Implementasi Model Team Games Tournament (TGT) dengan PowerPoint Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Rendahnya keterampilan kolaborasi yang ditunjukkan oleh peserta didik di sekolah dasar mengindikasikan perlunya upaya peningkatan yang sistematis melalui model pembelajaran yang tepat agar keterampilan kolaborasi sebagai salah satu pilar utama dalam pembelajaran abad ke-21 dapat berkembang secara optimal. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah implementasi model Team Games Tournament (TGT) dengan PowerPoint interaktif dan meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik. Kegiatan penelitian berlangsung dalam tiga siklus dengan subjek penelitian peserta didik kelas VA SDN 1 Sokanegara. Data diperoleh secara kualitatif melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data mengikuti tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam aspek keterampilan kolaborasi peserta didik dari 68,75% pada prasiklus menjadi 82,29% pada siklus I, 89,58% pada siklus II, dan mencapai 94,79% pada siklus III. Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model TGT dengan PowerPoint interaktif secara efektif dapat mendorong peningkatan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas VA di SDN 1 Sokanegara.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.