Meningkatkan Sikap Gotong Royong dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) di Kelas III SD Negeri 2 Bojong
Abstract
This study was motivated by the low attitude of mutual cooperation and learning achievement of students in learning mathematics. This condition encourages an effort to improve both aspects through the application of the STAD type cooperative learning model with the help of geoboard media. This study used the Classroom Action Research (PTK) method which was carried out in two cycles, with a subject of 35 third grade students at SD Negeri 2 Bojong. The instruments used include tests, questionnaires, observations, interviews, and other complementary documents. The results showed that the application of cooperative learning model type student teams achievment division STAD assisted by Geoboard media was able to improve the mutual cooperation attitude and learning achievement of students. The increase in mutual cooperation attitude can be seen from the results of observations and questionnaires in cycle I which are still in the sufficient category (average observation 2.42; questionnaire 65.30), then increased to a very good category in cycle II (average observation 3.27; questionnaire 80.29). Meanwhile, students' learning achievement also increased from an average score of 56.36 with 57.57% completeness in cycle I (sufficient category), to 80.14 with 82.35% completeness in cycle II (very good category). Based on these findings, it can be concluded that the application of the STAD type cooperative learning model combined with geoboard media is effective in improving students' mutual cooperation attitude.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap gotong royong dan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika. Kondisi tersebut mendorong dilakukannya sebuah upaya untuk meningkatkan kedua aspek tersebut melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan bantuan media geoboard. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan subjek sebanyak 35 peserta didik kelas III di SD Negeri 2 Bojong. Instrumen yang digunakan meliputi tes, angket, observasi, wawancara, serta dokumen pelengkap lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan modelpembelajaran kooperatif tipe student teams achievment division STAD berbantuan media Geoboard mampu meningkatkan sikap gotong royong dan prestasi belajar peserta didik. Peningkatan sikap gotong royong terlihat dari hasil observasi dan angket pada siklus I yang masih berada pada kategori cukup (observasi rata-rata 2,42; angket 65,30), kemudian meningkat menjadi kategori sangat baik pada siklus II (observasi rata-rata 3,27; angket 80,29). Sementara itu, prestasi belajar peserta didik juga mengalami peningkatan dari rata-rata nilai 56,36 dengan ketuntasan 57,57% pada siklus I (kategori cukup), menjadi 80,14 dengan ketuntasan 82,35% pada siklus II (kategori sangat baik). Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dipadukan dengan media Geoboard efektif dalam meningkatkan sikap gotong royong dan prestasi belajar peserta didik, khususnya dalam materi Unsur-Unsur Bangun Datar di SD Negeri 2 Bojong.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aeni, S., & Mushafanah, Q. (2019). Pengembangan Media KOPER ( Kotak Permainan ) pada Tema 7 Kebersamaan. 3, 159–165.
Ainiyah, Q., Fatikah, N., & Yuyun Faris Daniati, E. (2022). Konsep Implementasi Pembelajaran Tafsir Amaly Dan Kaitannya Dengan Pemahaman Ayat Tentang Fikih. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 4(1), 71–87. https://doi.org/10.54437/ilmuna.v4i1.407
Ardiyanti, T., Susanti, V. D., & Madiun, S. (2025). Peningkatan Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Social Emotional Learning PendahuluanPembelajaran yang berhasil dapat diukur dari pemahaman , penguasaan serta prestasi belajar peserta didik . Moti. 7(2), 262–275.
Arikunto dan Jabar. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. PT Bumi Akarsa.
Azhar Nawawi, et al. (2024). Peran Karakter Gotong Royong Dalam Membangun Integritas Serta Rasa Tanggung Jawab Siswa Di Sekolah Dasar. 09(September).
Djamarah, S. B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Rineka Cipta.
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
Herwati., Moh Miftahul Arifin., Tri Rahayu.,Arsil Waritsman., Deetje Joseph Solang., Siti Zulaichoh., Kholis Aniyati., Totok Haryanto., Synthia Sumartini Putri., B. K. (2019). MOTIVASI dalam pendidikan. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari
Hidayat dan Badrujaman. (2009). Cara Mudah Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. CV, Trans Info Media.
Irianto, S., & Purwokerto, U. M. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pengumpulan Data Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division ( STAD ) di Kelas V SD Negeri 1 Punggelan. 5.
Isrok’atun. (2018). Model-Model Pembelajaran. PT Bumi Akarsa.
Jayeswari, M., Turmuzi, M., & Fauzi, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV SDN 1 Keruak. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 687–695. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1267
Khairani, C., Novalita, R., Syahril, A. B., Wati, M., Carvina, M., & Suryati, S. (2023). Implementasi Budaya Gotong Royong dalam Mewujudkan Profil Pancasila Bagi Maysrakat Paya Nie. Communnity Development Journal, 4(3), 5880–5886.
Khalijah, W. N., Jannah, M., Rehan, H. Z., Yohana, Y., & Yohani, Y. (2023). Peranan Metode Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadis. Al-Wasathiyah: Journal of Islamic Studies, 2(2), 267–278. https://doi.org/10.56672/alwasathiyah.v2i2.97
Khoirunnisa, S. I., & Sudibyo, E. (2023). Profil Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP dalam Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. ScienceEdu, 6(1), 89. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.40152
Ling, W., Ghazali, I., & Raman, A. (2016). The Effectiveness of Student Teams-Achievement Division (STAD) Cooperative Learning on Mathematics. International Journal of Advanced Research and Development, 1(3), 17–21.
Marheni, N. K., Jampel, i N., & Suwatra, I. I. W. (2020). Model STAD Berpengaruh terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4, 351–361.
Marinda, L. (2020). Kognitif dan Problematika. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152.
Pangestu, A., Muryaningsih, S., & Bintaro, T. Y. (2019). Improving Democratic Attitude And Mathematics Learning Achievement of Measuring Angle Material Using STAD Cooperative Learning Method Supported by Angle-clock Props on Grade IV B Students of SD Muhammadiyah Purwokerto. 188–196.
Panjaitan, H., & Hafizzah, F. (2025). Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SDIT Mutiara Ilmu Kuala The Role of Teachers as Facilitators in Improving the Quality of Learning at SDIT Mutiara Ilmu Kuala. 5(1), 328–343.
Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.
Putri, N. E., Firman, R., & Prijambodo, N. (2020). Peran Teman Sebaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MAN 1 Jombang. Webinar Nasional Stkip Pgri Jombang, September, 452–458.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran. PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Rustamaji, E. A. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Divisions) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran Pada Siswa Sekolah Dasar. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 8–16. https://doi.org/10.35326/taksonomi.v3i1.3329
Safrida Napitupulu, A. N. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Keliling Dan Luas Bangun Datar Kelas III SD. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2, 103–113. https://doi.org/10.51178/cjerss.v2i4.318
Saputro, M., Yudi, A., & Dona, F. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar (Studi Korelasi Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak). Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 4(2), 233–246.
Sari, W. P., Ananda, A., Montessori, M., & Indrawadi, J. (2025). Penerapan Profil Pelajar Pancasila melalui kegiatan gotong royong. Journal of Education, Cultural and Politics, 4(4), 927–935. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i4.311
Setyosari, P. (2017). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(5), 20–30. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020
Slavin, R. E. (2005). Cooperatif Learning, Teori, Riset, dan Praktik. Nusa Media.
Sudarta. (2022). Penguatan Karakter Gotong Royong Melalui Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV SD Negeri Bugangan 02 Semarang. 16(1), 1–23.
Sudjana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.
Ulfa, N. (2019). Penggunaan media geoboard (papan berpaku) melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD ( student team achievement divisions) untuk meningkatkan pemahaman konsep keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas IV MI Wahid Hasyim Gondanglegi TP 2017-2018. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 38–48. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/1575/985
Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-teori belajar dan pembelajaran. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue April). http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1405/1/TEORI-TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN.pdf
Wahyu Widiana, Y., Kania, G., & Sumarti, S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Bidang Geometri Dan Angka Melalui Media Geoboard. Jurnal Tahsinia, 4(1), 61–70. https://doi.org/10.57171/jt.v4i1.346
Widyoko, S. E. P. (2022). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.
Windi Anisa, F., Ainun Fusilat, L., & Tiara Anggraini, I. (2020). Proses Pembelajaran Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 158–163. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Refbacks
- There are currently no refbacks.