Penerapan Pembelajaran Teams Games Tournament Dengan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika
Abstract
Education is an important role, which can create and develop potential in oneself to face challenges in the future. Education in Indonesia is experiencing changes and curriculum development to improve the quality of education. The results of the research showed that there was an increase in student activity and learning achievement in Mathematics lessons, using Teams Games Tournament (TGT) learning. The results of the average score for student activity in cycle I were 43 in the Fair category and, increasing in cycle II, the average was 57 in the Good category. The results of students' learning achievement in Mathematics cycle I, obtained a class average of 76.66 with completeness in classical learning of 66.67%. Thus, it can be concluded that the application of learning, Teams Games Tournament (TGT), with the media of snakes and ladders can improve students' learning activities and achievements in class IIIA Mathematics, SDN 36 Bengkulu City.
Pendidikan merupakan salah peran penting, yang dapat menciptakan, dan mengembangkan potensi pada diri, untuk menghadapi tantangan, di masa yang, akan datang. Pendidikan di Indonesia, mengalami perubahan dan, pengembangan kurikulum untuk, meningkatkan kualitas pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan, adanya peningkatan aktivitas, dan prestasi belajar siswa, pada pelajaran Matematika, menggunakan pembelajaran Teams, Games Tournament (TGT). Hasil skor rata-rata, aktivitas siswa siklus I, diperoleh 43 dengan, kategori Cukup dan, meningkat pada siklus, II diperoleh rata-rata, 57 dengan kategori Baik. Hasil prestasi belajar, siswa pada pembelajaran, Matematika siklus I, didapatkan rata-rata kelas, sebesar 76,66 dengan ketuntasan, belajar klasikal 66,67%, mengalami peningkatan pada, siklus II diperoleh rata-rata, kelas sebesar 78,89 dengan ketuntasan, belajar klasikal sebesar, 72%. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa penerapan pembelajaran, Teams Games Tournament (TGT), dengan media ular, tangga dapat meningkatkan, aktivitas dan prestasi belajar, siswa pada pembelajaran, Matematika kelas IIIA, SDN 36 Kota Bengkulu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agusdianita, N., Puspita, Y. R. A., Kasthori, M., & Bella, Z. S. (2024). PENERAPAN MODEL TGT DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS & HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS VD SDN 5 KOTA BENGKULU. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 81-88.
Agusdianita, N., Yuliarti, K. R., Mediana, V., Nurhasanah, N., Purnamasari, W., & Bela, M. D. P. (2025). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Team Game Tournament (Tgt) Pada Muatan Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Hak Dan Kewajiban Kelas Iii Sdn 52 Kota Bengkulu. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 4(1), 161-168.
Andriani, F. and Wahyudi, W. (2023). Media permainan ular tangga berbasis misi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sd. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(4), 1869-1875. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5743
Arikunto. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Ariza, Yerpi, Neza Agusdianita, and Feri Noperman. "Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Ular Tangga Kelas V SD Negeri 18 Pendopo." Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series. Vol. 7. No. 3. 2024.
Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas Dan Peran Dari Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Journal Lentera, 17(1), 40-50.
Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. (2024). SK BSKAP 032/H/KR/2024 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 021).
Edison, A. (2023). Model Problem Based Learning Solusi Meningkatkan Prestasi Belajar. Lombong Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Fahrurrozi, & Hamdi. S (2017). Metode Pembelajaran Matematika. In Universitas Hamzanwadi Press.
Hamdani, A. (2019). Konvergensi. CV. Akademia Bekerja Sama Dengan Litbang Pendidikan STIE AUB Surakarta.
Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka ilmu grup.
Hidayat, 1. (2019). 50 Strategi Pembelajaran Populer. Diva Press.
Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102-109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574
Keaktivan Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Wandini, R. R. (2019). Pembelajaran matematika untuk calon guru mi/sd.
Kumala, D. R., Rohmah, Z., & Hidayatullon, M. K. Y. (2020). Pendampingan Belajar Menggunakan Melia Ular Tangga Pembelajaran Bahasa Inggris Stewa SD di Bandarkedungmanlyn jamal Pendidikan Jurmal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 44-47.
Kurniawan, A dan Setyabudi, T. (2024). Penerapan Pembelajaran Kooperatif TGT Melalui Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD.
Lestari, E. T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa SD. Yogyakarta: CV Budi Utami.
Lestari, S., Hariyani, S., & Rahayu, N. (2018). Pembelajaran kooperatif tipe tgt (teams games tournament) untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Pi Mathematics Education Journal, 1(3), 116-126. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i3.2785
Lusa, H., Yusnia, Y., & Agusdianita, N. (2024). PENDAMPINGAN PENERAPAN MODEL TGT BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA. Jurnal Abdimas Bencoolen, 2(3), 119-125.
Malikah, S., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. 4(4), 5912-5918.
Marta, H., Fitria, Y., Hadiyanto, H., & Zikri, A. (2020). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 149-157. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.334
Noviantari, K, D, dkk. (2022). Buku Panduan Model Pembelajaran Nobangan. Jurnal Guepedia The First On-Publisher In Indonesia.
Nurhikmawati, S dan Utami, R, D. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis TGT untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik.
Parnawi, Afi. (2019). Psikolog Belajar. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Puspita, R. A., Dalifa, D., & Yusnia, Y. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Berbantuan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas VB SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Early Childhood Research and Practice, 5(2), 63-72.
Rosyid, M. Z. (2020). Prrestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.
Rosyid, Zaiful dkk., (2019). Prrestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.
Rumiyati. (2021). Model Talking Stick Sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar. Jawa Tengah: PT Nasya Expanding Management.
Salzabila, A & Puspitasari. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan dan Dakwah Volume 2, Nomor 2, Mei 2020; 278-288
Sibarani, I, dkk. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif. Jawa Barat: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Siwant, M, B, E, dkk. (2022). Model Pembelajaran Inovatif dan Rancangan Pembelajaran untuk Guru IPA SMP. Jawa Timur LPPM UNHASY Tebuireng Jombang.
Suciati, I. (2021). Permainan “ular tangga matematika” pada materi bilangan pecahan. Kognitif Jurnal Riset Hots Pendidikan Matematika, 1(1), 10-21. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i1.5
Sudjana, N. (2019). Penilaian Hasil Prestasi Belajar Mengajar. Bandung: PT REMAJA ROSDKARYA
Sulistyo, E. B., & Mediatati, N. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKnmelalui Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Team Game Tournaments). Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 233. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17913.
Sutarto, dkk. (2019). PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR: Penerbit PLP.
Thalita, A. R., Dyas Fitriyani, A. D., & Nuryani, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan
Walanty, P., & Agusdianita, N. (2024). Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD. JURIDIKDAS (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 7(1), 55-64.
Waryani. (2021). Dinamika Kinerja Guru dan Gaya Belajar. Indramayu : Penerbit Adab.
Winarni, E, W. dkk. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan R&D.
Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Grup
Yayuk, E. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Matematika Untuk Mahasiswa PGSD Semester 6. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 172-182 Https://Doi.Org/10.24246/JJs.2019.V9.12.P172
Yuliyanti, K. and Hariyanto, H. (2024). Efektivitas penerapan metode tgt untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar matematika siswa sd. Jurnal Math-Umb Edu, 11(3), 239-249. https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i3.6611
Yusnia, Y., Kurniawati, I., Agusdianita, N., & Supriatna, I. (2023). Pengaruh model pembelajaran tgt berbantuan media pop up book terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(3), 462-467.
Refbacks
- There are currently no refbacks.