Peran Media Kotak Misteri dalam Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar
Abstract
This study used a systematic literature review (SLR) to analyze the use of mystery boxes in elementary school mathematics learning. The articles analyzed were selected based on inclusion criteria: they were published between 2020 and 2024 and discussed the application of mystery boxes in mathematics learning. The results showed that mystery boxes were effective in increasing students' curiosity and interest in learning. This media creates active, enjoyable, and interactive learning, thereby increasing students' enthusiasm and conceptual understanding. This study recommends mystery boxes as an alternative, innovative and effective learning medium for increasing elementary school students' interest in learning, particularly in mathematics. Therefore, mystery boxes can be a solution to address low student interest in learning and improve the quality of learning. This research can serve as a reference for teachers and researchers to develop more innovative and effective learning media. Mystery boxes have great potential to improve the quality of elementary school mathematics learning in a fun and interactive way.
Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review (SLR) untuk menganalisis penggunaan media kotak misteri dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Artikel yang dianalisis dipilih berdasarkan kriteria inklusi, yaitu terbit pada tahun 2020–2024 dan membahas penerapan media kotak misteri dalam pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kotak misteri efektif dalam meningkatkan rasa ingin tahu dan minat belajar siswa. Media ini menciptakan pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan interaktif, sehingga meningkatkan antusiasme dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merekomendasikan media kotak misteri sebagai alternatif media pembelajaran inovatif dan efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar, khususnya dalam pembelajaran matematika. Dengan demikian, media kotak misteri dapat menjadi solusi untuk mengatasi rendahnya minat belajar siswa dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini dapat menjadi referensi bagi guru dan peneliti untuk mengembangkan media pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif. Media kotak misteri sangat berpotensi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2013). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.
Alea, A. K., & Amidi, A. (2024, February). Kajian Teori: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Model Meaningful Instructional Design Berbantuan Permainan Bingo. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 112-118).
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Brown, A. (2022). Curiosity-Driven Learning: A Meta-Analysis of Its Impact on Academic Achievement. Review of Educational Research, 92(4), 550-570.
Chandra, S. G., Nisa, A. F., & Cahyani, B. H. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Explosion Box untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 16(1), 1-16.
Darmadi, H. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Deepublish.
Fitri Ramadhani. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Mistery Box Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Inpres Tamattia Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Garcia, M. (2021). Innovative Teaching Strategies for Elementary Mathematics: A Practitioner's Guide. Routledge. Lee, S. (2023). Affective Factors in Mathematics Learning: A Cross-Cultural Study. International Journal of Science and Mathematics Education, 21(5), 900-915.
Lestari, D. S., & Sumarmi, S. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 7(1), 45-56.
Nurhayati, N., & Hasanah, N. (2022). Peningkatan Rasa Ingin Tahu Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 123-135.
Puspitaningtyas, H. (2025). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN KOTAK MISTERI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS 3 SD NEGERI SURATMAJAN. Doctoral dissertation, Universitas PGRI Madiun.
Rimang. (2015). Pendidikan dan Pembelajaran. Bumi Aksara.
Rohmatin, Q. A. (2024). Pengembangan Media Mistery Box Pecahan (MBP) Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III MI Tarbiyatul Ashriyah. Doctoral dissertation, IAIN Kediri. Sarah, C., Karma, I. N., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Identifikasi faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas v gugus Iii Cakranegara. Progres Pendidikan, 2(1), 13-19.
Smith, J. (2023). The Role of Gamification in Enhancing Student Engagement in STEM Education. Journal of Educational Psychology, 115(2), 200-215.
Umar, U., & Nadra, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 167-178.
Utami, S. A., & Wibowo, A. (2021). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Edukatif dalam Pembelajaran Matematika Kelas Rendah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 3(1), 78-85.
Wang, L. (2024). Designing Engaging Learning Materials for Primary School Students. Educational Technology Research and Development, 72(1), 100-115.
Wijaya, E., & Santoso, B. (2024). Peran Media Konkret dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Siswa SD. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 12(3), 210-225.
Refbacks
- There are currently no refbacks.