Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Daerahku Kebanggaanku Di Kelas V SD Negeri 4 Larangan

Diva Ramadhani Azzahra, Badarudin Badarudin

Abstract

The low academic achievement of fifth-grade elementary school students in science lessons is the background for this study. The purpose of this study is to determine the improvement in student learning achievement through the application of the problem-based learning model. The research method used is classroom action research (CAR). The subjects of this study were 21 students. This study consisted of two cycles with data collection techniques including technical and non-test techniques. The research instruments used include student observation sheets, teacher observation sheets, and documentation. The results of the study indicate an improvement in student academic performance, with a score of 61.90% (satisfactory) in Cycle I and 83.33% (very good) in Cycle II. The conclusion of this study shows that the use of the problem-based learning model is effective in improving student academic performance.

 

Rendahnya prestasi belajar siswa kelas V SD dalam pelajaran IPAS menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa melalui penerapan model problem based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini sebanyak 21 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan teknik pengumpulan data meliputi teknis dan teknik non tes. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi siswa, lembar observasi guru, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I 61,90% (cukup) dan siklus II menjadi 83,33% (baik sekaliSimpulan pada penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model problem based learning secara efektif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

 

Keywords

Problem Based Learning, Prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

Agustina, R., Ismail, F., & Afgani, M. W. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 73–80.

Athaya, S. R., Murniningsih, & Mirahati. (2023). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kerjasama Melalui Media Pembelajaran Audio Visual Kelas III Sekolah Dasar. 2(1).

Badarudin, Irwanto, H. D., & Muslim, A. (2024). Problem-Based Learning Model In Improving Learning Achievement Of Flat Building Material In Grade Three Elementary School. 16(2).

Damayanti, Z. F., & Badarudin, B. (2024). Peningkatan Prestasi Belajar dan Sikap Kemandirian Siswa melalui Model Problem Based Learning pada Materi Operasi Hitung Perkalian Pecahan di Kelas V SD Negeri 3 Purbalingga Lor. Fondatia, 8(1), 98–108. https://doi.org/10.36088/fondatia.v8i1.4563

Dewi, F. K. (2022). Penerapan Pembelajaran Model Problem Based Learning (Neptunus (ed.)). Omera Pustaka.

Fitriyah, N. K., Ulfiana, Dewi, R. R., & Salimi, M. (2023). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Ke-6 (SNIP 2022), 6(Snip 2022), 555–565. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Hussein, S., Khoiruzzadittaqwa, M., Luthfiyah, L., & Alhaq, M. M. (2024). The Effectiveness of Project-Based Learning and Problem-Based Learning in Improving Student Achievement and Involvement in Learning Mathematics. International Journal of Mathematics and Mathematics Education, 2(2), 89–99. https://doi.org/10.56855/ijmme.v2i2.931

Junaedi Ifan. (2019). Proses Pembelajaran Yang Efektif. Jisamar Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, VOL. 3 NO.(2), 19–25.

Kurniawati, I., & Azis, D. K. (2022). Prestasi belajar siswa ditinjau dari aspek afektif. Measurement In Educational Research, 2(2), 62–70. https://doi.org/10.33292/meter.v2i2.188

Lamada, B. O., & Jatmika, S. (2024). Peningkatan Prestasi Belajar Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Problem-Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Di SDN Bayan 216 Surakarta. CONSILIUM Journal : Journal Education and Counseling, 50–63.

Langitasari, I., Rogayah, T., & Solfarina, S. (2021). Problem Based Learning (Pbl) Pada Topik Struktur Atom : Keaktifan, Kreativitas Dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(2), 2813–2823. https://doi.org/10.15294/jipk.v15i2.24866

Lestari, A. R., & Turdjai, T. (2021). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Pembelajaran IPS Kelas IV SDN 47 Bengkulu Selatan). Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(2), 36–47. https://doi.org/10.33369/diadik.v10i2.18264

Marwa, N. W. S., Usman, H., & Qodriani, B. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 18(2), 54–64. https://doi.org/10.17509/md.v18i2.53304

Merritt, J., Lee, M. Y., Rillero, P., & Kinach, B. M. (2017). Problem-based learning in K-8 mathematics and science education: A literature review. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 11(2), 5–17. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1674

Nurpratiwi Rahma, Sriwanto Sigid, & Sarjanti Esti. (2015). Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Metode Picture and Picture dengan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Bantarkawung. Geoedukasi, 4(2), 1–9.

Santi, M. D., Nursyahidah, F., Nugroho, A. A., & Estiyani, E. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Canva pada Siswa Kelas V SDN Pandeanlamper 03. Journal on Education, 5(4), 12272–12280. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2199

Suprianto, E. (2020). Implementasi Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 22. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.810

Wahyudin, D., Subkhan, E., Malik, A., Hakim, M. A., Sudiapermana, E., LeliAlhapip, M., Nur Rofika Ayu Shinta Amalia, L. S., Ali, N. B. V., & Krisna, F. N. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Kemendikbud, 1–143.

Winarto. (2016). Penelitian Tindakan Kelas Kompetensi Pedagogik Kelompok Kompetensi J. In T. Ekoyanto & L. Astari (Eds.), Jakarta : Kemendikbud.

Yaumi, M., & Damopolii, M. (2014). Action Search Teori, Model, dan Aplikasi. Kencana Prenadamedia Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.