Penerapan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat berpola SPOK pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III sekolah dasar
Abstract
This study uses wordwall media to improve the writing skills of SPOK patterned sentences in Indonesian language subjects of grade IIIB SDN Danukusuman. This study is a Classroom Action Research (CAR) which was carried out in two cycles. The subjects of this study were 26 students and teachers of grade IIIB SDN Danukusuman. Data collection techniques were tests, observation and documentation. Data validity testing techniques were source triangulation and technical triangulation. Data analysis techniques used the Miles and Huberman analysis model. The results showed that students' writing skills of SPOK patterned sentences increased in each cycle. Classical completeness in the pre-action was 26,92%, in cycle I increased to 60%, and in cycle II increased to 83,33%. The conclusion of this study is that the application of wordwall learning media can significantly improve the writing skills of SPOK patterned sentences in Indonesian language subjects of grade IIIB SDN Danukusuman.
Keywords
References
[1] N. Maghfiroh, “Bahasa Indonesia Sebagai Alat Komunikasi Masyarakat Dalam Kehidupan Sehari-Hari,” Komunikologi J. Ilm. Ilmu Komun., vol. 19, hal. 102–107, 2022.
[2] N. Sakdiah dan F. Sihombing, “Nikmatus Sakdiah and Fahrurrozi Sihombing, ‘Problematika Pembelajaran Bahasa Arab,’ Jurnal Sathar 1, no. 1 (2023): 34–41, https://doi.org/10.59548/js.v1i1.41,” J. Sathar J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Arab, vol. 1, no. 1, hal. 34–41, 2023.
[3] N. D. Iryanto, “Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,” J. Basicedu, vol. 5, no. 5, hal. 1525–1531, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971.
[4] A. S. Karunia, “Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe scramble untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana pada peserta didik kelas II sekolah dasar,” Didakt. Dwija Indria, vol. 8, no. 6, hal. 14–20, 2020, doi: 10.20961/ddi.v8i02.39957.
[5] H. Efendi, D. Fadhillah, dan S. Haryati, “Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II di SDN Pangkalan IV Kabupaten Tangerang,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 3, no. 5, hal. 6391–6397, 2023.
[6] Y. Erviana, S. Munifah, dan R. Mustikasari, “Peningkatan Kemampuan Menulis Kata Dengan Ape Dadu Cerdas,” J. Mentari, vol. 1, no. 2, hal. 2021, 2021.
[7] S. Ghufron, S. Kasiyun, dan M. T. Hidayat, “Kesalahan Kalimat Bahasa Indonesia dalam Skripsi Mahasiswa,” BELAJAR Bhs. J. Ilm. Progr. Stud. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 5, no. 1, hal. 51–62, 2020, doi: 10.32528/bb.v5i1.3067.
[8] A. Divania, Penerapan Model Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas II SD IT Darul Hikmah Pekanbaru. 2024.
[9] S. Handayani, S. M. Diana, dan Y. F. Rizqi, “Pengaruh penggunaan web wordwall dalam meningkatkan kosakata bahasa indonesia peserta didik sekolah dasar,” Didakt. Dwija Indria, vol. 13, no. 4, hal. 597–603, 2025.
[10] A. P. Wulandari, A. A. Salsabila, K. Cahyani, T. S. Nurazizah, dan Z. Ulfiah, “Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar,” J. Educ., vol. 5, no. 2, hal. 3928–3936, 2023, doi: 10.31004/joe.v5i2.1074.
[11] Nisa dan Susanto, “Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall dalam Pembelajaran IPAS terhadap Hasil Belajar Siswa,” Ainara J. (Jurnal Penelit. dan PKM Bid. Ilmu Pendidikan), vol. 5, no. 4, hal. 544–552, 2022, doi: 10.54371/ainj.v5i4.664.
[12] Perbawa I.G.B, Adiarta A., dan Ratnaya I.G, “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Smarthphone Berbasis Android Untuk Pembelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (Wan),” J. Pendidik. Tek. Elektro Undiksha, hal. 232–242, 2020.
[13] P. Suwarto, M. Pd, M. Zain, B. Musa, dan D. Ph, “Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam Characteristics of Science Test,” vol. 31, no. 1, hal. 109–120, 2022.
[14] Suraya, Haeril, dan Kasman, “Peran Kepemimpinan Perempuan (Studi pada Kepemimpinan Ibu Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bima),” YUME J. Manag., vol. 4, no. 1, hal. 131–139, 2021, doi: 10.37531/yume.vxix.651.
[15] M. Dewi, “Meningkatkan Antusiasme Belajar dan Pemahaman Konsep Materi IPAS Kesehatan Lingkungan di SD Sungguminasa II Melalui Penerapan Game Edukatif Wordwall dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah,” vol. 10, hal. 167–186, 2024.
[16] K. N. Aini, M. N. Rachmah, M. Nur, A. Firdaus, dan N. Aini, “Artikel Nusantara Educational Review Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Wordwall pada Materi Pecahan Campuran,” Ner, vol. 2, no. 2, hal. 65–70, 2024, [Daring]. Tersedia pada: https://journal.unusida.ac.id/index.php/ner/.
[17] P. M. Sari dan H. N. Yarza, “Pelatihan_Penggunaan_Aplikasi_Quizizz_Da,” Pelatih. Pengguna. Apl. quizizz dan wordwall pada pembelajaran IPA bagi guru-guru SDIT AL-KAHFI, vol. 4–2, no. April, hal. 195–199, 2021.
[18] S. U. Husna, S. Sukarno, dan S. Yulisetiani, “Penggunaan Wordwall sebagai media evaluasi pembelajaran tematik pada peserta didik kelas IV di sekolah dasar,” JPI (Jurnal Pendidik. Indones. J. Ilm. Pendidik., vol. 9, no. 1, 2023, doi: 10.20961/jpiuns.v9i1.76662.
Refbacks
- There are currently no refbacks.



