Implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila tema kewirausahaan di sekolah dasar
Abstract
Keywords
References
[1] A. T. Hasibuan and A. Prastowo, “Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia SD/MI,” MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 10(1), pp. 26-50, Jun. 2019, doi: 10.31942/mgs.v10i1.2714.
[2] N. Bastrian, S. Marmoah, and F. P. Adi, “Kendala implementasi P5 dengan tema bhinneka tunggal ika di sekolah dasar,” DDI (Didaktika Dwija Indria), 12(1), pp. 14-19, 2024.
[3] M. Mery, M. Martono, S. Halidjah, and A. Hartoyo, “Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila,” Jurnal Basicedu, 6(5), pp. 7840–7849, Jun. 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i5.3617.
[4] S. Asiati and U. Hasanah, “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Penggerak,” Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), pp. 61–72, Dec. 2022, doi: 10.54124/jlmp.v19i2.78.
[5] A. A. Hanwita and B. H. C. Khosiyono, “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas IV SD,” Prosiding Dewantara Seminar Nasional Pendidikan, 2(01), pp. 1-7, 2023.
[6] N. Q. E. Pratiwi, U. Nugraha, and A. Widowati, “Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan pada Kurikulum Merdeka Belajar di Kelas V Sekolah Dasar,” JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), pp. 4719-4727, 2024. [Online]. Available: http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
[7] Ardiansyah, Risnita, and M. S. Jailani, “Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif,” IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), pp. 1-9, 2023. [Online]. Available: http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan
[8] R. S. N. Hidayat, S. Istiyati, and I. R. W. Atmojo, “Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila di sekolah dasar,” DDI (Didakdika Dwija Indria), 12(1), pp. 1-7, 2024.
[9] D. Assyakurrohim, D. Ikhram, R. A. Sirodj, and M. W. Afgani, “Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif,” Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(01), pp. 1–9, Dec. 2022, doi: 10.47709/jpsk.v3i01.1951.
[10] A. F. Rozi, “Analisis Strategi Pemasaran pada Djawa Batik Solo,” In Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(2), pp. 173-186, 2017.
[11] Kemendikbud Ristek, “Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila,” 2022.
[12] H. Jani, “Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Membentuk Budaya Sekolah untuk Penerapan Kurikulum Merdeka,” In Jurnal Bisnis dan Komunikasi, 10(1), pp. 28-44, 2023.
[13] Y. Yuntawati and I. W. Suastra, “Projek P5 sebagai Penerapan Diferensiasi Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka: Literature Review Studi Kasus Implementasi P5 di Sekolah,” Empiricism Journal, 4(2), pp. 515–525, Dec. 2023, doi: 10.36312/ej.v4i2.1651.
[14] R. Indahsari and A. Nugroho, “Implementation of the Independent Curriculum At Al-Azhar Islamic Elementary School 16 Cilacap,” 1st International Conference on Child Education, 1(1), pp. 337-347, 2023.
[15] P. D. Pravitasari, H. Mahfud, and Supianto, “Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) di sekolah dasar,” DDI (Didaktika Dwija Indria), 11(2), pp. 1-6, 2023.
[16] J. Jumrawarsi, S. O. Wati, and F. Fitria, “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Tema Gaya Hidup Berkelanjutan di Sekolah Penggerak SDN 01 Sarilamak,” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(3), pp. 1031-1042, 2023.
[17] M. W. R. Indrianti, V. Rulviana, and S. Budyartati, “Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila dalam penanaman nilai karakter siswa kelas IV SDN 4 Kedung Banteng Kabupaten Ponorogo,” Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, pp. 1177-1189, 2023, [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
[18] N. Rachmawati, A. Marini, M. Nafiah, and I. Nurasiah, “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, 6(3), pp. 3613–3625, Mar. 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2714.
[19] N. Adi, S. Sulastri, S. Syahril, and S. Febrianti, “Penyusunan Asesmen Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka bagi Guru Sekolah Dasar,” JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 8(3), pp. 327-333, 2023.
[20] R. Firdaus and R. Diah Utami, “Entrepreneurship in Grade 4 Elementary School Students (Examining the implementation of the Pancasila Student Profile Strengthening Project),” Journal of Research and Educational Research Evaluation Rido Firdaus, 12(1), pp. 76–85, 2023, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere
[21] T. P. Astuti, “Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21,” Proceeding of Biology Education, 3(1), pp. 64–73, Sep. 2019, doi: 10.21009/pbe.3-1.9.
[22] A. Hidayati, I. Ibrahim, D. Asri, I. Imelda, and I. P. Wati, “Implementasi P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Di Mi Ikhlasiyah Palembang,” Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 2(3), pp. 18–34, Mar. 2024, doi: 10.61132/jmpai.v2i3.199.
[23] I. K. Sari, A. Pifianti, and C. Chairunissa, “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Fase A Pada Tema Bhineka Tunggal Ika,” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(2), pp. 138–147, May 2023, doi: 10.24246/j.js.2023.v13.i2.p138-147.
[24] A. Astuti and A. H. Krismawanto, “Pelaksanaan Kegiatan P5 Kurikulum Merdeka di SD Marsudirini Gedangan Semarang,” Lumen: Jurnal Pendidikan Agama Katekese dan Pastoral, 2(1), pp. 126–145, Jun. 2023, doi: 10.55606/lumen.v2i1.151.
[25] K. Anwar, “Urgensi Evaluasi dalam Proses Pembelajaran,” Rausyan Fikr, 17(1), pp. 108-118, 2021.
[26] L. Chamisijatin, Y. Pantiwati, S. Zaenab, and R. F. Aldya, “The implementation of projects for strengthening the profile of Pancasila students in the implementation of the independent learning curriculum,” Journal of Community Service and Empowerment, 4(1), pp. 38–48, Jan. 2023, doi: 10.22219/jcse.v4i1.24679.
[27] S. Ulandari and D. D. Rapita, “Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik,” Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), pp. 116–132, Apr. 2023, doi: 10.21067/jmk.v8i2.8309.
[28] A. Syahputra, “Proyek ‘ABCD’ Sebagai Upaya Penguatan Profil Pelajar Pancasila,” Jurnal Guru Dikmen dan Diksus, 6(1), pp. 48-60, 2023.Refbacks
- There are currently no refbacks.