Penerapan Teknologi Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran Interaktif Mengenal Alam dan Lingkungan Sekitar
Abstract
Augmented Reality (AR) has great potential in revolutionizing conventional learning methods, especially in introducing nature and the surrounding environment in a more interactive and immersive way to students. This study aims to examine the application of AR technology in learning to increase interactivity and immersive experiences for students in understanding nature and the surrounding environment. The literature review method is used in this study to collect, analyze, and process relevant data or information from various scientific sources related to the application of AR technology in the context of interactive learning about nature and the environment. Based on various study sources, the application of AR in learning shows that this technology has the potential to increase motivation and strengthen students' understanding, especially regarding nature and environmental issues. AR can also stimulate students' critical thinking skills towards a problem, making AR a more effective medium for a deeper learning experience. Thus, the application of AR technology provides an innovative solution to introduce students to nature and the surrounding environment in a creative and interactive way.
Augmented Reality (AR) memiliki potensi besar dalam merevolusi metode pembelajaran konvensional, khususnya dalam memperkenalkan alam dan lingkungan sekitar secara lebih interaktif dan imersif kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan teknologi AR dalam pembelajaran dapat meningkatkan interaktivitas dan pengalaman imersif peserta didik dalam memahami alam dan lingkungan sekitar. Metode kajian pustaka digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan, menganalisis, dan mengolah data atau informasi relevan dari berbagai sumber ilmiah terkait penerapan teknologi AR dalam konteks pembelajaran interaktif mengenai alam dan lingkungan. Berdasarkan berbagai sumber kajian, penerapan AR dalam pembelajaran menunjukkan bahwa teknologi ini berpotensi mampu meningkatkan motivasi dan memperkuat pemahaman peserta didik, khususnya terkait isu alam dan lingkungan. AR juga dapat merangsang kemampuan berpikir kritis peserta didik terhadap suatu masalah sehingga memungkinkan AR sebagai media yang lebih efektif untuk pengalaman belajar yang lebih mendalam. Dengan demikian, penerapan teknologi AR memberikan solusi inovatif untuk memperkenalkan peserta didik pada alam dan lingkungan sekitar mereka dengan cara yang kreatif dan interaktif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditama, P. W., I Nyoman Widhi Adnyana, Kadek Ayu Ariningsih. (2019). AUGMENTED REALITY DALAM MULTIMEDIA PEMBELAJARAN. Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA). Vol. 2.
Alfitriani, N., Wisheila Ayunisa Maula, & Angga Hadiapurwa. (2021). Penggunaan Media Augmented Reality dalam Pembelajaran Mengenal Bentuk Rupa Bumi. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 38, No. 1.
Azuma, R. T. (1997). A Survey of Augmented Reality. Teleoperators and Virtual Environments.
Bahar, Y., N. (2014). Aplikasi Teknologi Virtual Realty Bagi Pelestarian Bangunan Arsitektur. Jurnal Desain Konstruksi. Vol. 13, No. 2.
Burhanudin, A. (2017). Pengembangan media pembelajaran augmented reality pada mata pelajaran dasar elektronika di smk hamong puterasi 2 pakem. Pendidikan Teknik mekatronika.
Dhiyatmika, I. D., Putra, I., & Mandenni, N. (2015). Aplikasi augmented reality magic book pengenalan binatang untuk siswa TK. Jurnal ilmiah teknologi informasi.
Dunleavy, M., & Chris, D. (2014). Augmented reality teaching and learning. IEEE.
Hamdani, R., & Sumbawati, M. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA KULIAH SISTEM DIGITAL DI JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA UNESA. JURNAL IT-EDU. Vol. 04, No. 52.
Indrawan, I. W., Saputra, K., & Linawati. (2021). Augmented reality sebagai media pembelajaran interaktif dalam pandemi covid-19. Majalah ilmiah teknologi elektro.
Juliane, C. (2017). Digital Teaching Learning For Digital Native; Tantangan dan Peluang. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi.
Lahallo, C. a., Wiranatha, A., & Sasmita, I. (2016). Media pembelajaran molymod senyawa hidrokarbon teknologi augmented reality berbasis android. Jurnal imiah merpati.
Lin, C.-Y., Chen, C.-J., Liu, Y.-H., Chai, H.-C., Lin, C.-W., & Huang, Y.-M. (2015). Integrating motion-capture Augmented Reality technology as an interactive program for choldren. International conference on universal access in human computer interaction.
Mariyati, D., Cholifah, P. S., & Sukamti, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan. Vol 1, No. 12.
Mauludin, R., Sukamto, A., & Muhardi, H. (2017). Penerapan agumented reality sebagai media pembelajaran sistem pencernaan pada manusia dalam mata pelajaran biologi. Jurnal edukasi & penelitian informatika.
Munir. (2013). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan augmented reality sebagai media pembelajaran. Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan.
Ningsih, M. (2015). Pengaruh media pembelajaran augmented reality terhadap hasil belajar siswa pada konsep gelombang.
Nistrina, K. (2021). PENERAPAN AUGMENTED REALITY DALAM MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal Sistem Informasi. Vol. 03, No. 01.
Salsabila, B., dkk. (2023). Pemanfaatan Augmented Reality (AR) sebagai Media Pembelajaran Kelas VII SMPN 1 Rambah. Journal on Education. Vol. 06, No. 01.
Setyawan, B., Rufi'i, & Fatirul, A. (2019). Augmented reality dalam pembelajaran ipa bagi siswa SD. Jurnal teknologi Pendidikan.
Rizal, S., & Yermiandhoko, Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Jaring-Jaring Kubus dan Balok Berbasis Augmented Reality Pada Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 6, No. 6.
Spector J, M., Merrill M, D., Elen, J., & Bishop M.J. (2014). Handbook of research on educational commincations and technology fourth edition. New york: Springer New York.
Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metodeologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sukirman. (2017). Peningkatan Atmosfer Belajar Siswa Generasi Digital Native Melalui Pembelajaran Berbasis Game. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan Dan Menggembirakan.
Suparlan, Henricus (2015). Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dan Sumbangannya Bagi Pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat. Vol. 25, No. 1.
Widiarsa. (2019). KAJIAN PUSTAKA (LITERATURE REVIEW) SEBAGAI LAYANAN INTIM PUSTAKAWAN BERDASARKAN KEPAKARAN DAN MINAT PEMUSTAKA. Media Informasi. Vol. 28, No. 1.
Yani, S., & Siwi, M. (2020). Analisis Penggunaan Media Sosial Dan Sumber Belajar Digital Dalam Pembelajaran Bagi Siswa Digital Native Di SMAN 2 Painan. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 13, No. 1.
Refbacks
- There are currently no refbacks.



