. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19124

Saputra, Arief Reza Indra, Imam Ahmad Nuh, Fat Hana Rizqi Haq, and Ahmad ParhaMarjuki.2024. “Efektifitas Youtube Sebagai Media Pembelajaran Online.” Jurnal Literasi Digital 3, no. 1 : 1–11. https://doi.org/10.54065/jld.3.1.2023.287.

Sugiyono, Prof. Dr. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&DSugiyono. 2021. ‘Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif,Kualitatif, Dan R&D.’ Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D.” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif,Kualitatif, Dan R&D, 2021.

Sugiyono. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D, 2020.“Penelitian Kualitatif, Kuantitaif, R&D.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2021.

Wecan Kartika Hidayati Gea dkk.2025.”Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Pidato Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write Siswa SMPN 2 Sogaedu. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia Volume 4, Nomor 2, Tahun 2025, Halaman 700 – 708 https://jpion.org/index.php/jpi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.