Penerapan model pembelajaran direct instruction untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi peserta didik kelas IV SD

Ami Nur Amini, St. Y. Slamet, Sukarno Sukarno

Abstract

This research aims to: (1) determine whether the application of the direct instruction learning model can improve the description writing skills of fourth grade students at SD Muhammadiyah Imam Syuhodo Polokarto, (2) describe the application of the direct instruction learning model in improving the description writing skills of class students, (3) describes the results of improving the descriptive writing skills. This research uses research based on Classroom Action Research (PTK) with descriptive qualitative as the method. The subjects in this research were 27 students at class IV and their class teachers. Researchers use data collection techniques in the form of observation, interviews, document analysis, and test techniques. The data analysis method refers to the opinion of Miles & Huberman, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. This research resulted in an increase in each cycle in learning descriptive writing skills using the direct instruction learning model. This was shown in the pre-action pass of 14.81% to 40.74% in cycle I, increasing again to 66.67% in cycle II. Then in cycle III it increased to 85.2%.

Keywords

learning model, direct instruction, writing skills, description, elementary school

Full Text:

PDF

References

H. G. Tarigan 2018 Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (Bandung: Angkasa)

N. N. K. Dewi, M. G, R. Kristiantari, and N. N. Ganing 2019 Pengaruh model pembelajaran picture and picture berbantuan media visual terhadap keterampilan menulis bahasa Indonesia Journal of Education Technology, 3(4), 278-285

R. Rukayah, S. Suharno, & Y. I. S. Purwanti 2014 Keefektifan Pembelajaran Menulis dengan Pendekatan Whole Language di Sekolah Dasar Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 23(2)

D. Destiana 2019 Keterampilan Berbahasa Menulis Karangan Deskripsi, diperoleh tanggal 04 Juni 2024, dari https://doi.org/10.31227/osf.io/2uhvp

N. Sushmita 2019 Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Dengan Menggunakan Media Audio Video Pada Siswa Kelas X SMK PI Ambarrukmo 1 Ensiklopedia of Journal, 1(3)

W. P. Yuliana, Utami, and Larasati 2020 Penerapan Metode Picture and Picture Pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 41-47

S. Engelmann 1980 Direct instruction (Vol. 22) (New Jersey: Educational Technology)

Z. Charisman, A. Telaumbanua, and Z. Yelisman 2022 Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Educatum: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 102-108.

S. Supriadi 2022 Penerapan Metode Direct Instruction Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa di Smk Klasikal Journal of Education, Language Teaching And Science, 4(3), 543-555

N. Azizah 2020 Penerapan Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Kabari Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan (Penelitian pada Siswa Kelas I SD Negeri Sidorejo) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang)

S. Khadijah 2022 Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Inspiratif Siswa SMP Negeri 33 Palembang, Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 20(1), 103-115

D. P. K. Dayu, and L. A. Anggrasari 2017 Pengaruh penggunaan media big book writing terhadap keterampilan menulis bahasa indonesia siswa kelas 5 SD negeri 1 Pilangbango Madiun Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam, 9(1), 21-32

I. M. Hikmah 2021 Penerapan Model Course Review Horay untuk Meningkatkan Sikap Kerjasama dalam Muatan Pembelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Mangkuyudan No. 02 Tahun Ajaran 2019/2020) Didaktika Dwija Indria, 9(4)

R. Purwanti and S. Supriyono 2018 Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Bagi Siswa Sekolah Dasar Jurnal PGSD UNESA, VI (5), 847

M. Missriani and Y. Fitriani 2020 Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Melalui Model Pembelajaran Langsung Di Kelas IV SDN 1 Tanjung Agung Kabupaten Musi Banyuasin Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 10(2), 121-135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.