Langkah Kecil, Harapan Besar: Afirmasi Positif untuk Self-Esteem Remaja Residivis di LPKA Kelas II Payakumbuh
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian afirmasi positif terhadap self-esteem pada remaja residivis di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Payakumbuh. Pendekatan yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel terdiri dari empat remaja laki-laki berstatus residivis yang dibagi ke dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Afirmasi positif diberikan kepada kelompok eksperimen selama 18 hari. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan signifikan pada skor self-esteem kelompok eksperimen, yang dibuktikan melalui perbedaan gain score dan uji Mann-Whitney. Temuan ini mendukung teori self-affirmation, yang menyatakan bahwa afirmasi diri dapat meningkatkan integritas dan persepsi diri positif. Afirmasi positif terbukti efektif dengan nilai alpha 0,05 sebagai metode intervensi untuk meningkatkan self-esteem dan direkomendasikan untuk diterapkan dalam program pembinaan psikologis di LPKA.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.