Pengaruh Model Quantum Learning terhadap Keterampilan Berbicara Dongeng Siswa Kelas IV SDIT Nurul Amien Leuwigoong
Abstract
This study aims to examine the effect of the Quantum Learning model on storytelling speaking skills among fourth-grade students at SDIT Nurul Amien Leuwigoong. The research employed a pre-experimental method using a one-group pretest-posttest design. A total of 27 students were selected using saturated sampling. Data were collected through oral tests and documentation, then analyzed using the t-test. The results showed a significant improvement in the students’ speaking skills, with the average score increasing from 20.815 to 37.444 after implementing the Quantum Learningmodel. The t-test results indicated that tcount > ttable, suggesting a significant effect of the Quantum Learning model on students’ storytelling speaking skills. This model effectively enhances student confidence and engagement in language learning activities.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Quantum Learning terhadap keterampilan berbicara dongeng siswa kelas IV SDIT Nurul Amien Leuwigoong. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimental design dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian berjumlah 27 siswa yang dipilih melalui teknik saturated sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes lisan dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada skor rata-rata keterampilan berbicara setelah diterapkannya model Quantum Learning, yaitu dari 20,815 menjadi 37,444. Hasil uji-t menunjukkan thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa model Quantum Learning berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan berbicara dongeng siswa. Model ini efektif dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan mendorong siswa lebih percaya diri dalam menyampaikan cerita.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y., Mulyati, T., Yuniarti, Y., & Nurhuda, T. F. (2021). Revitalisasi cerita rakyat berbasis teknologi Mixed Reality di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 215-225.
Ain, S. Q. (2024). Faktor-faktor determinan dalam pengembangan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 4067-4076.
Anshori, A. M. (2016). Implementasi pembelajaran quantum learning dalam meningkatkan daya ingat siswa (Studi kasus di madrasah Diniyah Asy-Syukur Dongeng Jimbe Jenangan Ponorogo) (Doctoral dissertation, STAIN Ponorogo).
Aulia, R., & Normaliza, N. (2024). Metode Bercerita Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 4(3), 228-239.
Asmaniah, Z., Astiti, D. D., Julianti, D., Hajar, D. S., Darazat, N. M., & Jaharotul, R. (2025). REVITALISASI SASTRA LISAN: POTENSI CERITA EYANG BATU WANGI SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SEKOLAH DASAR. caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 372-378.
Borg, G., Gall, M. D., & Gall, J. (2014). Applying educational research: How to read, do, and use research to solve problems of practice. New York and London. Longman Publishing Inc.
Dewi, M. P., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). Perkembangan bahasa, emosi, dan sosial anak usia sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 1-11.
DePorter, B., Reardon, M., & Singer-Nourie, S. (2010). Quantum teaching: mempraktikkan quantum learning di ruang-ruang kelas. Kaifa.
Diana, N., & Nirwana, H. (2024). Studi literatur: Teori belajar populer. Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling, 2(3), 1175-1182.
Efendi, R., & Gustriani, D. (2022). Manajemen kelas di sekolah dasar. Penerbit Qiara Media.
Elfrisca, D., Oktrifianty, E., & Fadhillah, D. (2023). Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1863-1868.
Firna, R., Ilham, I., Irwandi, I., Rahmania, R., Hidayati, H., & Bafadal, F. (2024, August). Faktor Penyebab Dampak Kecemasan Berbicara dalam Bahasa Inggris. In Seminar Nasional Paedagoria (Vol. 4, No. 1, pp. 189-199).
Fitri, M. (2020). Penerapan model pembelajaran quantum learning di lembaga pendidikan anak usia dini. JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 40-51.
Fitriani, E., Sazili, M., & Suardi, J. (2021). Studi eksperimen tentang penggunaan media dongeng dalam pembelajaran pada anak usia dini di PAUD Dellia. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 95–104.
Gunawan, I. G. D., Pranata, P., & Mitro, M. (2019). Cerita dongeng sebagai media pendidikan karakter anak usia dini. Tampung Penyang, 17(02), 73-87.
Husda, R. A., Ilmiana, D. A. R., & Arifin, M. B. (2025). Peran Lingkungan Belajar dalam Mengatasi Problematika Pendidikan Bahasa Indonesia. JIM: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(2), 86-94.
Ichsano, A., Mayangsari, A., Nayla, N., Christcanti, R., Zahra, S. F., & Rizkyanfi, M. W. (2024). Bahasa Indonesia Dan Resiliensi Psikologis: Peran Bahasa Meningkatkan Ketahanan Mental Individu Dalam Menghadapi Tantangan Hidup. PAEDAGOGY: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 4(2), 206-218.
Kartikasari, A., Tryanasari, D., Aprilia, S., & Isticomah, B. (2023). Analisis Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Tematik Pascapandemi Covid-19. Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar), 7(2), 303-313.
Kosasih, N., & Sumarna, D. (2019). Pembelajaran quantum dan optimalisasi kecerdasan. Bandung: Alfabeta.
Larosa, A. S., & Iskandar, R. (2021). Analisis keterampilan berbicara siswa melalui pantun di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3723-3737.
Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis pentingnya keterampilan berbahasa pada siswa kelas IV di SDN Gondrong 2. Edisi, 3(2), 243-252.
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(2), 1-10.
Mulasi, S., Walidin, W., Syabuddin, S., & Mahmud, S. (2024). Konsepsi Quantum Learning; Suatu Analisis Learning Styles. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(3), 330-347.
Mulyani, A., Suryani, L., Megawati, R., & Marlina, L. (2023). Tinjauan Perspektif Model Quantum Learning terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 2936-2942.
Nani, N., & Hendriana, E. C. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SDN 12 Singkawang. Journal of Educational Review and Research, 2(1), 55-62.
Ningrum, A. C., & Tazqiyah, I. (2024). Peran Bahasa dalam Komunikasi Lintas Budaya: Memahani Nilai dan Tradisi yang Berbeda. Jurnal Selasar KPI: Referensi Media Komunikasi dan Dakwah, 4(2), 146-167.
Nur'ajiza, N., & Sya, M. F. (2025). Strategi Mengatasi Kesulitan Membaca dan Berbicara Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 4(5), 3047-3058.
Permata, N. F., & Ramdhani, S. (2022). Efektivitas Quantum Teaching dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar. Jurnal Literasi Edukasi, 6(2), 89–98.
Pratiwi, A. P. (2023). Analisis Kesulitan Keterampilan Berbicara Melalui Dongeng Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Siswa Kelas IV SDN Sukaharja I Tahun Pelajaran 2023/2024) (Doctoral dissertation, UBP Karawang).
Ramadhani, T. P. L., Putri, R. L., & Ramadila, C. D. (2024). ANALISIS KETERAMPILAN BERBAHASA SISWA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran, 5(4).
Sarnoto, A. Z., & Budiyanti, E. (2021). Karakteristik Model Quantum Learning Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1).
Sundayana, H. R. (2018). Statistika penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Y. H. B., Cipta, N. H., & Rokmanah, S. (2023). Pentingnya Keterampilan Berbahasa Indonesia Pada Kegiatan Pemebelajaran Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 829-842.
Triana, H., Zulela, M. S., Edwita, E., & Yarmi, G. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Terhadap Kecerdasan Sosio Emosional dan Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. EduBase: Journal of Basic Education, 4(1), 73-81.
Refbacks
- There are currently no refbacks.