Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap motivasi belajar ipas peserta didik kelas v sekolah dasar
Abstract
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap motivasi siswa kelas lima yang mempelajari sains. Data penelitian ini dikumpulkan dari 56 siswa kelas V SDN Bratan 1 Surakarta. Teknik purposive sampling digunakan, dengan 28 siswa dari kelas VA ditugaskan ke kelompok eksperimen dan 28 siswa dari kelas VB sebagai kelompok kontrol. Kuesioner digunakan untuk pengumpulan data. Analisis data meliputi penilaian prasyarat seperti normalitas, homogenitas, dan n-gain. Untuk pengujian hipotesis, diterapkan Uji T Sampel Independen pada tingkat signifikansi 0,05, menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil penelitian mengungkapkan dampak substansial dari penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada motivasi siswa kelas lima yang belajar sains. Hal ini terlihat dari nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilainya di bawah 0,05, mengakibatkan hipotesis nol (H0) ditolak. Selain itu, nilai tcount melebihi nilai ttable, khususnya 14,178 > 2,004. Akibatnya, dapat disimpulkan bahwa "Model pembelajaran berbasis proyek sangat mempengaruhi motivasi belajar IPA pada siswa kelas V Bratan 1 Surakarta.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] Ramadhani, D. A., & Muhroji, M. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4855–4861. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2960
[2] Pangesti, W. A., Fanani, A., & Prastyo, D. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30s), 27–32. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30s.a2753
[3] Dwi Cahyono, D., Khusnul Hamda, M., & Danik Prahastiwi, E. (2022). Pemikiran Abraham Maslow Tentang Motivasi dalam Belajar. Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(1), 37–48. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/
[4] Uno, H. B. (2015). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara.
[5] Astuti, F. F., & Ardi, Z. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri 115 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2), 227–234.
[6] Pertiwi, I. A. A., & Rustini, T. (2023). Analisis Pedagogical Content Knowledge Buku Guru Ipas Muatan Ips Sd Kurikulum Merdeka. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan ..., 6Pertiwi,(1), 288–296. http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Caruban/article/view/7984
[7] Septiana, A. N., & Winangun, I. M. A. (2023). WidyaGuna : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Analisis Kritis Materi IPS dalam Pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka. 1(1), 43–54.
[8] Kemendikbud. (2022). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) SD-SMA. Merdeka Mengajar. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/ilmu-pengetahuan-alam-dan-sosial-ipas/
[9] Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Menggunakan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Anatolia, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a
[10] Sakilah, S., Yulis, A., Nursalim, N., Vebrianto, R., Anwar, A., Amir, Z., & Sari, I. K. (2020). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Sekolah Dasar Negeri 167 Pekanbaru. JMIE (Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah), 4(1), 127. https://doi.org/10.32934/jmie.v4i1.175
[11] Anugrah, M. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Motivasi Belajar Sejarah Indonesia Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA YP UNILA Bandar Lampung TA 2022/2023. 1653033005.
[12] Maulana, A. (2021). pengaruh model pembelajaran project based learning (PJBL) terhadap motivasi belajar siswa kelas VII mata pelajaran PAI di SMAP insan rabbany BSD. 11140110000076.
[13] Khasanah, S. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan
[14] Maros, M., Korenkova, M., Fila, M., Levicky, M., & Schoberova, M. (2023). Pembelajaran berbasis proyek dan efektivitasnya: bukti dari Slovakia. Lingkungan Belajar Interaktif, 31(7), 4147–4155. https://doi.org/10.1080/10494820.2021.1954036
[15] Sidik, P., & Denok, S. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (Della (ed.); edisi 2021st). Buku Pascal.
Refbacks
- There are currently no refbacks.