Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Tentang Operasi Hitung Pecahan Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] Zubaidah. S, “Mengenal 4C: Learning and Inovation skills untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0.,” 2018.
[2] R. Richardo, “Peran Etnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika pada Kurikulum 2013,” J. Ilmu Pendidik., 2(2), pp. 118–125, 2016.
[3] N. A. Saleh and S. Kamsiyati, “Profil kesalahan peserta didik sekolah dasar dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi penaksiran,” J. Pendidik. Dasar, 7(1), pp. 1–6, 2019.
[4] M. H. Andra, H. D. Koeswanti, and E. H. Radia, “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Discovery Learning pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Dasar, 7(1), pp. 25–33, 2019.
[5] M. Abdurrahman, Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta. Rineka Cipta, 2012.
[6] Wahyudi, Panduan Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (Untuk Guru Dan Calon Guru SD). Surakarta: UNS Press, 2015.
[7] M. N. Sari, R. Riyadi, and S. Kamsiyati, “Profil kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan,” Didakt. Dwija Indria, 9(2), 2021.
[8] E. Widyastuti, S. Kamsiyati, and A. Surya, “Penerapan model pembelajaran means ends analysis (mea) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah soal cerita pada siswa sd,” JPI (Jurnal Pendidik. Indones. J. Ilm. Pendidik., 7(2), pp. 102–107, 2021.
[9] M. D. Umam, “ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN,” Mathedenusa J. Ilm. Pendidik. Mat., 3(3), pp. 131–134, 2014.
[10] B. S. B. Rindyana and T. D. Chandra, Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Analisi Newman. Malang: Universitas Negeri Malang.
[11] A. T. Utari, D. R., M. Y. S. & Damayanti, “Analisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita,” J. Ilm. Sekol. Dasar, 3(4), pp. 534–540, 2019.
[12] M. B. Miles and A. M. Huberman, Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook, Second Edi. London: SAGE Publications, Inc, 1994.
[13] D. Oktaviana, “Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit,” Edu Sains J. Pendidik. Sains dan Mat., 5(2), pp. 22–32, 2017.
[14] L. S. Jumiyati, Y., & Zanthy, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan,” JPMI (Jurnal Pembelajaran Mat. Inov., 3(1), pp. 11–18, 2022.
[15] L. S. Yunia, N., & Zanthy, “Kesalahan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Aritmatika Sosial,” Teorema (Teori Dan Ris. Mat., 5(1), pp. 105–116, 2022.
[16] R. Agnesti, Y., & Amelia, “Analisis Kesalahan Siswa Kesalahan VIII SMP Di Kabupaten Bandung Barat Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Perbandingan Ditinjau Dari Gender,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., 4(1), pp. 151–162, 2022.
[17] S. Magfirah, M., Maidiyah, E., & Suryawati, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman,” Lentera Sriwij. J. Ilm. Pendidik. Mat., 1(2), pp. 1–12, 2019.
[18] C. Sari, A. M., Susanti, N., & Rahayu, “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Aritmatika Sosial Kelas VII,” JP3M (Jurnal Penelitian, Pendidik. dan Pengajaran Mat., 4(2), pp. 59–66, 2018.
[19] S. Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto, “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding Yang Diberikan,” Kadikma, 8(1), pp. 40–51, 2017.
Refbacks
- There are currently no refbacks.