Studi Hubungan Self-Efficacy terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Mahasiswa PGSD Surakarta UNS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] R. Yudhistira, A. M. R. Rifaldi, dan A. A. J. Satriya 2020 Pentingnya perkembangan pendidikan di era modern Pros. Samasta 1–6
[2] R. Agustina, R. Sulistyowati, M. Silviliyana, R. Putrianti, dan G. Anggraeni 2022 Statistik Pendidikan (Jakarta: BPS RI)
[3] F. N. A. Kurniawati 2022 Meninjau permasalahan rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia dan solusi Acad. Educ. J. 13(1) 1–13
[4] T. Murwaningsih, R. Ardiansyah, dan A. Y. Septia 2022 Hubungan self-regulated learning dan minat belajar mahasiswa PGSD DWIJA CENDEKIA J. Ris. Pedagog. 6(2) 371
[5] H. Rahyubi 2020 Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik: Deskripsi dan Tinjauan Kritis (Bandung: Nusa Media)
[6] A. A. Sari, J. I. S. Poerwanti, dan Sularmi 2023 Hubungan kontribusi edukatif orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar kognitif IPS peserta didik kelas iv sekolah dasar,” J. Pendidik. Indones. 9(1)
[7] G. Prananda dan Hadiyanto 2019 Korelasi antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ipa di sekolah dasar J. Basicedu 3(3) 909–915
[8] A. Ahmadiyanto 2016 Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa J. Pendidik. Kewarganegaraan 6(2) 980-993
[9] L. M. Kasenda, S. Sentinuwo, dan V. Tulenan 2016 Sistem monitoring kognitif, afektif dan psikomotorik siswa berbasis android,” J. Tek. Inform. 9(1)
[10] R. Wulandari 2017 Berpikir ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan literasi sains SEJ (Science Educ. Journal) 1(1) 29–35
[11] G. Saroja, A. Nadhir, S. Maryanto, D. R. Santoso, dan P. S. Setyawan 2013 Pemanfaatan perangkat lunak interaktik dalam proses pembelajaran fisika listrik dan magnet di SLTA Erud. J. Educ. Innov. 1(2)
[12] D. Sawawa, A. Solehudin, dan S. Sabri 2018 Pengaruh faktor internal dan eksternal siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran mekanika teknik dan elemen mesin J. Mech. Eng. Educ. 5(1)
[13] N. Tasya dan A. P. Abadi 2019 Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa Sesiomedika 660–662
[14] N. Juniyarti 2014 Penerapan model pembelajaran means end analysis (MEA) dalam setting di untuk meningkatkan hasil belajar siswa Berk. Ilm. Pendidik. Fis. 2(3)
[15] J. W. Santrock 2014 Psikologi Pendidikan (Jakarta: Salemba Humanika)
[16] D. H. Schunk 2012 Learning Theories: An Educational Perspective (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)
[17] F. Rosyida, S. Utaya, dan B. Budijanto 2016 Pengaruh kebiasaan belajar dan self-efficacy terhadap hasil belajar geografi di SMA J. Pendidik. Geogr. 21(2) 17–28
[18] I. P. Karpika dan N. W. W. Segel 2021 Quarter life crisis terhadap mahasiswa studi kasus di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas PGRI Mahadewa Indonesia Widyadari, vol. 22(2) 513–527
[19] Alwison 2022 Psikologi Kepribadian (Malang: UMM Press)
[20] Baharuddin dan E. N. Wahyuni 2015 Teori Belajar & Pembelajaran (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media)
[21] A. S. Rahmatullah dan K. I. Ismara 2019 Pengaruh locus of control dan self-efficacy terhadap perilaku keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di SMK Negeri 1 Pundong E-Journal Univ. Negeri Yogyakarta 9(1) 1–10
[22] Ahriana, A. Yani, dan U. M. M. Maruf 2016 Studi analisis hubungan antara self efficacy dengan hasil J. Pendidik. Fis. 4(2) 223–238
[23] H. R. Ningrum, F. Aulya, dan E. Silvia 2021 Hubungan antara regulasi diri (self regulation) dengan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XII pada mata pelajaran biologi Bioed J. Pendidik. Biol. 8(1)
[24] N. A. Suci, S. Istiyati, dan S. Kamsiyati 2022 Analisis kesulitan belajar IPS dan upaya penanganan pada siswa kelas v sekolah dasar J. Pendidik. Dasar 10(2)
[25] G. S. Z. Qudduus, P. Rintayati, dan F. P. Adi 2021 Pengaruh kegiatan praktikum sederhana dalam peningkatan hasil belajar aspek kognitif pada peserta didik kelas III sekolah dasar,” J. Pendidik. Dasar 9(2)
[26] S. Suryabrata 2015 Psikologi Pendidikan (Jakarta: Rajawali Pers)
Refbacks
- There are currently no refbacks.