Analisis soal penilaian harian berdasarkan perspektif hots dalam pembelajaran tematik semester 1 kelas V di sekolah dasar

Nurakhman Aji, Chumdari Chumdari, Karsono Karsono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian soal penilaian harian pembelajaran tematik semester 1 di kelas V SDN Lugu dengan konsep HOTS. Soal juga ditinjau menggunakan dimensi pengetahuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dimensi pengetahuan yang terdapat pada soal.

Penelitian ini menggunakan rancangan desain penelitian deskriptif dengan jenis analisis dokumen. Dokumen yang diperlukan dalam penelitian ini adalah soal-soal penilaian harian pembelajaran tematik semester 1 kelas V tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumenter. Analisis data dalam penelitian menggunakan model Miles dan Huberman bernama teknik analisis data interaktif.

Data yang diperoleh dan diolah menghasilkan temuan bahwa soal dengan kategori HOTS yang ditemukan dalam keseluruhan soal yaitu sebanyak 6,8%. Penggunaan dimensi pengetahuan pada keseluruhan soal yang paling banyak ditemukan adalah dimensi pengetahuan konseptual yang mencapai persentase 68%.

Keywords

penilaian harian; pembelajaran tematik; HOTS; dimensi pengetahuan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.