Analisis pembelajaran intrakurikuler dalam pelaksanaan kurikulum merdeka di kelas iv sekolah dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] K. F. Harahap, A. F. Naufal, dan M. R. Berliansyah 2022 Organisasi Profesi Guru (Kajian Manajemen Pendidikan Islam) Cendekiawan J. Pendidikan dan Studi Keislaman 1(1) 39–44
[2] E. C. Sari 2022 Kurikulum Di Indonesia : Tinjauan Perkembangan Kurikulum Pendidikan Inculco J. Christ. Educ. 2(2) 93–109
[3] OECD 2019 PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do OECD
[4] OECD 2016 PISA 2015 Results (Volume I): Excellence and Equity in Education OECD
[5] OECD 2019 PISA 2018 Results COMBINED EXECUTIVE SUMMARIES PISA 2009 a Glance I–III
[6] P. Freire 2011 Paulo Freire: Pendidikan Kaum Tertindas (Jakarta: LP3ES)
[7] Kemendikbudristek 2022 Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi) 9–46
[8] D. Solehudin, T. Priatna, dan Q. Y. Zaqiyah 2022 Konsep Implementasi Kurikulum Prototype J. Basicedu 6(4) 7486–7495
[9] R. Rahayu, R. Rosita, S. Y. Rahayuningsih, A. H. Hernawan, dan Prihantini 2022 Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak J. Basicedu 6(4) 6313–6319
[10] M. Jannah, Safrizal, dan Husnani 2023 Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Proses Pembelajaran di SDN X Batusangkar J. Pendidikan MINDA 4(2) 61–74
[11] M. B. Miles, A. M. Huberman, dan J. Saldana 2014 Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook 3 ed. (California: Sage)
[12] W. Dick dan L. Carey 2009 The Systematic Design of Instruction (New Jersey: Pearson)
[13] G. Kamil 2021 Penerapan Model Desain Instraksional Dick and Carey Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Viii Semester Genap Smp Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Perspektif 1(1) 100–111
[14] C. Rogers dan H. J. Freiberg 1994 Freedom to Learn 3 ed. Columbus (OH: Merrill/Prentice Hall)
[15] P. Rintayati, R. Riyadi, S. B. Kurniawan, dan S. Kamsiyati 2022 Peningkatan pemahaman dalam mengembangkan pembelajaran berdiferensiasi melalui metode pelatihan dan pendampingan pada guru sekolah dasar Jurnal Pendidikan Dasar 10(1) 1–5
[16] C. A. Tomlinson 2013 Differentiated Instruction Fundam. Gift. Educ. Considering Mult. Perspect. 287–300
[17] D. Wahyuningsari, Y. Mujiwati, L. Hilmiyah, F. Kusumawardani, dan I. P. Sari 2022 Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar J. Jendela Pendidikan 2(04) 529–535
[18] S. Samsiyah 2022 Analisis pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan literasi numerasi siswa di sekolah dasar J. Pendidikan Dasar 10(2) 1–6
[19] G. Wiggins 1990 The Case for Authentic Assessment Pract. assessment, Res. Eval.
[20] H. Gardner 1993 Multiple Intelligences: The Theory in Practice Basic books
[21] F. Aghnia 2023 Analisis Multiple Intelligence Peserta Didik J. Pendidikan Dasar J. Tunas Nusantara 5(1) 556–567
[22] P. A. Rahmawan, Rukayah, dan R. Ardiansyah 2022 Analisis peran orang tua dalam pendampingan belajar peserta didik Didaktika Dwija Indria 10(5) 1–6
Refbacks
- There are currently no refbacks.