Profil kemampuan peserta didik kelas v sekolah dasar dalam mengklasifikasi ragam instrumen gamelan Jawa di kota Surakarta
Abstract
Abstract. This research aims to determine the profile of class V students' abilities in classifying various Javanese gamelan musical instruments in the city of Surakarta in 2024. This research uses a quantitative approach with a survey method. The population of this study was fifth grade students of state elementary schools in the city of Surakarta in 2024. The sampling technique used was purposive sampling combined with cluster random sampling. The data collection technique uses multiple choice tests. The validity of this research instrument uses content validity using the Aiken's V formula, while for reliability it uses the Cronbach's Alpha formula. The data analysis technique in this research uses descriptive statistical analysis. This data analysis technique is carried out to find the number, median, mode, standard deviation, minimum and maximum. The results of this research are that the ability of class V students to classify based on how to play and the materials for making Javanese gamelan instruments is in the "low" category with an average score of 69.42 out of a maximum score of 100.
Keywords
References
[1] P. Priyanto, “Exploring Leadership Values in Javanese Gamelan Art,” dalam Proceedings, MDPI, 2023, hlm. 66.
[2] J. D. Sasanadjati, B. Sugito, A. Hidajad, dan S. Yanuartuti, “The E Gamelan Media Sulfegio Dalam Meningkatkan Ketrampilan Praktik: Pembelajaran musik tradisi melalui E Gamelan,” GETER: Jurnal Seni Drama, Tari dan Musik, vol. 6, no. 2, hlm. 46–59, 2023.
[3] I. P. B. S. Kusuma, I. K. Sudirga, dan I. W. D. Putra, “Pembelajaran Gamelan Gong Kebyar Berbasis Metode Inovatif Notasi Dingdong Pada Sekaa Gong Mredhu Kumara,” PENSI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni, vol. 3, no. 2, hlm. 88–98, 2023.
[4] A. Triaji, “Pembuatan Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Alat Musik Gamelan Jawa Berbasis Android,” Jurnal Multi Media dan IT, vol. 5, no. 2, hlm. 15–22, Des 2021, doi: 10.46961/jommit.v5i2.418.
[5] G. Sumantri dan A. F. K. Sari, “Eksplorasi etnomatematika pada Gamelan Jawa sebagai media belajar matematika,” dalam Prosiding Seminar Pendidikan Matematika dan Matematika, 2022.
[6] R. Rachman dan R. Oktavianti, “Pengaruh Kepercayaan Konsumen terhadap Loyalitas Pelanggan dalam Penggunaan Sistem Pembayaran Online (Survei Pengguna Produk UniPin),” Mar 2021. doi: https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.8200.
[7] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatitif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2021.
[8] Y. Withasari, “Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Mengklasifikasi Pada Anak Usia Dini,” 2019.
[9] U. Yampap dan R. R. Bay, “Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar,” Musamus Journal of Primary Education, hlm. 57–64, Okt 2020, doi: 10.35724/musjpe.v3i1.3201.
[10] H. Saputra, “Kemampuan Pemahaman Matematis,” 2022. Diakses: 22 Januari 2024. [Daring]. Tersedia pada: Diambil dari https://www. researchgate. net/publication/363839120_Kemampuan_Pemahaman_Matematis.
[11] I. M. D. Atmaja, “Koneksi indikator pemahaman konsep matematika dan keterampilan metakognisi,” Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, vol. 8, no. 7, hlm. 2048–2056, 2021.
[12] V. Ulandari, S. Saparahayuningsih, dan Yulidesni, “Meningkatkan Kemampuan Mengklasifikasi Melalui Bermain Konstruktif Sifat Padat,” Jurnal Ilmiah Potensia, vol. 3, no. 2, hlm. 127–132, 2018.
[13] R. Ni’mah, “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Banyak Sedikit Pada Anak Usia 3-4 Tahun Dengan Metode Demontrasi,” 2016.
[14] N. Tanjung dan E. S. Marta, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan melalui Bermain Puzzle Jam Anak Usia 4-5 tahun Di PAUD Generasi Bangsa Pekanbaru,” 2019. doi: https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v2i02.2496.
[15] I. Arini dan A. Fajarwati, “Media Bahan Alam Untuk Mengembangkan Kemampuan Klasifikasi Pada Anak Usia Dini,” JIV-Jurnal Ilmiah Visi, vol. 15, no. 2, hlm. 117–126, Des 2020, doi: 10.21009/jiv.1502.3.
[16] H. Mahfud, F. P. Adi, I. R. W. Atmojo, dan R. Ardiansyah, “Penggunaan Model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peraturan Perundangan Tingkat Pusat dan Daerah,” Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 8, no. 2, 2020.
[17] D. N. Rahmawati, R. Rukayah, dan R. Ardiansyah, “Analisis minat baca dan motivasi dalam kemampuan membaca pemahaman literal pada teks cerita narasi pada peserta didik kelas V sekolah dasar,” Didaktika Dwija Indria, vol. 10, no. 2, hlm. 13–18, 2022.
[18] I. Herminingsih, “Peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui metode preview, questions, read, reflect, recite, review (PQ4R) pada peserta didik sekolah dasar di Surakarta.,” Didaktika Dwija Indria, vol. 8, no. 3, 2020.
Refbacks
- There are currently no refbacks.