Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran AR Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Materi Efek Rumah Kaca Siswa Kelas 4 SD

Aprillia Dewi Riyanti, Rokhmaniyah Rokhmaniyah

Abstract

The limitations of conventional media in delivering greenhouse effect material hinder the development of creative thinking skills among elementary school students. This study aims to analyze the need for Augmented Reality (AR) learning media to enhance the creative thinking skills of 4th-grade students. A systematic literature review method was employed by analyzing three key journals that met the criteria of validity and relevance. The findings indicate that AR media can concretely and interactively visualize abstract concepts, increase learning motivation, and support the development of students' creative ideas. However, challenges were identified, including limited access to devices, teachers' readiness, and the complexity of developing content suitable for children's characteristics. In conclusion, effective AR media development requires accurate needs analysis, teacher training, and collaboration between developers, educators, and educational institutions.

 

Keterbatasan media konvensional dalam menyampaikan materi efek rumah kaca menghambat pengembangan keterampilan berpikir kreatif siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran Augmented Reality (AR) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas 4 SD. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review melalui analisis tiga jurnal utama yang memenuhi kriteria validitas dan relevansi. Hasil menunjukkan bahwa media AR mampu memvisualisasikan konsep abstrak secara konkret dan interaktif, meningkatkan motivasi belajar, dan memfasilitasi pengembangan ide-ide kreatif siswa. Namun, ditemukan tantangan berupa keterbatasan perangkat, kesiapan guru, serta kompleksitas pengembangan konten sesuai karakteristik anak. Kesimpulannya, pengembangan media AR yang efektif membutuhkan analisis kebutuhan yang tepat, pelatihan guru, serta kolaborasi antara pengembang, pendidik, dan institusi pendidikan.

 

Keywords

Augmented Reality; efek rumah kaca; siswa sekolah dasar; berpikir kreatif; pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

References

Ali, Z. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika SMA Augmented Reality Video Berbasis Android pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 11(1), 37-46. https://doi.org/10.20961/jmpf.v11i1.47826

Dimas Afif Kurniawan, “Penggunaan Media Belajar Monopoli Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa,” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 3, Nomor. 1, Juni 2020, hlm. 10-15

Ditha. (2022). Pengembangan Modul IPA Berbantuan Augmented Reality Pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi (Skripsi). Universitas Pendidikan Ganesha.

Eurostat, & UNESCO Institute for Statistics. (2015). ISCED 2011 Operational Manual Guidelines for Classifying National Education Programmes and Related Qualifications: Guidelines for Classifying National Education Programmes and Related Qualifications. OECD publishing.

Firmansyah, F., & Prasada, E. A. (2023). Penyuluhan Implementasi Program Sekolah Penggerak Berdasarkan SK Kemendikbud Nomor 162 Tahun 2021 di SD Negeri 13 Rantau Alai. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 12-22.

Jones, J., & Smith, H. A. (2022). A comparative study of formal coaching and mentoring programmes in higher education. International Journal of Mentoring and Coaching in Education, 11(2), 213-231.

Kitchenham, B. (2004). Procedures for performing systematic reviews. Keele University Technical Report TR/SE-0401.

Masruroh, H., Hadi, W. P., Ahied, M., Tamam, B., & Sutarja, M. C. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Natural Science Educational Research, 6(3), 56–63.

Muhammad Arif Afandi, “Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” AL IBTIDA’: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 10, Nomor. 2 (2022), hlm. 14-28.

Rahmadhani, N. K., & Helsa, Y. (2025). PEMANFAATAN MEDIA AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 15(1), 71-80. https://doi.org/10.99534/qbd9fh22

Ramadhanti, D. (2022). Pengembangan Modul Ipa Berbantuan Augmented Reality Pada Materi Getaran, Gelombang Dan Bunyi (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha). http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10198

Rofi’i, A., Saputra, D. S., Yonanda, D. A., & Febriyanto, B. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(1), 344–350.

Rohayu, R., Putra, D. A., & Afiani, K. D. A. (2021). Analisis penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 30–46.

Rudy Sumiharsono dan Hisbiyatul Hasanah, Media pembelajaran: buku bacaan wajib dosen, guru dan calon pendidik (Pustaka Abadi, 2017), hlm. 11.

Simaremare, A., Promono, N. A., Putri, D. S., Mallisa, F. P. P., Nabila, S., & Zahra, F. (2022). Pengembangan Game Edukasi Fisika Berbasis Augmented Reality pada Materi Kinematika untuk Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 203. https://doi.org/10.20527/jipf.v6i1.4893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.