Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cerita Tentang Daerahku Di Kelas IV SD Negeri 1 Purbalingga Wetan

Ani Mutiah, Badarudin Badarudin

Abstract

This research departs from the achievement of student learning outcomes, focusing on efforts to improve them through the application of the PBL learning model in thematic learning on the material “Stories About My Region”. This research is categorized as Classroom Action Research (PTK), with the research subject consisting of 29 fourth grade students of SD Negeri 1 Purbalingga Wetan. The research procedure was carried out in two cycles, each of which consisted of two meetings. The data collection techniques used were direct observation, documentation of activities, interviews, and evaluation tests. The results showed that there was a significant increase in the completeness of student learning outcomes, from 56.59 in cycle I to 81.03 in cycle II. The findings of this study show that the Problem Based Learning model is proven to improve student learning outcomes on the material “Stories About My Region” in class IV SDN 1 Purbalingga Wetan.

 

Penelitian ini berangkat dari pencapaian hasil belajar siswa, dengan memfokuskan pada upaya peningkatannya melalui penerapan model pembelajaran PBL dalam pembelajaran tematik pada materi “Cerita Tentang Daerahku”. Penelitian ini dikategorikan sebagai Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian terdiri dari 29 siswa kelas IV SD Negeri 1 Purbalingga Wetan. Prosedur penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, dokumentasi kegiatan, wawancara, dan tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pada nilai ketuntasan hasil belajar siswa, yaitu dari 56,59 pada siklus I menjadi 81,03 pada siklus II. Temuan penelitian ini menunjukan model Problem Based Learning terbukti untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi “Cerita Tentang Daerahku” di kelas IV SDN 1 Purbalingga Wetan.

 

Keywords

Model Pembelajaran, Hasil Belajar, Problem Based Learning (PBL)

Full Text:

PDF

References

Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep Setiawan. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993

Badarudin, B., Muslim, A., Sadeli, E. H., & Nugroho, A. D. (2022). Model Problem Based Learning Berbasis Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas Iv Mi Muhammadiyah Kramat Kembaran. Khazanah Pendidikan, 16(1), 154. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i1.13359

Damayanti, Z. F., & Badarudin, B. (2024). Peningkatan Prestasi Belajar dan Sikap Kemandirian Siswa melalui Model Problem Based Learning pada Materi Operasi Hitung Perkalian Pecahan di Kelas V SD Negeri 3 Purbalingga Lor. Fondatia, 8(1), 98–108. https://doi.org/10.36088/fondatia.v8i1.4563

Dhey, K. A., Ndek, F. S., Tini, F. A., & ... (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Pada Pembelajaran IPAS Di Kelas IV. Jurnal Ilmiah …, 2023. https://permatamandalika.com/index.php/MADU/article/view/133

Didi Syahrir, Yeni Erita, Feby KURNIAWAN, & Vany Qhairum Nisa UTAMI. (2023). Improving IPS Learning Outcomes for Elementary School Students in Each Class Using the Problem Based Learning Model. Radinka Journal of Science and Systematic Literature Review, 1(1), 14–22. https://doi.org/10.56778/rjslr.v1i1.87

Erita, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran. Economica, 6(1), 72–86. https://doi.org/10.22202/economica.2017.v6.i1.1941

Irwan, V., & Mansurdin. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2097–2107.

Kusuma, Y. Y. (2021). Peningkatan Hasil Belajar SIswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1460–1467. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.753

Mujab, S., Rosa, A. T. R., & Gumelar, W. S. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus SMK Al Huda Kedungwungu Indramayu). Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5, 1538–1545.

Muna, F., Saputra, H. J., & Baktiningsih, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Jeketro. Prosiding Seminar Nasional, 1(1), 659–667.

Nisa, H., Setiawan, D., & Waluyo, E. (2023). Bagaimana model problem based-learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar? Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 70–75. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i2.145

Pahleviannur, R. S. M. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. In Pradina Pustaka.

Rahmawati, D. Y., Wening, A. P., Sukadari, S., & Rizbudiani, A. D. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPAS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2873–2879. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5766

Septiana, A. N. I. M. A. W. (2023). Analisis Kritis Materi Ips Dalam Pembelajaran Ipas Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 43–54. file:///C:/Users/hp/Downloads/3479-7788-1-PB (2).pdf

Suroto, S. (2024). Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v4i1.3067

Yuliasari, I. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Sd. Buletin Ilmiah Pendidikan, 2(2), 171–178. https://doi.org/10.56916/bip.v2i2.514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.