Analisis penerapan nilai karakter gemar membaca melalui budaya literasi pada peserta didik kelas III sekolah dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
D. P. Putri, “Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital,” AR-RIAYAH J. Pendidik. Dasar, vol. 2, no. 1, hal. 37, 2018, doi: 10.29240/jpd.v2i1.439. [2] M. I. Kurniawan, “Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar,” Pedagog. J. Pendidik., vol. 4, no. 1, hal. 41–49, 2015, doi: 10.21070/pedagogia.v4i1.71. [3] A. Sultoni, “PENDIDIKAN KARAKTER DAN KEMAJUAN NEGARA: STUDI PERBANDINGAN LINTAS NEGARA,” JOIES J. Islam. Educ. Stud., vol. 1, no. 1, hal. 184–207, 2016. [4] S. N. Priasti dan Suyatno, “Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di Sekolah Dasar Silvia,” J. Kependidikan J. Has. Penelit. dan Kaji. Kepustakaan di Bid. Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 7, no. 2, hal. 395–407, 2021. [5] P. R. Anggraeni, “Implementasi Kebijakan Literasi Sekolah guna Peningkatan Karakter Gemar Membaca,” Indones. J. Sociol. Educ. Dev., vol. 1, no. 2, hal. 132–142, 2019. [6] N. Sutrisna, “Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh,” J. Inov. Penelit., vol. 1, no. 12, hal. 2683–2694, 2021. [7] L. Hewi dan M. Shaleh, “Penguatan Peran Lembaga Paud Untuk the Programme for International Student Assesment (Pisa),” J. Tunas Siliwangi, vol. 6, no. 2, hal. 63–70, 2020. [8] Kemendikbud, PANDUAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. [9] R. Setiawan dan S. Dewayani, Variasi Kegiatan 15 Menit Membaca Di Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2019. [10] Ratnawati, “Peranan Guru Sebagai Model Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik,” Pros. Semin. Nas. Pendidik., vol. 1, hal. 1–11, 2018. [11] S. Imanugroho dan R. I. P. . G, “PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK SDN KURIPAN LOR 01 KOTA PEKALONGAN,” J. Ilmu Perpust., vol. 7, no. 2, hal. 71–80, 2019. [12] Kemendikbud, Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. [13] H. Rustantono dan A. Ma’rifah, “Penerapan Metode Reward Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Di Smp Nu Sunan Giri Kepanjen Malang,” J. Mitra Pendidik., vol. 5, no. 7, hal. 527–539, 2021. [14] M. Yaumi, Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar dan Implementasi. Jakarta: Kencana, 2014. [15] S. G. L. S. Kemendikbud, Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah, Edisi 2. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018. [16] C. Khotimah, M. Hosnan, dan U. Jamaludin, “PENANAMAN KARAKTER GEMAR MEMBACA MELALUI PROGRAM LITERASI SEKOLAH RAKICA DI SDN TAMAN CIRUAS PERMAI,” J. Pendidik. Dasar Nusant., vol. 6, no. 1, hal. 147–162, 2020, doi: https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14424.
Refbacks
- There are currently no refbacks.