Problematika pelaksanaan pembelajaran IPAS kurikulum merdeka materi masyarakat yang beradab kelas IV sekolah dasar
Abstract
This qualitative descriptive research study focuses on the implementation of the IPAS curriculum for free material civilized society class IV SDN 01 Plumbon in 2022/2023. The study uses purposive sampling techniques, observation, documentation study interviews, and creswell data analysis to analyze the learning outcomes. The results show that differential learning is not optimal, and teachers face challenges such as passive interaction and less attention. Students also face issues like lack of IPAS accompanying books and disturbances in focus. To address these issues, the study recommends using varied learning methods, following seminars, and providing support and feedback. The study also examines learning outcomes through formative and summative assessments, with an average formative value of 81 and an average summative value of 77.5.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] L. S. Dewashanty, R. Winarni, and and J. Daryanto 2023 Analisis faktor-faktor penghambat dalam pembelajaran membaca permulaan pada peserta didik kelas II sekolah dasar Didakt. Dwija Indria 11(1) 1–2
[2] J. B. Manalu, P. Sitohang, N. Heriwati, and H. Turnip 2022 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Mahesa Cent. Res 1(1) 80–86
[3] A. T. Purnawanto 2022 Perencanaan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka J. Pedagog 20(1) 75–94
[4] N. W. S. Marwa, H. Usman, and B. Qodriani 2023 Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka Metod. Didakt. Pendidik. Ke-SD-an 18(2) 54–65
[5] Rusli 2016 Pendidikan karakter menuju masyarakat beradab J. Ilm. Kreat 14(1) 18–27
[6] K. N. L. Musfaizah, Chumdari 2021 Analisis nilai karakter pada tembang dolanan anak dalam pembelajaran Bahasa Jawa di kelas V Sekolah dasar Didakt. Dwija Indria 9(6) 1–5
[7] G. P. U. Putra, H. Mahfud, and D. Y. Saputri 2021 Profil pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (ppkn) materi simbol-simbol pancasila kelas IV di SD Didakt. Dwija Indria 9(3) 1–5
[8] S. Zulaiha, T. Meldina, and Meisin 2022 Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar J. Pendidik. dan Pembelajaran Dasar 9(2) 163–177
[9] R. Budiwati, A. Budiarti, A. Muckromin, Y. M. Hidayati, and A. Desstya 2023 Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi J. Basicedu 7(1) 523–534
[10] S. Hamdi, C. Triatna, and N. Nurdin 2022 Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pedagogi SAP (Susunan Artik. Pendidikan) 7(1) 10–17
[11] Y. Sulistyosari, H. M. Karwur, and H. Sultan 2022 Penerapan Pembelajaran Ips Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar Harmon. J. Pembelajaran IPS dan PKN 7(2) 66–75
[12] M. Mumpuniarti, R. R. Handoyo, D. T. Pinrupitanza, and D. Barotuttaqiyah 2020 Teacher’s pedagogy competence and challenges in implementing inclusive learning in slow learner Cakrawala Pendidik. 39(1) 217–229
[13] M. Abduh 2019 Model penilaian formatif Pus. Penilai. Pendidik. 1(1) 64
[14] A. Prianto and T. H. Putri 2017 Pengaruh Ketersediaan Fasilitas Belajar, Dukungan Orang Tua Yang Dirasakan Terhadap motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMA PGRI Ngimbang Lamongan J. Pendidik. Ekon. Kewirausahaan, Bisnis, dan Manaj. 1(2) 13–38
[15] F. Farida Payon, D. Andrian, and S. Mardikarini 2021 Faktor yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas III SD J. Ilm. Kontekst 2(2) 53–60
[16] P. R. Tuerah, R. R. Mokoagow, S. Ansyu, and R. Mesra 2023 Faktor-Faktor Yang Menghambat Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres Timbukar Tahun Ajaran 2022 / 2023 J. Pendidikan Mandala 8(2) 412–417
[17] R. Muliani 2022 Mengatasi Hambatan Pembelajaran Berdiferensiasi: Tips dan Trik untuk Guru J. An-Nur Kaji. Ilmu-Ilmu Pendidik. 2(1) 1–14
[18] A. Kusuma, W. Candramila, and E. Ariyati 2017 Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas X SMA J. Pendidik. dan Pembelajaran Untan 6(10) 5-6
Refbacks
- There are currently no refbacks.