Analisis sikap nasionalisme peserta didik kelas IV sekolah dasar dalam pembelajaran pendidikan pancasila pasca daring

Yusuf Aly Pratama, Hasan Mahfud, Matsuri Matsuri

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yang ingin dicapai yaitu guna mengetahui sikap nasionalisme peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di masa pembelajaran pasca daring. Berdasarkan Peraturan Presiden No. 87 Tahun 2017 tentang PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) terdapat lima nilai karakter utama yaitu, nilai religius, nilai nasionalis, nilai integritas, nilai kemandirian, dan nilai gotong royong. Pembelajaran Pendidikan Pancasila merupakan salah satu sarana utama dalam pendidikan untuk menanamkan sikap nasionalisme pada peserta didik. Hal tersebut didukung dengan Peraturan Menteri Pendidikan No. 23 Tahun 2006 yang menyebutkan bahwa pendidikan kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang berfokus guna membentuk warga negara agar lebih memahami dan dapat melaksanakan segala hak dan kewajiban sebagai seorang warga negara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan 28 peserta didik kelas IV SD Negeri Serengan 2 Surakarta. Dalam pengumpulan data digunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengujian validitas penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Sementara teknik analisis data yang didapatkan menggunakan model Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil dari penelitian yang didapatkan, sikap nasionalisme peserta didik kelas IV ditinjau dari indikator rela berkorban, disiplin, jujur dan berani, cinta tanah air, serta persatuan dan kesatuan dapat dibilang tinggi karena peserta didik kelas IV di SD Negeri Serengan 2 menunjukkan perilaku dominan yang mencerminkan kelima indikator yang telah dirumuskan.

Keywords

sikap nasionalisme, pasca daring, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References

Pemerintah Indonesia 2003 Undang-Undang No.20 pasal 1 ayat 1 tentang sistem pendidikan nasional (Jakarta).

Imam Catur Pratomo 2021 JPPD : Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar JPPD J. Pedagog. Pendidik. Dasar 8 (1) p 7–15.

Lita Ariyanti 2017 Membangun Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Melalui 6 Kebajikan Positif Universal J . Pendidikan et al Universitas Negeri Malang 1 (3) p 107–113.

Erlinda Risa Nur Aulia and D. A. D. Dewi 2021 Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak SD sebagai Bentuk Implementasi Pkn Edukasi Temat. J. Pendidik. Sekol. Dasar 2 (1) SE-Articles, p 43–53.

Rokhimah G. Kelas, V. A. Sd, and N. Kasreman 2018 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Tentang Nilai-Nilai Juang dalam Proses Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara pada Peserta Didik Kelas VI A SD Negeri Kasreman melalui Metode Tari Bambu di Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019 Jurnal Pendidikan Indonesia 5 (2) p 8–13.

C. Suhartini 2018 Peningkatan Prestasi Belajar PKn melalui Metode Kooperatif Pada Siswa SD JPI (Jurnal Pendidikan. Indonesia) 5 (1) p 15.

D. Murdaya, H. Mahfud, and D. Y. Saputri 2021 Analisis tingkat motivasi belajar PPKN dalam pembelajaran daring materi hubungan simbol dengan makna sila Pancasila pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Didakt. Dwija Indria (449), [Online]. Available: https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/49064%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/viewFile/49064/30782.

F. M. Sidiq 2021 2 Bocah WNI Parodikan Indonesia Raya, KPAI Soroti Nasionalisme p 2 Januari.

Sugiyono 2017 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta).

M. Z. Alfaqi 2016 Melihat sejarah nasionalisme Indonesia untuk memupuk sikap kebangsaan generasi muda J. Civ. Media Kaji Kewarganegaraan 13 (2) p 209–216.

Peraturan Presiden RI 2017 Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Kementrian Pendidik. dan Kebud 9 (195) p 164–178.

Peraturan Menteri Pendidikan 2006 Peraturan Menteri Pendidikan No. 23 Tahun 2006, Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (Jakarta).

S. I. Astuti 2012 Ilmu Sosial Dasar (Yogyakarta: UPT MKU UNY).

Aman 2013 Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah (Yogyakarta: Ombak).

M. Rahayu, R. Farida, and A. Apriana 2019 Kesadaran Bela Negara Pada Mahasiswa Epigram 16 (2) p 175–180.

Jazuli 2018 Tsanawiyah Matholi’Ul Huda Bugel Kedung Jepara Students Development Management in Improving Students’ Learning Discipline in Madrasah Tsanawiyah Matholi’Ul Huda Bugel Kedung Jepara J. Intelegensia 06 (2) p 151–171.

C. M. Said 2020 Upaya Meningkatkan Kecerdasan Spiritual dalam Membangun Nilai-Nilai Kejujuran pada Peserta Didik SMP Muhammadiyah Lakea Efforts to Increase Spiritual Intelligence in Building Honesty Values in Muhammadiyah Lakea Middle School Students 15 (3) p 30–33.

A. Ma, Y. Suryana, and H. Y. Muslihin 2018 Hubungan Sikap Berani dengan Kepercayaan Diri pada Kegiatan Senam Irama PEDADIDAKTIKA J. Ilm. Pendidik. Guru Sekol. Dasar 5 (3) p 287–296, 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.