Pengaruh E-LKPD Berbasis STEAM-PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas V SD Gugus XVII Kota Bengkulu
Abstract
This research is based on the lack of innovation from learning, so that the learning process feels boring. This study aims to determine the effect of STEAM-PBL based E-LKPD on the higher order thinking skills of grade V elementary school students. This type of quantitative research using the quasi-experimental method of The Matching Only Pretest -Posttest Control Group Design design with a sample of class VB students of SDN 11 and SDN 04 Bengkulu City selected using the Cluster Random Sampling technique. The instrument is a multiple choice test of 10 items and quantitative data analysis techniques. Hypothesis testing using independent sample t-test with the average value of the experimental group (77.50) and the control group (58.10) there is a significant difference between the learning outcomes due to the treatment given, especially the use of STEAM-PBL based E-LKPD. Based on the research results, the Sig. (2-tailed) value = 0.001 <0.05 at the 5% significance level was obtained. Thus, it is concluded that there is a significant effect of STEAM-PBL-based E-LKPD on the high-level thinking ability of fifth grade students of SD Gugus XVII Bengkulu City.
Penelitian ini didasari oleh kurangnya inovasi dari pembelajaran, sehingga dalam proses pembelajaran terasa membosankan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh E-LKPD berbasis STEAM-PBL terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas V SD. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi-eksperimen desain The Matching Only Pretest -Posttest Control Group Design dengan sampel peserta didik kelas VB SDN 11 dan SDN 04 Kota Bengkulu yang dipilih menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen berupa tes pilihan ganda sebanyak 10 butir soal dan teknik analisis data kuantitatif. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dengan nilai rata-rata kelompok eksperimen (77,50) dan kelompok kontrol (58,10) terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar akibat perlakuan yang diberikan, khususnya penggunaan E-LKPD berbasis STEAM-PBL. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai Sig.(2-tailed) = 0,001 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan E-LKPD berbasis STEAM-PBL terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas V SD Gugus XVII Kota Bengkulu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astikawati, N.W., Tegeh, I.M., & Warpala, I.W.S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan berpikir tingkat tinggi IPA Terpadu dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 10(2), 76-85.
Astuti, N & Iku, P. F. (2020). Pembelajaran Multiliterasi Sebagai Wahana Peningkatan Keterampilan Belajar Peserta didik di Masa Pandemic Covid 19. Aliterasi: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 1(01), 12-18.
Budiana, dkk. (2022). Strategi Pembelajaran. CV. Literasi Nusantara
Dalifa, D., Winarni, E. W., & Nirwana, N. (2024). Thematic E-Modules Using the PBL Model Based on STEAM to Enhance Science Literacy and HOTS. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 6(2), 136-147.
Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 25–30.
OECD. (2022). PISA 2022 Mathematics Framework (Draft). Paris: OECD Publishing.
Putri, M. L. P., & Azmy, B. (2024). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Menulis Puisi Dengan Media Gambar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Jrpp), 7(2), 4577-4582.
Rahma, D.M., Supriadi, B., & Handayani, R.D. (2020), November. Webinar Pendidikan Fisika. Berpikir Tingkat Tinggi Terintegrasi Peserta didik Kelas XI Pada Materi Medan Magnet.
Rahmawati, I. M. N & Dwiningsih, K. (2024). Implementasi E-LKPD Koloid Berbasis Problem Based Learning-STEAM Pada Materi Sistem Koloid Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik. UNESA Journal of Chemical Education, 13(3), 199–204.
Sari, D.N.I., Budiarso, A.S., & Wahytuni, s. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Higher Order Tingking Skill (HOTS) pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 6(3), 3699-3712.
Sari, Y. R., & Rahayu, S. (2021). The development of STEAM-based learning to foster students’ higher order thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1796(1), 012032.
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suhelayanti, dkk. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Yayasan Kita Menulis.
Widestra, R. A., Yulkifli, Y., & Samudra, E. Y. A. (2020). Preliminary analysis of interactive student worksheets development using the science process skill approaching the 21st century physics learning. Journal of Physics: Conference Series, 1481(1), 1–9.
Winarni, E.W. 2018. Pendekatan Ilmiah Dalam Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu
Winarni, E. W., Karpudewan, M., Karyadi, B., & Gumono, G. (2022). Integrated PBL-STEAM in Scientific Literacy and Environment Attitude for Elementary School. Asian Journal of Education and Training, 8(2), 43-50. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 1: 976–984.
Winarni, E. W. 2023. Penelitian dan Praktik Pendidikan STEAM. UPP FKIP UNIB
Yusnia, Y., Irawan, O. A., & Agusdianita, N. (2024). Pengaruh Video Pembelajaran Berbasis STEAM Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik SD Kelas IV. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1).
Yusnia, Y., Stiadi, E., & Agusdianita, N. (2024). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Numerasi Berbasis HOTS Berbantuan Aplikasi Kahoot Bagi Guru SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(1), 45-50.
Refbacks
- There are currently no refbacks.