Studi korelasi antara gaya belajar dan kebiasaan membaca dengan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran ips di sekolah dasar

Nurul Fitrianti, Jenny Indrastoeti Siti Poerwanti, Sularmi Sularmi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ada tidaknya hubungan gaya belajar dengan keterampilan berpikir kritis; (2) mengetahui apakah ada hubungan antara kebiasaan membaca dan keterampilan berpikir kritis; (3) mengetahui apakah ada hubungan antara gaya belajar dan kebiasaan membaca bersama dengan keterampilan berpikir kritis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi yang dipilih adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Kutowinangun Kebumen tahun pelajaran 2020/2021. Sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Sampel yang digunakan adalah sejumlah 60 siswa dari 3 sekolah dasar. SD yang digunakan adalah SD Negeri Kaliputih, SD Negeri Babadsari, dan SD Negeri Ungaran. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian atau essay variabel kemampuan berpikir kritis dan angket gaya belajar dan kebiasaan membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan antara gaya belajar dengan keterampilan berpikir kritis. Koefisien korelasi (ry1) adalah 0,49. (2) terdapat hubungan antara kebiasaan membaca dengan keterampilan berpikir kritis diperoleh koefisien korelasi (ry2) sebesar 0,61. (3) terdapat hubungan gaya belajar dan kebiasaan membaca secara bersama-sama dengan kemampuan berpikir kritis untuk mendapatkan koefisien korelasi berganda yaitu (ry1.2) sebesar 0,66.

Keywords

Learning Style; Reading Habit; Critical Thinking Ability; Correlation; Elementary School

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.