Penggunaan Audio Visual Microlearning dalam Pembelajaran Pidato pada Siswa Kelas X SMAN 1 Galis

Ahmad Iqbal Maulidi, Mochamad Arifin Alatas, Kristanti Ayuanita

Abstract

Speech learning refers to the process of developing the ability to speak confidently and effectively in public by delivering a clear oral explanation of a topic or issue within a set timeframe before an audience. The purpose of this research is to explore how Audio-Visual Microlearning can be implemented in speech instruction for tenth-grade students at SMAN 1 Galis. This study adopts a qualitative descriptive method, gathering data through interviews with both Indonesian language teachers and students. The findings reveal that Audio-Visual Microlearning significantly enhances students’ comprehension of speech material by presenting it in short, engaging, and well-structured formats such as brief videos, animations, and visual infographics. This approach has been shown to strengthen students’ ability to organize speech content, improve articulation and pronunciation, and build greater self-confidence when speaking. Moreover, the method promotes flexible and independent learning by engaging multiple senses and encouraging active participation. Teachers are also able to provide more targeted and effective feedback using audiovisual recordings and structured evaluations. In summary, Audio-Visual Microlearning serves as a highly effective strategy for improving students’ public speaking skills while fostering a more interactive, dynamic, and learner-centered classroom environment. 

Abstrak

Pembelajaran pidato adalah proses belajar untuk berbicara di depan umum dengan efektif dengan pengajuan penjelasan lisan tentang sesuatu (masalah) di mana pernyataan yang jelas diungkapkan pada waktu tertentu sebelum massa atau banyak orang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Audio Visual Microlearning dalam pembelajaran pidato pada siswa kelas X SMAN 1 Galis. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara terhadap guru Bahasa Indonesia dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Audio Visual Microlearning membantu siswa dalam memahami materi pidato secara lebih mudah melalui penyajian yang singkat, menarik, dan terfokus, seperti video pendek, animasi, dan infografis. Pendekatan ini terbukti meningkatkan kemampuan menyusun struktur pidato, pelafalan, serta kepercayaan diri siswa. Selain itu, model ini memungkinkan pembelajaran yang fleksibel dan mandiri, dengan keterlibatan multisensori dan partisipasi aktif siswa. Guru juga dapat memberikan umpan balik secara efektif melalui rekaman dan evaluasi audio visual. Dapat disimpulkan bahwa Audio Visual Microlearning merupakan strategi pembelajaran yang efektif dalam mengembangkan keterampilan berpidato siswa dan menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan berpusat pada peserta didik.

Keywords

Audio Visual Microlearning, pembelajaran pidato, media digital, pembelajaran multisensori

Full Text:

PDF

References

Alatas, M. A., Ahmadi, A., & Yohanes, B. (2025). Critical Reasoning of Students in Learning : Paragraph Analysis of Response Texts Using the Toulmin Model. Ghuru: International Journal of Teacher Education, 1(2), 80–91.

Alatas, M. A., Purnomo, A., Putikadyanto, A., & Nur, A. (2025). Transformasi Edu Literasi melalui Novel Anak : Integrasi SDGs dan Pembentukan Pola Pikir Sistemik dalam Pendidikan Guru. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 813. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19118

Alatas, M. A., Romadhon, S., & Rachmayanti, I. (2024). Penggunaan Chat GPT dalam Pembelajaran Bahasa: Perspektif Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Madura. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Shes, 7(3), 1–23.

Dr. Tri Wiratno, M.A. Drs. Riyadi Santosa, M.Ed., Ph.D. Bahasa, Fungsi Bahasa, dan Konteks Sosial. Hal 1.3

Dr. Yeti Mulyati, M.Pd. Hakikat Keterampilan Berbahasa. Hlm 1,4

Firnanda, A., Alatas, M. A., & Putikadyanto, A. P. A. (2025). EcoEduLitera SDGs: Pendidikan Lingkungan dalam Karya Sastra Cerita Rakyat Madura Ki Ageng Tarub. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 87. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19137

Hamdani, S., & Alatas, M. A. (2025). Istawarta : Inovasi Media Pembelajaran Keterampilan Membaca Abad 21 dalam Mendukung SDGs. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 921. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19196

Luh Gede Lorenza Putri Wijayanti. Meningkatkan Kemampuan Menelaah Struktur Dan Kebahasaan Teks Pidato Persuasifsiswa Kelas Ix Bsekolah Menengah Pertama Negeri 4 Marga. Hlm 2

Mulyatiningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Najmah, et.al. (2023) Analisis Tematik Pada Pendekatan Kualitatif. Jakarta: Salemba medika, 2023. Hal 16.

Rachmayanti, I., & Alatas, M. A. (2023). Pemanfaatan AI sebagai Media Pembelajaran Digital dalam Foreign Language Development Program (FLDP) IAIN Madura. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, (November), 214–226. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11752

Rachmayanti, I., & Alatas, M. A. (2025). Transformasi Media Lensatara : Google Lens dalam Pembelajaran Bagi Mahasiswa. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19114

Rahmatullah. Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Hl 3

Rohmatun, S., Arifin, M. A., & Susanti, A. I. (2025). Edugamifikasi: Transformasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Keterampilan Berbahasa. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, (1), 349. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19124

Suprayogi Suprayogi. Pengembangan Keterampilan Menulis Siswa SMAN 1 Semaka Melalui Web Sekolah. Madaniya, Vol. 2, No. 3, Agustus 2021. Hal 5

Yuliani wiwin. Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektifbimbingan Dan Konseling. Vol. 2, No. 2, May 2018. Hal 1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.