Penggunaan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Mandiri Siswa pada Materi Indonesia Kaya Budaya Kelas IVB di SD Negeri 1 Talagening
Abstract
This study was motivated by the low level of conceptual understanding and independent attitudes among fourth-grade students. The aim of this study was to improve students' conceptual understanding and independent attitudes through the application of the Discovery Learning model. This study used Classroom Action Research (CAR) conducted in two cycles, consisting of planning, implementation, observation, and reflection stages. Data collection techniques included observation, tests, questionnaires, and documentation, which were then analyzed qualitatively and quantitatively. The results showed an increase in the average concept understanding score from 52.88 to 78.39. Independent attitudes also improved across all indicators: learning motivation increased from 56.71% to 91%, self-confidence from 40.47% to 73.80%, active learning from 48.57% to 81.90%, discipline from 49.52% to 83.80%, and responsibility from 48.57% to 80.47%. The findings of this study indicate that the use of the Discovery Learning model can enhance students' independent attitudes and help them understand learning concepts more deeply.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep dan sikap mandiri siswa kelas IV. Upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep dan sikap mandiri siswa melalui penerapan model Discovery Learning menjadi tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, angket, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil menunjukkan peningkatan rata-rata nilai pemahaman konsep dari 52,88 menjadi 78,39. Sikap mandiri juga meningkat pada setiap indikator motivasi belajar dari 56,71% menjadi 91%, percaya diri dari 40,47% menjadi 73,80%, aktif belajar dari 48,57% menjadi 81,90%, disiplin dari 49,52% menjadi 83,80%, dan tanggung jawab dari 48,57% menjadi 80,47%. Temuan penelitian ini menunjukkan penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan sikap mandiri siswa dan dapat membantu siswa memahami konsep pembelajaran lebih mendalam.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ananda, P. D., Haryanto, & Atmojo, S. E. (2022). The Impact of the Discovery Learning Model on Problem-Solving Ability and Scientific Attitude of Elementary School Teacher Education Students. International Journal of Elementary Education, 6(2), 259–267. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i2.47684
Andriani, A., & Muntohar, M. (2022). Problematika Perkembangan Peserta Didik. CV. Pena Persada.
Ardyan, E., Boari, Y., Akhmad, A., Yuliyani, L., Hildawati, H., Suarni, A., Anurogo, D., Ifadah, E., & Judijanto, L. (2023). Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif: Pendekatan metode kualitatif dan kuantitatif di berbagai bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Arrahmah, J., Kusuma, Y. Y., & Fadhilaturrahmi, F. (2024). Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(2), 1105–1117. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.919
Badarudin, B., Muslim, A., Sadeli, E. H., & Nugroho, A. D. (2022). Model Problem Based Learning Berbasis Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas Iv Mi Muhammadiyah Kramat Kembaran. Khazanah Pendidikan, 16(1), 154. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i1.13359
Fernandiana, V., Midiyanto, F., Hunaifi, A. A., Guru, P., Dasar, S., Nusantara, U., & Kediri, P. (2022). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran untuk Siswa SD Kelas IV pada Materi Pecahan. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2, 255–260. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/3027
Holifah, L., & Sanoto, H. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Pemahaman Konsep IPAS melalui Model Discovery-Based Learning berbantu Alat Peraga Erupsi Gunung Berapi di Kelas V: Penelitian Tindakan Kelas. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 348–363.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Kemendikbud. (2022). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) SD-SMA. In Merdeka Mengajar. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/ilmu-pengetahuan-alam-dan-sosial-ipas/
Lestari Harahap, P. A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V UPTD SD Negeri 04 Asam Jawa Kecamatan Torgamba. 15(1), 37–48.
Ni Kadek Sinta Ulandari, Ni Wayan Sri Darmayanti, & I Ketut Dedi Agung Susanto Putra. (2024). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran IPA Kelas V SD N 1 Bebalang. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 2(3), 117–126. https://doi.org/10.55606/lencana.v2i3.3707
Rizkianida, R., Wuryandini, E., Suneki, S., & Tunjungsari, D. R. (2023). Penerapan model project based learning pada kurikulum merdeka dalam meningkatkan pemahaman konsep IPAS pada siswa kelas IV SD Negeri Pandeanlamper 1. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1450–1456.
Sundari, S., & Fauziati, E. (2021). Implikasi Teori Belajar Bruner dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 128–136. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1206
Susanti, N. K. E., Asrin, A., & Khair, B. N. (2021). Analisis tingkat pemahaman konsep ipa siswa kelas v sdn gugus v kecamatan cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 686–690.
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Syah, N. A., Ramlawati, & Saleh, S. (2023). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 54–61.
Syarif, E., Syamsunardi, S., & Saputro, A. (2020). Implementation of Discovery Learning to Improve Scientific and Cognitive Attitude of Students. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(1), 23–31. https://doi.org/10.26858/est.v6i1.11975
Refbacks
- There are currently no refbacks.