Penggunaan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara jawa pada peserta didik kelas VI sekolah dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 57 Tahun 2013.
[2] Peraturan Gubernur Nomor 55 Tahun 2014 tentang Bahasa, Sastra dan Aksara Jawa.
[3] Surat Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Nomor 424/13242 tentang Implementasi Muatan Lokal Bahasa Jawa.
[4] E. Kurniati, “Implementasi Pembelajaran Bahasa Jawa SD Yang Integratif Komunikatif Berbasis Folklore Lisan Sebagai Wujud Konservasi Budaya,” Jurnal Penelitian Pendidikan, vol. 32, no. 2, hlm. 107–118, 2015.
[5] N. Ana Sulaikha dan S. Santosa, “Implementasi Kebijakan Pembelajaran Bahasa Jawa Sebagai Muatan Lokal Kelas IV di MI Plus Al-Kautsar Yogyakarta,” Jurnal Abdau : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, vol. 3, no. 2, hlm. 125–140, 2020.
[6] S. E. Natanti dan dkk, “Nilai Karakter Sopan Santun Dalam Pembiasaan Berbahasa Jawa Anak Usia Sekolah Dasar di Lingkungan Keluarga,” Jurnal Educatio FKIP UNMA, vol. 9, no. 2, hlm. 554–559, Mei 2023, doi: 10.31949/educatio.v9i2.4712.
[7] Y. Yusri dan dkk, Keterampilan Menulis: Pengantar Pencapaian Kemampuan Epistemik. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press, 2017.
[8] M. E. Pratama, J. Daryanto, dan S. B. Kurniawan, “Analisis Keterampilan Menulis Menggunakan Unggah-Ungguh Basa Jawa Kelas V Sekolah Dasar,” Didakta Dwija Indria, vol. 11, no. 6, 2023.
[9] N. A. Sholihah, S. Y. Slamet, dan L. Lestari, “Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Menulis Pantun pada Kelas IV SD,” Didakta Dwija Indria, vol. 9, no. 5, 2021.
[10] R. Damariswara, Belajar Bahasa Daerah (Jawa): Untuk Mahasiswa PGSD dan Guru SD, 1 ed. Karanganyar: Surya Pustaka Ilmu, 2020.
[11] E. Kaeksi, J. Daryanto, dan S. B. Kurniawan, “Analisis Peran Guru dalam Pembelajaran Menulis Aksara Jawa di Sekolah Dasar,” Didakta Dwija Indria, vol. 10, no. 6, 2022.
[12] A. & Hidayat dan R. N. Shofa, “Self Organizing Maps (SOM): Suatu Metode Untuk Pengenalan Aksara Jawa,” Jurnal Siliwangi, vol. 2, no. 1, hlm. 64–71, 2016.
[13] L. Marinda, “Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikannya Pada Anak Usia Sekolah Dasar,” An-Nisa’, vol. 13, no. 1, hlm. 116–152, 2020.
[14] Mutia, “Characteristics Of Children Age Of Basic Education,” Fitrah, vol. 3, no. 1, hlm. 114–131, 2021.
[15] F. Hayati dan dkk, “Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 5, no. 1, hlm. 1809–1815, 2021.
[16] I. K. Murnawan, “Penerapan Model Pembelajaran Quantum teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika,” Journal of Education Action Research, vol. 5, no. 2, hlm. 254–262, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index
[17] G. Rumapea dan dkk, “Application of Quantum Teaching Learning Model to Improve Student Learning Outcomes,” International Journal of Novel Research in Education and Learning, vol. 4, no. 2, hlm. 118–130, 2017, [Daring]. Tersedia pada: www.noveltyjournals.com
[18] M. Fathurrohman, Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2015.
[19] F. I. Azizah dan H. Hartono, “Implementasi Quantum Teaching Pada Pembelajaran Tematik Kelas V MI Mambaul Ulum Kandangrejo,” EDUCARE: Journal of Primary Education, vol. 2, no. 2, hlm. 149–164, Des 2021, doi: 10.35719/educare.v2i2.67.
[20] N. Silki dan dkk, “Karakteristik Keefektifan Quantum Teaching dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar (Literature Review),” Renjana Pendidikan Dasar, vol. 1, no. 2, hlm. 85–89, 2021.
[21] P. & Lestari dan A. Hudaya, “Penerapan Model Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP PGRI 3 Jakarta,” Research and Development Journal Of Education, vol. 5, no. 1, hlm. 45–60, 2018.
[22] Rohmalina dan dkk, Buku Paket Bahan Pelatihan: Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Paud. Jakarta: SEAMEO CECCEP, 2018.
[23] R. A. Fitri dan dkk, “Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 1, hlm. 88–101, Nov 2020, doi: 10.31004/basicedu.v5i1.570.
[24] F. Alzaura dan dkk, “Penerapan Model Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Pada Siswa Kelas VI SDN 2 Kebumen Tahun Ajaran 2021/2022,” Kalam Cendekia, vol. 11, no. 1, hlm. 121–130, 2023.
[25] B. A. Wibowo, “Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Melalui QuantumTeaching,” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 7, no. 17, hlm. 1673–1683, 2018.
[26] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2015.
[27] S. Arikunto dan dkk, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2016.
[28] M. Selvaraj dan A. A. Aziz, “Systematic Review: Approaches in Teaching Writing Skill in ESL Classrooms,” International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, vol. 8, no. 4, hlm. 450–473, Nov 2019, doi: 10.6007/ijarped/v8-i4/6564.
[29] W. Suryanti dan dkk, “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Getasan,” JMP Online, vol. 2, no. 1, hlm. 148–159, 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.