Pengaruh Antarmuka Pengguna, Pengalaman Pengguna, dan Fitur Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Shopee pada Gen Z di Kota Samarinda
Abstract
Kepuasan pengguna menjadi perhatian penting bagi Shopee untuk terus bertahan dalam persaingan industri. Namun, masalah kepuasan pengguna yang tidak selalu terpenuhi, terutama terkait kualitas UI, UX, dan fitur layanan yang disediakan oleh Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh user interface (UI), user experience (UX), dan fitur layanan terhadap kepuasan pengguna aplikasi Shopee pada Gen Z di Kota Samarinda. Metode yang digunakan yaitu purposive sampling untuk mendapatkan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang merupakan Gen Z di Kota Samarinda dengan usia 18 hingga 30 tahun sebagai pengguna aktif Shopee. Temuan penelitian menunjukkan user experience (UX) dan fitur layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna, namun, user interface (UI) tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna. Secara simultan, ketiga variabel menunjukkan pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan bagi Shopee dalam meningkatkan strategi pengembangan aplikasi dengan fokus pada peningkatan kualitas UX dan penyempurnaan fitur layanan.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.