Penerapan model pembelajaran think talk write (ttw) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah interpretasi data peserta didik kelas v sekolah dasar

Septian Putra Utama, Sri Marmoah, Matsuri Matsuri

Abstract

Arah penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah interpretasi data melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada peserta didik kelas V SD N Trangsan I Sukoharjo tahun akademik 2018/2019. Penelitian Tindakan Kelas dipilih sebagai jenis penelitian yang digunakan, terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Dalam satu siklus melalui empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan penyempurnaan. Subjek penelitian adalah satu guru dan dua puluh tiga siswa kelas. Menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Uji validitas data teknis menggunakan teknik triangulasi dan triagulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik interaktif model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan klasikan meningkat pada setiap siklus. Dalam pra-tindakan itu adalah 26,02%, kemudian setelah tindakan dengan menerapkan model TTW menjadi 65,22% pada siklus pertama dan meningkat menjadi 82,61% pada siklus kedua. Peningkatan juga terlihat pada rata-rata setiap aspek yang diperoleh. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah interpretasi data di kelas V SD N Trangsan I Sukoharjo tahun akademik 2018/2019.

Full Text:

PDF

References

A Surya S Marmoah and S Istiyati 2018 Learning trajectory to improve students ’ critical thinking skill in graphing and statistics concept at elementary education Learning Trajectory to Improve Students ’ Critical Thinking Skill in Graphing and Statistics Concept at Elementary Education J. AIP Conf. Proc. vol. 020091 1–6 [2] B Kallick and R Brewer 1997 How to Assess Problem-Solving Skills in Math (United States of America: SCHOLASTIC) [3] W Sanjaya 2008 Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (Jakarta: Prenada Media Group) [4] N S Sukmadinata and E Syaodih 2012 Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi (Bandung: PT Refika Aditama) [5] D Caprioara 2014 Problem Solving - Purpose and Means of Learning Mathematics in School J. Procedia - Soc. Behav. Sci. vol. 191 1859 – 1864 [6] M Stevens 1997 How to Be a Better Problem Solver (London: Kogan Page) [7] E S Winarni and S Harmini 2015 Matematika untuk PGSD (Bandung: Remaja Roskadakarya) [8] Sumawarni 2014 Panduan Penyusunan Soal Cerita Matematika untuk Guru Sekolah Dasar (Surakarta: UNS Press) [9] I Rahmawati 2016 Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk WRITE (TTW) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi J. Didakt. Dwija Indria 4(449) 1–7 [10] M Winditasari H Soegiyanto and S Kamsiyati 2018 Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Waktu, Jarak dan Kecepatan melalui Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) pada Siswa Sekolah Dasar J. Didakt. Dwija Indria 6(4) 1-8 [11] M Yamin and B I Ansari 2008 Taktik Mengembangkan Kemampuan Individu Siswa (Jakarta: Gaung Persada Press) [12] J Hamdayama 2014 Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter (Ghalia Indonesia) [13] Ngalimun 2014 Strategi dan Model pembelajaran (Yogyakarta: Aswaja Pressindo) [14] S Arikunto and C S A Jabar 2010 Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis dan Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara) [15] I D Vermamita and H Mulyono 2018 Improving Mathematical Problem Skill Though The Application Cooperative Learning Model of Think Talk Write (TTW) Type in Student Grade V Elemntary Shool J. Soc. Humanit. Edu. Stud 1(1) 360–366 [16] L Novita and Matsuri 2018 Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Operasi Hitung Campuran melalui Model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satifaction (ARIAS) pada siswa kelas IIIA Sekolah Dasar,” Didakt. Dwija Indria 6(4) 1-7 [17] J P D’Angelo and D B West 2000 Mathematical Thinking Problem-Solve and Proofs (United States of America: PEARSON Prentice Hall) [18] B Petersen S Mcauliffe and C Vermeulen 2017 Writing and mathematical problem solving in Grade 3 South African J. Child. Educ. 7(1) 1-9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.