Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran E-Modul dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar
Abstract
E-module media is a type of learning tool that facilitates students’ understanding of subject matter within thematic learning by presenting content in a comprehensive format. This study aims to analyze the extent to which fifth-grade elementary school students require thematic e-module learning media. The research utilized a descriptive quantitative method, with data collected through the distribution of closed-ended questionnaires to fifth-grade students as research participants. The data were analyzed by calculating the percentage of responses. The analysis of learning media needs involved three aspects: students’ learning styles and interests, prior experience using media, and the perceived need for such media. The results indicated that the need for e-module media among fifth-grade elementary students reached 83.33%, placing it in the category of “mostly needed.” Students reported favorable experiences and interest in using digital media and expressed a high level of need for e-modules in thematic learning settings.
Media E-Modul merupakan salah satu media yang dapat memudahkan siswa dalam memahami materi Pelajaran dengan muatan tematik karena mampu menyampaikan materi secara utuh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah siswa kelas V sekolah dasar membutuhkan terhadap media pembelajaran E-modul tematik. Pada Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melaui penyebaran angket tertutup kepada siswa kelas V Sekolah Dasar sebagai subjek penelitian. Teknik analisis data dengan cara mempersentasekan data yang diperoleh. Aspek yang dimuat dalam menganalisis kebutuhan terhadap sebuah media mencakup aspek minat dan gaya belajar siswa, pengalaman dalam menggunakan media, kebutuhan siswa akan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan akan media pembelajaran e-modul pada siswa kelas V sekolah dasar memiliki presentase 83,33% termasuk kategori Sebagian besar membutuhkan. Siswa memiliki pengalaman dan minat belajar yang baik terhadap media digital serta menunjukkan kebutuhan tinggi terhadap penggunaan e-modul dalam pembelajaran tematik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhmadi, M. N., Rufi’i, R., & Hartono, H. (2021). Pengembangan E Modul IPS SD berbasis kontekstual materi menghargai peninggalan sejarah di lingkungan setempat. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 75–84. https://doi.org/10.55719/jt.v6i2.311
Alyusfitri, R., dkk. (2023). Pengembangan E Modul berbasis multimedia interaktif dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk siswa Sekolah Dasar pada materi bangun ruang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 302–312. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1750
Bariroh, Suharini, & Atmaja. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E Book Interkatif Pada Pembelajaran Ipas Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10 (02). https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i2.3246
Boholano, H. B. (2017). Smart social networking: 21st century teaching and learning skills. Research in Pedagogy, 7(1), 21–29. https://doi.org/10.17810/2015.45
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.
Efendi, A., & Nugraha, Y. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Elektronik Matematika Berbasis Discovery Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 9(1), 50–61.
Hidayati, N., & Lestari, R. (2020). Pemanfaatan Media Interaktif dalam Pembelajaran Tematik SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 130–138.
Karisma, Yuniawatika, & Ahdhianto. (2023). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. (Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, 11 (2): 265 - 276
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikmen.
Panjaitan, A., & Karo Karo, D. (2023). Pengembangan E Modul interaktif berbasis LiveWorksheet pada Tema 8 Subtema 1 kelas IV SDN 105354 Purwodadi T.A. 2022/2023. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 23570–23585. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10360
Putri, A. D., & Marlina, L. (2021). Penggunaan E-Modul Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(1), 47–56.
Putri, D. A., Desyandri, F. A., & Adnan, F. (2023). The development of E Module based on Discovery Learning in Theme 5 at Grade IV Elementary School. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 14(2), 3383. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v14i2.3383
Qomalasari, I., Karlimah, & Respati, D. A. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Materi Bilangan Pecahan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(1), 25–34.
Rosnawati, D. (2019). Pengembangan E-Modul dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 115–122.
Sani, R. A. (2015). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sonia, N., Kesumawati, N., & Sulmilasari, N. (2021). Pengembangan E Modul berbasis Discovery Learning pada pembelajaran tematik Tema 6 Subtema 1 Hewan di sekitar KU SD Kelas II. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 11(4), 29154. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v11i4.29154
Saputra, H., & Fitriyani, A. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 51(1), 22–29.
Sari, D. P., Chrisyarani, D., & Kumala, A. (2024). Pengembangan E-Modul Tematik Berbasis 4C untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 10(2), 88–96.
Sholeh, M., dkk. (2022). Pengembangan E Modul interaktif dengan model PJBL pada pelajaran Bahasa Indonesia bertemakan keragaman Nusantara untuk peserta didik kelas V. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 7(2), 16265. https://doi.org/10.26618/jrpd.v7i2.16265
Slavin, R. E. (2020). Educational Psychology: Theory and Practice (12th ed.). Boston: Pearson Education.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilawati, W. O., Hader, A. E., & Friska, S. Y. (2022). Pengembangan E Modul mata pelajaran Pendidikan Pancasila berbasis model Discovery Learning kelas IV SDN 02 Tiumang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 16149. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.16149
Susianti, L. (2023). Pengembangan E modul berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi keberagaman budaya masyarakat untuk meningkatkan hasil belajar di kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.17509/jik.v21i4.75397
Yuliani, K., & Damayanti, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 33–45
Refbacks
- There are currently no refbacks.