Analisis kesalahan menyelesaikan soal cerita pada materi keliling dan luas bangun datar berdasarkan newman’s error analysis ditinjau dari gaya kognitif peserta didik kelas IV sekolah dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] E. A. Akinmola, 2014 Developing Mathematical Problem Solving Ability : a Panacea for a Sustainable Development in the 21 St Century By Science and Technical Education Department, Int. J. Educ. Researc, 2(2) pp. 1–8.
[2] M. Dliwaul Umam, 2015 Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan, MATHEdunesa, 3(3) pp. 131–134.
[3] E. Widyastuti, S. Kamsiyati, and A. Surya, 2021 Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Soal Cerita pada Siswa SD, JPI (Jurnal Pendidik. Indones., 7(2) pp. 102–107.
[4] S. Putri, A. Husna, and N. Agustyaningrum, 2021 Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Aritmatika Menggunakan Tahapan Kesalahan Newman, J. Cendekia J. Pendidik Mat., 5(1) pp. 522–532.
[5] S. K. Jha, 2012 Mathematics Performance of Primary School Students in Assam (India): An Analysis Using Newman Procedure, Int. J. Comput. Appl. Eng. Sci., 2(I) pp. 17–21.
[6] M. N. Sari, R. Riyadi, and S. Kamsiyati, 2021 Profil Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan, Didakt. Dwija Indria, 9(2).
[7] A. Surya, M. Widiawati, and S. Istiyati, 2019 Keterampilan Pemecahan Masalah Matematis Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar, J. Pendidik. Dasar, 7(1) pp. 1–6.
[8] A. S. Nur and M. Palobo, 2018 Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender, Kreano, J. Mat. Kreat., 9(2) pp. 139–148.
[9] Sugiyono, 2019 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D,. Bandung: CV. Alfabeta
[10] E. Zakaria, I., and S. M. Maat, 2010 Analysis of Students’ Error in Learning of Quadratic Equations, Int. Educ. Stud., 3(3) pp. 105–110.
[11] M. Zulyanty, 2019 Newman Error Analysis Siswa Madrasah dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika, J. Cendekia J. Pendidik. Mat., 3(2), pp. 379–388.
[12] L. J. Shinariko, N. W. Saputri, Y. Hartono, and J. Araiku, 2020 Analysis of Students’ Mistakes in Solving Mathematics Olympiad Problems Analysis of Students’ Mistakes in Solving Mathematics Olympiad Problems, pp. 1–8.
[13] F. A. Nurussafa’at, I. Sujadi, and Riyadi, 2016 Soal Cerita pada Materi Volume Prisma dengan Fong’ s Shcematic Model for Error Analysis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas VIII Ssemester II SMP IT Ibnu Abbas Klaten Tahun Ajaran 2013 / 2014 ), 4(2) pp. 174–187.
[14] T. Haryati, A. Suyitno, and I. Junaedi, 2016 Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pemecahan Masalah Berdasarkan Prosedur Newman, 5(1).
[15] D. Yusnia and H. Fitriyani, 2017 Identifikasi Kesalahan Siswa Menggunakan Newman’s Error Analysis ( NEA ) pada Pemecahan Masalah Operasi Hitung Bentuk Aljabar, pp. 78–83.
[16] H. N. Fitriani, T. Turmudin, and S. Prabawanto, 2018 Analysis of Students Error in Mathematical Problem Solving Based on Newman’s Error Analysis, 3(1) pp. 791–796.
Refbacks
- There are currently no refbacks.