Penerapan Model PjBL (Project Based Learning) Berbantuan PowerPoint Interaktif untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Kelas IV

Atika Dwi Nursanti, Agung Nugroho, Ratih Febrianti

Abstract

Pendidikan yang terus berkembang melalui kurikulum Merdeka mendorong penerapan model pembelajaran inovatif seperti Project Based Learning (PjBL) berbantuan PowerPoint interaktif untuk meningkatkan kreativitas peserta didik kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah, meningkatkan kreativitas serta mendeskripsikan dampak pengiring penerapan model PjBL berbantuan PowerPoint interaktif untuk meningkatkan kreativitas peserta didik. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus, melibatkan observasi, wawancara, dan tes kreativitas peserta didik di SD Negeri 1 Sokanegara. Hasil menampakan terdapat peningkatan signifikan dari siklus pertama ke siklus ketiga pada aspek-aspek fleksibilitas, kelancaran, keaslian, dan elaborasi kreativitas (rata‑rata meningkat dari 77,08 % menjadi 86,55 %), serta peningkatan kreativitas peserta didik. Maka, kesimpulannya penerapan model PjBL berbasis PowerPoint interaktif terbukti efektif meningkatkan kreativitas peserta didik kelas IV.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.