Analisis resiliensi akademik dan grit pada mahasiswa PGSD
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Qomarudin, A. Sunan, and K. Universitas Yogyakarta, 2021 “Hilangnya Kesadaran Diri Mahasiswa Untuk Kuliah (Konsep Conscientizacao (Kesadaran) Sebagai Tujuan Pendidikan Paulo Freire),” PENSA J. Pendidik. dan Ilmu Sos., 3 (1), 1–13,. [2] M. Saufi, A. N. Budiono, and F. Mutakin, 2022 “Korelasi Self Regulated Learning Dengan Resiliensi Akademik Mahasiswa,” J. ConsulenzaJurnal Bimbing. Konseling dan Psikol., 5 (1), 67–75. [3] A. Shintawati, I. R. W. Atmojo, and R. Ardiansyah, 2023 “Pengaruh kesadaran metakognisi terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa PGSD UNS Surakarta,” Didakt. Dwija Indria, 11 (3), 1–6. [4] N. N. I. P. Wistarini and A. Marheni, 2019 “Peran dukungan sosial keluarga dan efikasi diri terhadap stres akademik mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Udayana angkatan 2018,” J. Psikol. Udayana Ed. Khusus Psikol. Pendidik., 2 (2) 164–173. [5] M. Wahyuningtyas, I. R. W. Atmojo, and R. Ardiansyah, 2023 “Hubungan selfregulated learning dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa PGSD UNS,” Didakt. Dwija Indria,11 (6), 36–42. [6] M. H. Hanifah, I. R. W. Atmojo, and R. Ardiansyah, 2023 “Analisis self-regulated learning (srl) berdasarkan perspektif filsafat stoikisme pada mahasiswa PGSD surakarta tahun pertama yang aktif berorganisasi,” Didakt. Dwija Indria, 11 (6), 49–54. [7] A. Duckworth, 2016, Grit : The Power of Passion and Perseverance, 1st ed. New York: Scribner. [8] L. Eskreis-Winkler, E. P. Shulman, S. A. Beal, and A. L. Duckworth, 2014 “The grit effect: Predicting retention in the military, the workplace, school and marriage,” Front. Psychol., 5 (36), 1–12. [9] D. L. Chen, S. Ertac, T. Evgeniou, X. Miao, A. Nadaf, and E. Yilmaz, 2023 “Grit and Academic Resilience During the Covid-19 Pandemic,” SSRN Electron. J., 1–20. [10] J. M. Warren and R. W. Hale, 2020 “Predicting Grit and Resilience: Exploring College Students’ Academic Rational Beliefs,” J. Coll. Couns., 23 (2), 154–167. [11] M. B. Khan and A. M. Khan, 2017 “Grit , happiness and life satisfaction among professionals : a correlational study,” J. Psychol Cogn., 2 (2), 123–132. [12] A. R. Cortez et al., 2020 “Exploring the relationship between burnout and grit during general surgery residency: A longitudinal, single-institution analysis,” Am. J. Surg., 219 (2), 322–327. [13] A. N. Budiono, E. R. Izzah, and F. Mutakin, 2023 “Hubungan Grit Dan Resiliensi Akademik Kelas X Ab Di Smk Negeri 2 Jember Tahun Ajaran 2021/2022,” J. Mhs. BK An-Nur Berbeda, Bermakna, Mulia, 9 (2), 407-414. [14] S. Cassidy, 2015 “Resilience building in students: The role of academic self-efficacy,” Front. Psychol., 6(1781), 1–14. [15] M. Masrifah and W. Hendriani, 2022 “Resiliensi Akademik Ditinjau dari Strategi Self-Regulated Learning (SLR) pada Mahasiswa Pascasarjana Multidisiplin,” J. Psikol. Terap., 5 (2), 95-105. [16] A. Syifa, 2022 “Pengaruh Resiliensi Akademik dan Kebersyukuran terhadap Grit Mahasiswa Pada Perkuliahan Online Statistika,” Ideas J. Pendidikan, Sos. dan Budaya, 8 (3), 823-832. [17] T. Septiani and N. Fitria, 2016 “Hubungan Antara Resiliensi Dengan Stres Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Kedinasan,” J. Penelit. Psikol., 7 (2), 59–76. [18] M. sukri Situmeang, 2020 “Pengaruh Sikap Resiliensi Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa Pada Mata Kuliah Evaluasi Pedidikan,” Thawalib | J. Kependidikan Islam, 1 (1), 1–12,. [19] P. Amelasasih, S. Aditama, and M. R. Wijaya, 2018 “Self Regulated dengan Resiliensi Akademik Mahasiswa,” J. Consulen. J. Bimbing. Konseling dan Psikol., 5 (1), 67–75. [20] R. Setiawati, D. Suwidhagdo, and H. Rosyidah, 2023 “Tingkat Resiliensi Akademik Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar,” Coution J. Couns. Educ., 4 (2), 19–26. [21] A. C. P. Harahap, S. R. Harahap, and D. P. S. Harahap, 2020 “Gambaran Resiliensi Akademik Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19,” Al-Irsyad, 10 (2). [22] F. Astuti, 2014 “Resiliensi pada Mahasiswa Tahun Pertama Program Kelas Karyawan Ditinjau Dari Konsep Diri,” Pros. SEMNAS Penguatan Individu di Era Revolusi Inf., 143–152. [23] M. R. Paredes, V. Apaolaza, C. Fernandez-Robin, P. Hartmann, and D. Yañez-Martinez, 2021 “The impact of the COVID-19 pandemic on subjective mental well-being: The interplay of perceived threat, future anxiety and resilience,” Pers. Individ. Dif., 170, 1-6. [24] M. S. A. Mustaza and F. M. Kutty, 2022 “The Relationship between Grit Personality and Resilience,” Creat. Educ., 13 (10), 3255–3269. [25] F. R. N. Wahidah and Herdian, 2021 “Grit on Students in Indonesia Fatin,” Tech. Soc. Sci. J., 22, 385–396,. [26] S. A. Bata and A. Huwae, 2023 “Grit dan Regulasi Diri Dalam Belajar Pada Mahasiswa Tahun Pertama,” G-Couns J. Bimbing. dan Konseling, 8 (1), 310–321. [27] N. L. A. Vivekananda, 2018 “Studi Deskriptif mengenai Grit pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha Bandung,” Humanit. (Jurnal Psikologi), 1 (3), 183-196.
Refbacks
- There are currently no refbacks.