Efektivitas Model PBL Berbantuan Media STEM Lidi pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Negeri Pasucen 02

Diah Fatma Sari, Yuni Ratnasari, Eka Zuliana

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada mata Pelajaran Matematika di SD Negeri Pasucen 02 masih perlu ditingkatkan untuk mendukung pemecahan masalah secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media STEM Lidi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one group pretest-posttest, melibatkan 27 siswa kelas V, dengan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes uraian. Hasil penelitian menunjukkan data terdistribusi normal, nilai uji t sebesar 0,000 < 0,05 (Ha diterima), dan n-gain sebesar 0,53 (kategori sedang), mengindikasikan peningkatan kemampuan berpikir kritis sebesar 53,09%. Dengan demikian, model Problem Based Learning berbantuan media STEM Lidi terbukti berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V.

Keywords

Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Media STEM Lidi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.