Studi Hubungan Self-Efficacy terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Mahasiswa PGSD Surakarta UNS

Elvina Isna Nurjanah, Matsuri Matsuri, Roy Ardiansyah

Abstract

This research aims to find out whether there is a relationship between the self-efficacy variable and the cognitive learning outcome variable. The research design taken is correlational research with data collection techniques in the form of tests and scales. The research population is the entire student PGSD UNS Forces 2021. Sampling is done using the random cluster sampling technique. The data analysis technique used is simple correlation coefficient analysis. From the results of data analysis can be drawn the conclusion that there is no positive and significant relationship between self-efficacy and cognitive learning outcomes with the acquisition of a significance value of 0,657 > 0,05 with a pearson correlation value of -0,054.

Keywords

self-efficacy, cognitive learning outcomes, elementary school, and college student

Full Text:

PDF

References

[1] R. Yudhistira, A. M. R. Rifaldi, dan A. A. J. Satriya 2020 Pentingnya perkembangan pendidikan di era modern Pros. Samasta 1–6

[2] R. Agustina, R. Sulistyowati, M. Silviliyana, R. Putrianti, dan G. Anggraeni 2022 Statistik Pendidikan (Jakarta: BPS RI)

[3] F. N. A. Kurniawati 2022 Meninjau permasalahan rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia dan solusi Acad. Educ. J. 13(1) 1–13

[4] T. Murwaningsih, R. Ardiansyah, dan A. Y. Septia 2022 Hubungan self-regulated learning dan minat belajar mahasiswa PGSD DWIJA CENDEKIA J. Ris. Pedagog. 6(2) 371

[5] H. Rahyubi 2020 Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik: Deskripsi dan Tinjauan Kritis (Bandung: Nusa Media)

[6] A. A. Sari, J. I. S. Poerwanti, dan Sularmi 2023 Hubungan kontribusi edukatif orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar kognitif IPS peserta didik kelas iv sekolah dasar,” J. Pendidik. Indones. 9(1)

[7] G. Prananda dan Hadiyanto 2019 Korelasi antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ipa di sekolah dasar J. Basicedu 3(3) 909–915

[8] A. Ahmadiyanto 2016 Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa J. Pendidik. Kewarganegaraan 6(2) 980-993

[9] L. M. Kasenda, S. Sentinuwo, dan V. Tulenan 2016 Sistem monitoring kognitif, afektif dan psikomotorik siswa berbasis android,” J. Tek. Inform. 9(1)

[10] R. Wulandari 2017 Berpikir ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan literasi sains SEJ (Science Educ. Journal) 1(1) 29–35

[11] G. Saroja, A. Nadhir, S. Maryanto, D. R. Santoso, dan P. S. Setyawan 2013 Pemanfaatan perangkat lunak interaktik dalam proses pembelajaran fisika listrik dan magnet di SLTA Erud. J. Educ. Innov. 1(2)

[12] D. Sawawa, A. Solehudin, dan S. Sabri 2018 Pengaruh faktor internal dan eksternal siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran mekanika teknik dan elemen mesin J. Mech. Eng. Educ. 5(1)

[13] N. Tasya dan A. P. Abadi 2019 Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa Sesiomedika 660–662

[14] N. Juniyarti 2014 Penerapan model pembelajaran means end analysis (MEA) dalam setting di untuk meningkatkan hasil belajar siswa Berk. Ilm. Pendidik. Fis. 2(3)

[15] J. W. Santrock 2014 Psikologi Pendidikan (Jakarta: Salemba Humanika)

[16] D. H. Schunk 2012 Learning Theories: An Educational Perspective (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)

[17] F. Rosyida, S. Utaya, dan B. Budijanto 2016 Pengaruh kebiasaan belajar dan self-efficacy terhadap hasil belajar geografi di SMA J. Pendidik. Geogr. 21(2) 17–28

[18] I. P. Karpika dan N. W. W. Segel 2021 Quarter life crisis terhadap mahasiswa studi kasus di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas PGRI Mahadewa Indonesia Widyadari, vol. 22(2) 513–527

[19] Alwison 2022 Psikologi Kepribadian (Malang: UMM Press)

[20] Baharuddin dan E. N. Wahyuni 2015 Teori Belajar & Pembelajaran (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media)

[21] A. S. Rahmatullah dan K. I. Ismara 2019 Pengaruh locus of control dan self-efficacy terhadap perilaku keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di SMK Negeri 1 Pundong E-Journal Univ. Negeri Yogyakarta 9(1) 1–10

[22] Ahriana, A. Yani, dan U. M. M. Maruf 2016 Studi analisis hubungan antara self efficacy dengan hasil J. Pendidik. Fis. 4(2) 223–238

[23] H. R. Ningrum, F. Aulya, dan E. Silvia 2021 Hubungan antara regulasi diri (self regulation) dengan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XII pada mata pelajaran biologi Bioed J. Pendidik. Biol. 8(1)

[24] N. A. Suci, S. Istiyati, dan S. Kamsiyati 2022 Analisis kesulitan belajar IPS dan upaya penanganan pada siswa kelas v sekolah dasar J. Pendidik. Dasar 10(2)

[25] G. S. Z. Qudduus, P. Rintayati, dan F. P. Adi 2021 Pengaruh kegiatan praktikum sederhana dalam peningkatan hasil belajar aspek kognitif pada peserta didik kelas III sekolah dasar,” J. Pendidik. Dasar 9(2)

[26] S. Suryabrata 2015 Psikologi Pendidikan (Jakarta: Rajawali Pers)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.