Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Media Alphabet Card
Abstract
Keywords
References
R. S. Ambarita, N. S. Wulan, and D. Wahyudin, “Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 5, pp. 2336–2344, 2021, [Online]. Available: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/836. [2] Fauzi, “Karakteristik Kesulitan Belajar Membaca pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar,” Perspekt. Ilmu Pendidik., vol. 32, no. 2, pp. 95–105, 2018. [3] N. Islamiyah, S. A. Aziz, T. Tarman, N. Nadira, and A. Thaba, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Scrambel Berbantuan Media Puzzle terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Bahasa Indonesia Murid Sekolah Dasar,” Fon J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 18, no. 1, pp. 116–129, 2022, doi: 10.25134/fon.v18i1.5280. [4] I. A. Tusfiana and D. Tryanasari, “Kesulitan Membaca pemahaman Siswa SD,” Pros. Konf. Ilm. Dasar, vol. 2, pp. 78–85, 2020, [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID. [5] I. G. N. Santika and I. N. Sudiana, “Insersi Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia di tinjau dari Perspektif Teoretis,” J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones. Undiksha, vol. 11, no. 4, pp. 464–472, 2021. [6] U. Suyatno, “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 melalui Media Kartu Huruf,” Shautut Tarb., vol. 1, no. 1, pp. 31–40, 2022, doi: 10.31332/str.v27i2.3209. [7] D. Gustini and A. Samsudin, “Penggunaan Model Picture and Picture untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Cerita Fabel Siswa Sd,” Didakt. J. Ilm. PGSD STKIP Subang, vol. 8, no. 2, pp. 2138–2149, 2022, doi: 10.36989/didaktik.v8i2.515. [8] S. F. Anzar and Mardhatillah., “Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016,” Bina Gogik, vol. 4, no. 1, pp. 53–64, 2017. [9] A. Hasanah and M. S. Lena, “Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang dihadapi Siswa Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 5, pp. 3296–3307, 2021, [Online]. Available: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/526. [10] A. Fitria, “Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) Berbasis Media Flipbook dalam Meningkatkan Membaca Pemahaman Siswa,” Acad. Educ. J., vol. 15, no. 1, pp. 240–249, 2024, doi: 10.47200/aoej.v15i1.2161. [11] Y. Yusanto, “Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif,” J. Sci. Commun., vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2019, doi: 10.31506/jsc.v1i1.7764. [12] A. Azizah, “Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru dalam Pembelajaran,” Auladuna J. Prodi Pendidik. Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 3, no. 1, pp. 15–22, 2021, doi: 10.36835/au.v3i1.475. [13] N. K. Sudiarni and M. Sumantri, “Pengaruh Model Pembelajaran Circ Berbantuan Penilaian Portofolio terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman,” J. Ilm. Pendidik. Profesi Guru, vol. 2, no. 1, pp. 71–81, 2019, doi: 10.23887/jippg.v2i1.18087. [14] Panut, “Meningkatkan Hasil Belajar Hidrokarbon dengan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Berbantuan Media Buletin,” J. PTK dan Pendidik., vol. 7, no. 2, pp. 159–170, 2021, doi: 10.18592/ptk.v7i2.5664. [15] D. P. Priyandini, R. Respati, and E. R. Saputra, “Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Model Cooperative Integreted Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Media Gambar Berseri,” COLLASE (Creative Learn. Students Elem. Educ., vol. 7, no. 5, pp. 925–930, 2024, doi: 10.22460/collase.v7i5.19722.
Refbacks
- There are currently no refbacks.





