Penerapan Disiplin Positif Pada Kurikulum Merdeka Untuk Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
References
Akhwani, Rulyansah, A., & Mustofa. (2024). Disiplin Positif sebagai Ekosistem Sekolah untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Indonesia Berdaya, October. Anisah, A. S. (2015). Gangguan prilaku pada anak dan implikasinya terhadap perkembangan anak usia sekolah dasar ani siti anisah. Pendidikan Dasar, 1(2), 1–16. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/download/689/542 Astuti, R., & Heriani, S. (2025). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Disiplin Posistif di Sekolah (Studi Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Sijunjung) Rini. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 11, 161–171. Fadhli, A. T., Widianingrum, T. P., & ... (2024). Karakter Disiplin Positif Kunci Terwujudnya Lingkungan Belajar yang Aman dan Nyaman Bagi Peserta Didik. SINASIS (Seminar …, 5(41), 214–219. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/8051%0Ahttps://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/download/8051/2832 Gunawan, B. (2023). Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Minat, Sikap Dan Perilaku Positif Siswa Di MA Nurul Iman Kasui Kabupaten Way Kanan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 6328–6341. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2807 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek). (2022). Buku saku Kurikulum Merdeka jenjang SD/MI. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Kurniawan, D. (2022). Pengaruh Lingkungan Pendidikan Terhadap Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 103. https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i1.30995 Lubis, R. R. (2018). IDENTIFIKASI PERILAKU DAN KARAKTERISTIK AWAL PESERTA DIDIK (Konsep dan Pola Penerapan Dalam Desain Instruksional). Jurnal Hikmah, 15(1), 28–34. Mardiana, E., Kusuma, Z. N. A. W., & Iskandar, S. (2024). Karakteristik dan Peran Guru Sebagai Fasilitator Pembelajaran Abad 21 Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(4), 247–256. Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392 Miftahusalimah, P. L., Yulizah, Y., Rosmalina, E., Sari, F., & Samitra, D. (2025). Disiplin Positif Pada Implementasi Kurikulum Merdeka Sebagai Strategi Dalam Menumbuhkan Karakter Disiplin Peserta Didik. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 209–222. https://doi.org/10.51878/learning.v5i1.4331 Mulyani, R., Sumantri, E., & Budimansyah, D. (2020). the Application of Positive Discipline in Realizing Non-Violence Education in Child-Friendly Schools. Jurnal Civicus, 20(1), 40–50. Nelsen, J. (2006). Positive Discipline. New York: Ballantine Books. Souisa, J. H., Purwaningratri, M. A., Subagyo, Utami, S., & Al-Huda, B. (2022). Disiplin Positif untuk Merdeka Belajar Strategi Penerapan pada Jenjang SMA. Syarifuddin, & Adiansha, A. A. (2023). Pendampingan Guru melalui Pendampingan Individu dan Lokakarya Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Bima dalam rangka Pengembangan dan Pengimbasan Budaya Positif Pembelajaran. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 79–91. https://doi.org/10.53299/bajpm.v3i1.280 UNICEF. (2019). Sekolah Ramah Anak: Pedoman Implementasi. Jakarta: UNICEF Indonesia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.