Analisis Kelayakan Bahasa Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar
Abstract
Textbooks play a crucial role as learning guides and primary sources of information, so their language quality must be appropriate to students' cognitive levels for ease of understanding. A language suitability analysis is necessary to ensure textbooks effectively support learning objectives. This study aims to analyze the linguistic feasibility of the Bahasa Indonesia textbook for third-grade elementary school students published by ELG, based on the assessment criteria set by the National Education Standards Agency (BSNP). This research employs a qualitative approach using content analysis as the method. The findings indicate that the textbook meets the criteria for linguistic feasibility. The language used is communicative and clear, sentence structures conform to the Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) and the Enhanced Spelling System (Ejaan yang Disempurnakan, EYD), illustrations support students imagination, and the content is cohesive and logically organized across chapters and paragraphs. In conclusion, the textbook satisfies the linguistic feasibility standards established by the BSNP.
Buku teks berperan penting sebagai panduan belajar dan sumber utama informasi, sehingga kualitas bahasanya harus sesuai dengan tingkat kognitif siswa agar mudah dipahami. Analisis kelayakan bahasa diperlukan untuk memastikan buku teks efektif mendukung tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan bahasa dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas III Sekolah Dasar dari penerbit ELG yang mengacu pada penilaian BSNP. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan metode analisis isi. Penggunaan bahasa buku ini sudah memenuhi aspek kelayakan bahasa, ditandai dengan penggunaan bahasa yang komunikatif, jelas, struktur kalimat yang sesuai KBBI dan EYD, ilustrasi yang mendukung daya imajinasi siswa, keterpaduan, keruntutan antar-bab dan antar-paragraf disusun secara sistematis, runtut dan logis. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa buku teks tersebut sudah memenuhi standar penilaian kelayakan bahasa yang sudah ditetapkan oleh BSNP.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Desiarna, S., Nafila, U., Dafis, S., Putri, A., Halimah, S. & Mukhlis, M. (2022). Analisis kelayakan Bahasa Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum 2013 Terbitan Kemendikbud 2017 Terhadap Tingkat Ketertarikan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Sastra, Bahaşa, dan Pendidikan, 1(2), 110-118.
Fikri, F., Rasyid, K., Purwati, P. D., Wicaksono, T. W., Mahab, A., Uliya, B., & Azra, F. N. (2025). Analisis dan Evaluasi Bab 7 Buku Bahasa Indonesia Kelas VI SD Berbasis Kelayakan Buku BSNP Pembelajaran Bahasa Indonesia di level Sekolah Dasar tidak hanya menekankan. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 4(2), 383–397.
Galiç, S., Urhan, S., & Dost, Ş. (2025). Analysis of mathematics textbooks on reasoning and proof: a systematic review in tripartite approach. Research in Mathematics Education, 14(1), 1-29.
Hardi, V. A., & Rizal, M. (2020). Analisis Buku Teks Pelajaran Bahasa Inggris SD Berdasarkan Karakteristik Pembelajar Muda Pada Kelas Rendah. Jurnal Basicedu, 4(4), 1398-1407.
Huberman, & Miles. (1992). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 02(1998), 1–11.
Imanulhaq, R, & Ichsan. 2055 Analisis Teori Perkembangan Kognitif F Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Sebagai dasar Kebutuhan Media Pembelajaran. Journal of Islamic Education, 3(2), 126- 134.
Irawan, D. (2020). Mengembangkan Buku Teks Pelajaran Membaca Berbasis Pendekatan Proses Untuk SD. Banyumas: Pena Persada.
Mulyani, H. S., & Dafit, F. (2024. Analisis Bahasa Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum Medeka Pada Kelas IV. Journal of Social Science Research, 4(4), 4460-4476.
Muslich, M. (2010). Text Book Writing. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Oktavia, T. (2021). Pengaruh metode pembelajaran dan buku bahasa terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III SD. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 45-52.
Prastowo, A. (2015). Panduan kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Purnanto, A. W., & Mustadi, A. (2016) Analisis Kelayakan Bahasa Dalam Buku Teks Tema 1 Kelas I Sekolah Dasar Kurikulum 2013. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 102-111.
Puspita, A., Harapan, R., & Anwar, Y. (2023). Penggunaan media pembelajaran berbasis buku teks dan pengaruhnya terhadap keterampilan menyimak, membaca, dan berbicara siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(1), 25-33
Ramda, A. H. (2017). Analisis kesesuaian materi buku teks Kemendikbud matematika kelas VII dengan Kurikulum 2013. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 12.
Rezvanifard, F., & Radmehr, F. (2024). Laplace Transform in Mathematics and Electrical Engineering: A Praxeological Analysis of Two Textbooks on the Differential Equations and Signal Processing. IEEE Transactions on Education, 67(4), 508-518.
Rihanah, A. & Irma, N. C. (2022). Kelayakan Isi Dan Bahasa Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Di SMA Negeri 1 Sirampog. Jurnal Hastawiyata, 5(1), 32-42.
Salam, A. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Sumatra Barat: Azka Pustaka
Sitepu, (2015). Penulisan Buku Teks Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sittariandani, R., & Rahmawati, F. P. (2022). Kelayakan Buku Bahan Belajar Daring (BBD) Kelas I Jilid 2 Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4). 6272- 6280.
Wulyandari, S. B., & Irawan, D. (2021). Analisis Kelayakan Kegrafikan Buku Tematlk Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(3), 178-185.
Zuchdi, D.&Afifah, W. (2021). Analisis Konten, Etnografi, & Grounded Theory, dan Hermenteutika dalam Penelitian. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara
Refbacks
- There are currently no refbacks.