Pemecahan Masalah Kesulitan Siswa dalam Memahami Soal Cerita Matematika Bilangan Cacah Sekolah Dasar: Sistematik Literatur Review

Dwi Chandra Yulianto, Moh Salimi

Abstract

Story problems in mathematics often pose a significant challenge for elementary school students, especially in the topic of whole numbers. The aim of this study is to examine the various types of difficulties students experience and to explore effective instructional methods to help address those challenges. The analysis revealed that many students struggle to understand the content of the problem, choose the appropriate mathematical operations, and connect the story to the correct mathematical concepts. These difficulties are influenced by several factors, including weak understanding of basic concepts, the complexity of the language used in the questions, and the students’ inability to identify key information. These difficulties are often caused by limited conceptual understanding, complex language structures in the problems, and the inability to distinguish key information. To address these issues, the study recommends implementing context-based learning, incorporating visual media, and training students in reflective thinking to enhance their ability to solve story-based math problems.

 

Soal cerita dalam pelajaran matematika seringkali menjadi tantangan bagi siswa sekolah dasar, khususnya pada materi bilangan cacah.Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri berbagai bentuk kesulitan yang dialami siswa serta mengkaji metode pembelajaran yang tepat untuk membantu mengatasinya. Kajian dilakukan melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR) dengan menelaah lima artikel ilmiah terbitan tahun 2024 hingga 2025 yang diperoleh dari Google Scholar. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa sebagian besar siswa mengalami hambatan dalam memahami isi soal, menentukan operasi hitung yang tepat, serta mengaitkan cerita dalam soal dengan konsep matematika yang relevan. Kesulitan tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti lemahnya pemahaman terhadap konsep dasar, penggunaan bahasa yang kompleks dalam soal, serta ketidakmampuan siswa dalam mengidentifikasi informasi penting. Sebagai solusi, penelitian ini merekomendasikan pembelajaran berbasis konteks nyata, pemanfaatan media visual, serta pelatihan berpikir reflektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita.

Keywords

Pemecahan Masalah, Soal Cerita, Matematika, Sistematik Literatur Review.

Full Text:

PDF

References

Anindita, R., & Sari, L. M. (2024). Kesalahan siswa dalam mengidentifikasi informasi pada soal cerita matematika. Jurnal Pendidikan Dasar dan Matematika, 9(1), 12–21.

Flavell, J. H. (1979). Metacognition and cognitive monitoring: A new area of cognitive–developmental inquiry. American Psychologist, 34(10), 906–911.

Hidayati, F., Ngazizah, N., & Pangestika, R. R. (2025). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan tahapan Polya. Jurnal Pendidikan Matematika SD, 11(1), 45–55.

Lestari, S. A., Harjono, A., & Nirmalasari, R. (2024). Pembelajaran matematika berbasis konteks untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa. EduMatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 78–87.

Polya, G. (1945). How to solve it: A new aspect of mathematical method. Princeton University Press.

Rahmah, S. M., & Bahri, S. (2025). Pengaruh media cerita digital terhadap pemahaman soal cerita matematika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Dasar, 10(1), 33–40.

Ramadhani, I., & Putra, T. A. (2024). Analisis kesalahan siswa dalam memilih operasi hitung pada soal cerita bilangan cacah. Jurnal Matematika dan Pembelajaran SD, 7(3), 150–158.

Syavira, V. F., & Novtiar, C. (2021). Analisis kesalahan pemecahan masalah siswa dalam soal cerita matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1671–1678.

Udil, P., Senia, M., & Lasam, Y. (2021). Analisis kesalahan siswa SD dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung bilangan cacah berdasarkan prosedur Newman. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 4(1), 36–46.

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis efektif belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534–540.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.