Penerapan model problem based learning (PBL) dengan pendekatan technological, pedagogical, and content knowledge (TPACK) untuk meningkatkan pemahaman konsep geguritan siswa kelas V sekolah dasar

Meylia Wulandari, Chumdari Chumdari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep materi geguritan siswa kelas V SD Negeri 1 Kepyar dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK). Kemampuan pemahaman konsep siswa penting untuk mencapai tujuan pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK) pada materi geguritan secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep siswa, dengan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I = 53,4 ke siklus II = 71,9. Persentase ketuntasan klasikal juga meningkat dari 20% menjadi 86,7%. Penelitian ini memberikan kontribusi pada model pengembangan dan pendekatan pembelajaran yang lebih inovatif, dengan harapan pemanfaatan teknologi dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Keywords

Problem Based Learning (PBL), Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK), Geguritan, concept understanding

References

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353-361. Depita, T. (2024). Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran aktif (active learning) untuk meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 55-64. Hanik, EU, Puspitasari, D., Safitri, E., Firdaus, HR, Pratiwi, M., & Inayah, RN (2022). Integrasi Pendekatan tpack (teknologi, pedagogi, pengetahuan konten) guru sekolah dasar sicl dalam melaksanakan pembelajaran era digital. Jurnal Integrasi dan Pengembangan Pendidikan (JEID), 2(1), 15-27. Hermansah, I., Nasrulloh, I., & Kartini, ARI (2024). Model Konten Pengetahuan Pedagogis Teknologi Dalam Pembelajaran: Sebuah Kajian Literatur. ILMU PENGETAHUAN: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(2), 105-116. Hikmah, F. (2023). Implementasi Model PBL Dan Pendekatan TPACK Media Interaktif Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Serta Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 288-296. Holo, OP, & Towe, MM (2023). Pengembangan permainan matematika berbasis problem based learning (pbl) pada materi barisan dan deret. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 5(01), 15-29. Ichsani, AF, & Hizbullah, H. (2024). Penyebab Rendahnya Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Dasar. JESE: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(01), 1-12. Kurnianto, B., & Sarwono, R. (2023). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis tpack dalam meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Cendekiawan: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(3), 210-221. Margiathi, SA, Lerian, O., Wulandari, R., Putri, ND, & Musyadad, VF (2023). Dampak Konsentrasi Belajar Terhadap Hasil Peserta Belajar Didik. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 61-68. Nadhiroh, U. (2021). Peranan pembelajaran bahasa jawa dalam melestarikan budaya jawa. JISABDA: Jurnal Ilmiah Sastra Dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya, 3(1), 1-10. Nurfadhillah, S., Azhar, CR, Aini, DN, Apriansyah, F., & Setiani, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd Negeri Pinang 1. Permana, BS, Hazizah, LA, & Herlambang, YT (2024). Teknologi pendidikan: efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi di era digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19-28. Rizki, M. (2022). Pembelajaran Materi Tembang Dolanan Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Di Kelas IV C MIN 5 Ponorogo (Doktor Disertasi, IAIN Ponorogo). Sakti, A. (2023). Meningkatkan pembelajaran melalui teknologi digital. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 2(2), 212-219. Yandi, A., Putri, ANK, & Putri, YSK (2023). Faktor-faktor yang mempengarui hasil belajar peserta didik (tinjauan literatur). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara,1(1), 13-24.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.