Is It Making the Grade? A Review of Cambridge Global English 4 for Primary Learners

Metria Dicky Putra, Andi Cahyuni Candrawati, Tuti Alawia Rumadan, Lusi Nurhayati

Abstract

Buku ajar bahasa Inggris memiliki peran penting dalam mendukung pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan tuntutan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Cambridge Global English 4 Learner’s Book berdasarkan kriteria evaluasi buku ajar dari Cunningsworth (1995). Penelitian ini menggunakan metode analisis dokumen dengan mengacu pada delapan aspek evaluasi, termasuk tujuan dan pendekatan, desain, isi linguistik, keterampilan berbahasa, topik, metodologi, buku guru, serta kesesuaian kurikulum. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa buku ini mengadopsi pendekatan komunikatif berbasis kompetensi dengan integrasi keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam konteks tematik yang relevan. Buku ini dirancang secara menarik, mengusung nilai global, dan mendorong berpikir kritis serta kreativitas, namun masih kurang dalam representasi budaya lokal dan pendalaman aspek kosakata.Secara keseluruhan, Cambridge Global English 4 merupakan sumber pembelajaran yang komprehensif dan selaras dengan prinsip Kurikulum Merdeka untuk digunakan di sekolah dasar Indonesia.

Keywords

Cambridge Global English, evaluasi buku ajar, Kurikulum Merdeka.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.