Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together berbantuan quizizz terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran ips kelas v sd
Abstract
Keywords
References
Rahmad, “Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar,” J. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 2, no. 1, pp. 67–78, 2016, doi: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.742. [2] N. Puspita Sari, Budijanto, and A. Amiruddin, “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu Numbered Heads Together Terhadap Keterampilan Metakognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis Geografi Siswa SMA,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 2, no. 3, pp. 440–447, 2017, doi: 10.17977/jptpp.v2i3.8720. [3] A. W. Wilsa, S. M. E. Susilowati, and E. S. Rahayu, “Problem Based Learning Berbasis Socio-Scientific Issue untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Siswa,” J. Innov. Sci. Educ., vol. 6, no. 1, pp. 129–137, 2017, doi: 10.15294/jise.v6i1.17072. [4] P. C. W. Dadri, N. Dantes, and I. M. Gunamantha, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III Mengwi,” PENDASI J. Pendidik. Dasar Indones., vol. 3, no. 2, pp. 83–93, 2019. [5] D. Briliandika, D. A. Putra, and K. D. A. Afiani, “Analisis Model Pembelajaran NHT Dalam Meningkatakan Kemampuan Berpikir Kritis,” Inven. J. Pendidik. Sekol. Dasar, vol. 5, no. 1, pp. 16–29, 2021, doi: 10.36456/inventa.5.1.a2617. [6] S. Alyadani, D. Sofyan, and E. Nurlaela, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Quizizz untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” Didakt. J. Ilm. PGSD STKIP Subang, vol. 10, no. 1, pp. 2191–2204, 2024. [7] A. Jariyah, Khaeruman, and Pahriah, “Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match ( MM ) Dan Number Head Together ( NHT ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Koloid,” NISA Nat. Insight Sci. Appl., vol. 1, pp. 1–12, 2025. [8] G. P. Agustin, A. Afrizal, and I. Irwanto, “Analysis of Students’ Critical Thinking Abilities Through the Numbered Heads Together (NHT) Cooperative Learning Model on the Topic of Buffer Solutions,” J. Res. Educ. Pedagog., vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2024, doi: 10.70232/zfd29e68. [9] M. Wayudi, S. Suwatno, and B. Santoso, “Kajian Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas,” J. Pendidik. Manaj. Perkantoran, vol. 5, no. 1, pp. 67–82, 2020, doi: 10.17509/jpm.v5i1.25853. [10] F. Nuzuliya, “Tingkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi dengan Kombinasi Model Inkuiri Terbimbing dan Numbered Heads Together,” Andragogi J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 4, no. 2, pp. 109–124, 2024, doi: 10.31538/adrg.v4i2.1307. [11] A. S. Fajri, D. Ardian, A. Adit, and L. R. Zulfahmi, “Evaluasi Penggunaan Aplikasi Berbasis Web dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa,” Upgrad. J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 33–40, 2024, doi: 10.30812/upgrade.v2i1.4240.
Refbacks
- There are currently no refbacks.